Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Paling Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Berkumur dengan Antiseptik Dipercaya Menjadi Salah Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Selain minum obat sakit gigi, ada beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dan terbukti ampuh. Misalnya berkumur air garam. Ada juga dengan menggunakan metode perawatan cahaya neon. Namun untuk prosedur cahaya neon ini hanya bisa dilakukan di beberapa dokter gigi saja.

Sebelum memeriksakan ke dokter, Sahabat Sehat sebaiknya melakukan beberapa tips berikut sebagai penanganan awal sakit gigi di rumah. Yuk simak cara mana yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi sakit gigi yang saat ini sedang Sahabat Sehat rasakan.

6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang tidak menyenangkan. Sahabat Sehat mungkin merasa terganggu hingga sulit makan dan berbicara. Banyak penyebab sakit gigi, mulai dari kondisi gigi berlubang hingga adanya peradangan akar saraf gigi. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi sakit gigi yang ampuh? Mari simak penjelasannya berikut.

Kompres Air Dingin

Rata-rata sakit gigi disertai dengan keluhan pipi bengkak. Untuk mengatasinya, Sahabat Sehat dianjurkan menggunakan air dingin ataupun es batu untuk mengompres area pipi yang bengkak. Kompres dingin mampu mengurangi nyeri serta peradangan yang terjadi pada gusi. 

Bungkuslah beberapa bongkah es batu dengan kain handuk, lalu tempelkan handuk dingin pada pipi yang bengkak. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, dan ulangi minimal tiga kali sehari hingga bengkak dan nyeri mereda.

Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara mengatasi sakit gigi yang paling popular sejak dahulu sebab air garam merupakan cairan desinfektan alami sehingga mampu melepaskan partikel sisa makanan dan kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi.

Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan kumur selama 30 detik. Larutan garam hanya digunakan untuk bekumur dan tidak untuk ditelan. 

Bawang Putih

Bawang putih diketahui dapat membunuh bakteri penyebab plak, dan dipercaya memberi efek meredakan nyeri. Haluskan bawang putih hingga menjadi pasta dan oleskan ke area gigi yang sakit. Alternatif lainnya, Sahabat Sehat dapat menambahkan sedikit garam pada pasta bawang putih tersebut atau mengunyah bawang putih segar secara perlahan.

Cengkeh

Cengkeh dipercaya memiliki efek sebagai antibakteri alami dan mampu meredakan rasa nyeri. Gunakan cengkeh kering dan tempatkan di antara gigi yang sakit dan pipi. Selain itu, celupkan minyak cengkeh ke bola kapas dan tempelkan pada area yang nyeri atau dengan menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam gelas.

Daun Jambu Biji

Kandungan anti peradangan dan antimikroba pada daun jambu biji dapat merawat kebersihan mulut. Kunyah beberapa daun jambu yang masih segar secara langsung atau buat daun jambu menjadi larutan obat kumur dengan menumbuk beberapa lembar daun jambu dan rebus ke dalam air mendidih hingga pekat. Setelah hangat, larutan tersebut dapat digunakan untuk berkumur.

Cara ini seringkali terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Oleh sebab itu, Sahabat Sehat bisa mencoba cara ini untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri gigi yang saat ini sedang dirasakan.

Ke Dokter Gigi

Cara terbaik menghilangkan sakit gigi adalah dengan ke dokter gigi. Dengan ke dokter gigi, penyebab sakit gigi akan langsung diketahui. Dokter juga akan langsung menangani penyebab sakit gigi tersebut sehingga masalah sakit gigi bisa terselesaikan saat itu juga.

Ada beberapa metode yang dilakukan dokter gigi untuk menghilangkan sakit gigi, terutama sakit gigi akibat gigi berlubang. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  • Menggosok fluoride berjenis cair, busa, gel, atau pernis ke gigi yang berlubang
  • Membersihkan dan mengebor bagian gigi yang rusak, lalu menambalnya
  • Menggunakan cahaya neon untuk mencari titik pembusukan dan menghentikannya
  • Melakukan perawatan saluran akar pada gigi

Untuk prosedur menggunakan cahaya neon masih bersifat eksperimental. Oleh sebab itu, metode tersebut masih sangat jarang digunakan. Jika cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang Sahabat Sehat sudah coba masih tetap gagal, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan segera.

Tips Merawat Gigi

Daripada harus pusing memikirkan bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, lebih baik mencegak terjadinya sakit gigi. Oleh sebab itu, perawatan gigi wajib dilakukan. Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang penting untuk mencegah infeksi dan peradangan dalam rongga mulut.

Sahabat Sehat dianjurkan melakukan beberapa tips berikut untuk merawat gigi:

Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Pastikan memberi jeda minimal 30 menit sebelum Sahabat Sehat menyikat gigi setelah makan. Jika Sahabat Sehat langsung menyikat gigi setelah makan, justru dapat mengikis enamel dan lapisan dentin pada gigi sehingga dapat merusak gigi.

Menyikat Gigi Dengan Benar.

Sikat gigi secara perlahan hingga ke sela-sela gigi. Setelahnya, kumur hingga sisa pasta gigi dan partikel kotoran yang terselip di gigi terbawa. Waktu ideal yang dibutuhkan untuk menyikat gigi adalah sekitar 2 hingga 3 menit.

Memilih Sikat & Pasta Gigi yang Tepat 

Pilihlah pasta gigi ber- Fluoride yang dapat memperkuat enamel gigi dan mencegah gigi berlubang. Selain itu, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu halus yang lentur. 

Menggunakan Benang Gigi

Benang gigi diketahui dapat membersihkan plak serta sisa makanan di sela-sela gigi. Jika dibandingkan dengan tusuk gigi, benang gigi terbukti lebih aman karena tidak akan memperberat kondisi gigi yang berlubang.

Rutin Kontrol Ke Dokter Gigi

Sahabat Sehat dianjurkan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter setiap minimal 6 bulan sekali, terutama untuk membersihkan karang gigi.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagaicara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit serta tips merawat gigi. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Cronkleton E. 10 Home Remedies for Toothache [Internet]. USA : Healthline. 2017 [updated 2017 May 18; cited 2021 Aug 24].
  2. Beauman J. 7 Natural Toothache Remedies [Internet]. USA : Everyday Health. 2017 [updated 2017 Nov 14; cited 2021 Aug 24].
  3. Shea T. 2021. 11 Home Remedies for Toothache Relief [Internet]. USA : Reader’s Digest. 2021 [updated 2021 Feb 16; cited 2021 Aug 24].
  4. Frisbee E. An Overview of Toothaches [Internet]. USA : WebMD. 2020 [updated 2020 Jan 24; cited 2021 Aug 24].

Chat Dokter 24 Jam