Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tahapan Perkembangan Bayi dari Lahir Hingga Usia 1 Tahun

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjatu oleh : dr. Monica C

Bayi Sudah Bisa Merangkak Saat Memasuki Tahapan Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Proses tumbuh kembang atau tahapan perkembangan bayi harus senantiasa menjadi perhatian. Terutama dalam satu tahun pertama si kecil. Memperhatikan tumbuh kembang si kecil akan membantu orang tua dalam memberikan perawatan terbaik.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan bayi dengan perkembangan bayi adalah 2 hal yang berbeda. Ya, meskipun saling berkaitan, keduanya berbeda. Pertumbuhan (growth) bersifat kuantitatif atau dapat diukur, sementara yang dimaksud perkembangan (development) adalah perubahan kuantitatif dan juga kualitatif yang meliputi bertambahnya kemampuan (skill), struktur dan fungsi tubuh.

Tahapan Perkembangan Bayi pada Satu Tahun Pertama

Tumbuh kembang setiap anak tentunya berbeda-beda, hal ini karena adanya beberapa faktor yang berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil, antara lain faktor biologis (genetik), psikologis, dan lingkungan.

Perkembangan si kecil dibagi menjadi beberapa bagian, yakni : 

  • Motorik kasar (berjalan, berlari)
  • Motorik halus (menggambar)
  • Sensorik (melihat atau visual dan mendengar)
  • Bahasa (mengucapkan kata lalu kalimat)
  • Sosial dan emosional (bermain bersama dan bermain bergantian).1

Parameter pertumbuhan si kecil mencangkup tinggi badan, berat badan dan juga lingkar kepala. Sementara itu ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam aspek perkembangan anak, yaitu perkembangan motorik, bahasa, kognitif serta emosi dan perilaku.

Secara garis besar, tahapan perkembangan bayi sejak baru lahir hingga 1 tahun pertama kehidupannya adalah sebagai berikut:

Bayi Baru Lahir – 1 Bulan

Pada hari ke 2-3 semenjak kelahiran Si Kecil, terbilang normal bila si kecil kehilangan 10% dari berat badannya dibandingkan hari kelahirannya. Si Kecil akan kembali mendapatkan berat badannya kurang lebih dalam waktu 2 minggu. Panjang badan bayi akan bertambah 3-4 cm dari panjang badan saat lahir. Ada beberapa gerakan refleks pada bayi baru lahir, seperti:

Reflek Rooting

Jika sudut mulut Si Kecil disentuh, ia akan menoleh dan mengikuti arah sentuhan tersebut. Hal ini berguna agar si kecil dapat menemukan puting payudara.

Reflek Hisap

Jika bayi berhasil menemukan benda yang menyentuh mulutnya (kelanjutan dari reflek rooting), ia akan mulai menghisap benda tersebut.

Refleks Moro

Reflek ini terjadi ketika si kecil terkejut, maka akan mengangkat kedua lengan nya. Namun pada beberapa anak mungkin akan menangis sebagai response ketika terkejut.

Refleks Genggam

Ketika orang tua menaruh jari pada telapak tangan si kecil, ia akan menggenggamnya. Anak juga mungkin akan berusaha memasukkan jari tersebut ke mulutnya.

Refleks Babinski

Jika telapak kaki Si Kecil disentuh dengan pola melingkar, jempol kaki akan tertarik ke belakang dan empat jari lainnya akan merenggang. Refleks ini tidak normal jika masih terdapat pada anak usia diatas 2 tahun.

Pada 1 bulan pertama, perkembangan mata Si Kecil belum normal, belum bisa fokus dan terlihat seperti juling. Terkadang mimik bayi tampak terkejut (jittery). Pada usia ini, si kecil belum dapat berkomunikasi dengan baik, cara komunikasi hanya dilakukan dengan cara menangis.

Usia 1-3 Bulan

Berat badan si kecil akan meningkat sebanyak 680-910 gram, panjang badannya akan bertambah sebanyak 2,5 cm setiap bulan dan lingkar kepala juga bertambah 1,25 cm setiap bulan. Berikut adalah perkembangan Si Kecil pada usia ini, yakni:

Gerak Kepala

Otot leher si kecil sudah mulai kuat, Si Kecil mulai dapat menggerak-gerakkan kepalanya. Matanya sudah dapat mengikuti cahaya dan suara.

Gerak Anggota Tubuh

Si Kecil sudah mulai dapat memasukan jari ke mulut. Orang tua sudah harus memperhatikan apa yang mungkin dimasukkan si kecil ke dalam mulutnya. Selain itu nampak pergerakan kaki dan tangan sudah mulai aktif.

Cara Berkomunikasi

Pada usia ini Si Kecil masih berkomunikasi dengan cara menangis, namun Si Kecil sudah dapat membedakan suara yang sering didengarnya. Beberapa anak akan hanya lebih tenang jika mendengar suara dari orang tuanya (terutama suara ibunya).

Konsultasikan kepada dokter anak jika dirasa ada keterlambatan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Pastikan tahapan perkembangan bayi tetap dalam garis besar tahapan perkembangan yang seharusnya.

Usia 4-6 Bulan

Pada usia ini, berat badan Si Kecil meningkat hampir 2x berat lahirnya. Panjang badan akan bertambah sebanyak 1,25 – 2,5 cm per bulan dan lingkar kepala akan bertambah sebanyak 1,25 cm per bulannya. Refleks yang didapat saat lahir sudah mulai menghilang.

Berikut ini beberapa perkembangan yang dialami Si Kecil saat usia ini :

  • Mampu menjaga keseimbangan kepala dengan baik
  • Dapat memiringkan badan ke kanan dan kiri
  • Mulai dapat duduk sendiri
  • Melihat dengan jelas dari jarak jauh
  • Tertawa, mengoceh dan menirukan bunyi
  • Menjulurkan tangan untuk meminta digendong

Beberapa bayi mungkin mengalami keterlambatan pertumbuhan ataupun perkembangan. Silahkan lakukan pemeriksaan dan konsultasi pada dokter anak untuk memastikan kondisi tumbuh kembang si kecil dengan lebih akurat.

Usia 7-9 Bulan

Pada tahap ini, si kecil umumnya bertambah berat badan sebanyak 450 gram setiap bulannya. Sedangkan panjang badan akan bertambah sebanyak 1,25 cm setiap bulannya dan lingkar kepala bertambah sebanyak 0,6 cm per bulan. Berikut ini perkembangan Si Kecil pada usia ini :

  • Si kecil sudah dapat duduk mantap tanpa dibantu.
  • Si kecil sudah mulai dapat merangkak
  • Mulai untuk belajar berdiri dan merambat
  • Si kecil sudah dapat menggunakan jempol dan telunjukny
  • Semakin sering mencoba memasukan benda apapun yang dipegang kedalam mulut
  • Si kecil sudah dapat membedakan orang tua, orang terdekat dan orang asing

Tumbuh kembang bayi pada usia 7-9 bisa berbeda-beda. Peran serta orang tua sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang pada tahap ini bisa tercapai. Konsultasikan pada dokter anak jika dirasa anak memiliki masalah pada tahap tumbuh kembangnya.

Usia 10-12 Bulan

Pada usia ini si kecil bertambah berat badan sebanyak 3 kali berat badan lahir, sedangkan panjang badan dan juga lingkar kepala akan bertambah sebanyak 0,6 cm per bulan. 

Berikut ini perkembangan si kecil pada usia ini :

  • Mulai lancar merambat
  • Mulai dapat berdiri beberapa saat tanpa berpegangan
  • Dapat berjalan jika di tuntun
  • Memasukan makanannya sendiri kedalam mulutnya tanpa disuapi
  • Mulai tumbuh gigi, sebanyak 4-6 gigi
  • Dapat mengikuti perintah dan paham arti kata “tidak”
  • Aktif bermain
  • Memperlihatkan emosi dan karakternya

Nah Sahabat Sehat, itulah tahapan perkembangan bayi pada masa dan tahun awal tumbuh kembangnya. Untuk membantu tumbuh kembang si kecil, pastikan untuk senantiasa memberikan ASI, memberi imunisasi, serta terus memberikan rangsangan yang dapat membantu tumbuh kembangnya (misal mengajak berkomunikasi).

Dapatkan layanan konsultasi dan imunisasi anak, cek: Layanan Imunisasi Anak dari Prosehat

Referensi

  1. Rumah Sakit JIH. Kenali Tahapan Perkembangan Anak Usia 0-12 Bulan
  2. Shalders L. Physical & Emotional Development of your Infant: 0-12 months
  3. Heffron C. Baby Milestones: 0 to 12 Months
  4. Pregnancy Birth & Baby. Your baby’s growth and development – 1 month old
  5. Agoomd. Developmental milestones 0 to 12 months

Chat Dokter 24 Jam