Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

6 Cara Memilih Kantong ASI Perah Anti Bakteri dan Awet

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Tips Memilih Kantong ASI Berkualitas

Penting untuk lebih teliti dalam memilih kantong ASI perah. Karena kantong ASI dapat mempengaruhi rasa, kualitas, dan daya tahan ASI. Cukup banyak keluhan dari ibu menyusui yang mengeluhkan bahwa ASI yang disimpannya bocor, berubah rasa, atau tidak lagi layak untuk dikonsumsi si kecil. Ya, selain faktor tempat dan cara menyimpan, kantong ASI yang digunakan juga akan mempengaruhi kualitas ASI yang disimpan.

Oleh sebab itu, untuk menyimpan ASI sebaiknya menggunakan kantong ASI yang memang memiliki standar tertentu. Dengan demikian kualitas ASI tidak akan berkurang dan penyimpanannya menjadi jauh lebih aman.

Tips Memilih Kantong ASI Perah

Banyak kantong ASI yang bisa Sahabat Sehat dapatkan di toko-toko perlengkapan bayi, klinik, maupun toko online. Sebelum membeli kantong ASI untuk menyimpan ASI perah, sebaiknya Sahabat Sehat mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Pilih kapasitas kantong ASI sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

Jika Si Kecil masih berusia 1 bulan, atau baru lahir maka Sahabat Sehat dapat memilih kantong dengan kapasitas penyimpanan 30-50 ml agar ASI dapat diberikan dalam sekali waktu. 

Dapat ditutup rapat

Sebaiknya Sahabat Sehat memastikan terlebih dahulu bahwa kantong ASI perah yang akan digunakan dapat ditutup dengan rapat dan mudah digunakan, sehingga meminimalisir tumpah atau bocor.

Tebal

Pilih kantong ASI perah yang berbahan tebal, untuk mencegah kebocoran. Pada beberapa kasus jika ASI perah disimpan di lemari pendingin dapat mengakibatkan kebocoran.

Kantong BPA-free

Pilihlah kantong ASI perah yang berlabel BPA (Bisphenol-A) free, artinya tidak mengandung BPA. Kandungan BPA seringkali ditemukan pada wadah plastik. Jika kantong ASI mengandung BPA maka dikhawatirkan tercampur ke dalam ASI pada saat Sahabat Sehat menghangatkan ASI perah, sehingga beresiko ditelan oleh bayi.

Memiliki label keterangan

Beberapa jenis kantong ASI perah memiliki label keterangan untuk menuliskan tanggal serta jam memerah ASI. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan lama penyimpanan dan masa kadaluarsa ASI perah.

Higienis

Sebelum menggunakan kantong ASI perah, Sahabat Sehat harus memeriksa terlebih dahulu sterilitas kantong yang digunakan agar terjamin kebersihannya sebelum memasukan ASI perah ke dalam kantong. Pastikan menggunakan kantong ASI perah sekali pakai, untuk menjaga higienitas ASI.

Lihat Juga: Penyebab ASI Sedikit Saat Dipompa

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai tips dalam memilih kantong ASI perah. Jika Sahabat Sehat memerlukan kantong ASI maupun wadah penyimpanan ASI perah, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://ww.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Dr.Brown’s. 5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019 [Internet]. Indonesia : Dr.Brown’s; [cited 2021 Aug 03].
  2. Barnes A. Breast Milk Storage Bags: How To Choose And To Use [Internet]. USA : Medium. 2019 [updated 2019 Oct 11; cited 2021 Aug 03]

Chat Dokter 24 Jam