Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Prosedur Jika Harus Melahirkan Dalam Kondisi Positif Covid

Ditulis oleh : Roy Ivan
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Hamil Serta Harus Menjalani Prosedur Melahirkan Dalam Kondisi Positif Covid 19

Jika Sahabat Sehat hendak melahirkan dalam kondisi positif Covid-19 maka ada beberapa prosedur kesehatan yang wajib dilakukan. Tentunya hal ini penting untuk memastikan kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi.

Sahabat Sehat, bagaimana prosedur yang harus dilakukan bagi ibu hamil penderita Covid-19 yang akan melahirkan? Mari simak penjelasan berikut.

Prosedur Melahirkan Dalam Kondisi Positif Covid-19

Bagi penderita Covid-19 yang sedang hamil dan akan segera melahirkan tentunya memiliki kecemasan. Terutama mengenai keselamatan ibu dan bayinya saat melahirkan nanti. Untuk menjaga keselamatan bersama, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan oleh ibu hamil ketika hendak melahirkan dalam status menderita Covid-19.

Berikut adalah beberapa prosedur yang harus dilakukan bagi Sahabat Sehat yang tengah mengandung namun menderita Covid-19, yaitu :

Memeriksa Kondisi Kesehatan Ibu

Pemeriksaan PCR untuk Memeriksa Kesehatan Ibu Hamil

Jika Sahabat Sehat masih terkonfirmasi menderita Covid-19, sebaiknya memeriksakan kondisi tubuh ke dokter. Jika Sahabat Sehat ingin tetap bersalin secara  normal, silahkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan yang menangani. Sahabat Sehat umumnya akan diminta melakukan pemeriksaan swab PCR sebelum menjalani proses persalinan.

Informasikan Riwayat Kesehatan Ibu

Melaporkan Riwayat Kesehatan Ibu Hamil Secara Lengkap

Saat Sahabat Sehat memeriksakan diri ke dokter, informasikan mengenai riwayat kesehatan sebelumnya termasuk jika saat ini tengah terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, tenaga medis akan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seandainya terjadi kendala selama proses persalinan. Selain itu, dengan menginformasikan riwayat kesehatan Sahabat Sehat maka dapat dilakukan berbagai tindakan untuk membantu mengurangi resiko bayi ikut tertular Covid-19.

Memilih Rumah Sakit Dengan Fasilitas Covid-19

Rumah Sakit dengan Fasilitas untuk Bersalin Penderita Covid

Agar penanganan yang diberikan maksimal, Sahabat Sehat disarankan untuk mencari rumah sakit yang memiliki fasilitas perawatan lengkap bagi penderita Covid-19. Misalnya, memiliki ketersediaan tabung oksigen serta ruang perawatan bayi.

Tidak Dapat Langsung Menemui Si Kecil

Ibu dan Bayi Harus Dipisahkan Sementara Waktu Hingga Ibu Sembuh Dari Covid

Jika Sahabat Sehat melahirkan dalam kondisi menderita Covid-19, umumnya tidak disarankan menemui Si Kecil secara langsung untuk menghindari penularan Covid-19 sebab tubuh Si Kecil masih sangat rentan.

Pemberian ASI

Menyusui Bayi dalam Kondisi Masih Terjangkit Covid-19

Berdasarkan penelitian, hingga saat ini tidak ditemukan bukti bahwa ASI dari ibu yang menderita Covid-19 dapat menularkan virus ke tubuh Si Kecil. Jadi Sahabat Sehat masih dapat menyusui Si Kecil, namun disarankan memberikan ASI dengan menggunakan dot sementara waktu untuk membatasi kontak langsung dengan Si Kecil.

Nah Sahabat Sehat, itulah prosedur melahirkan dalam kondisi positif Covid yang perlu ditaati untuk keselamatan bersama. Apabila Sahabat Sehat ingin mendeteksi Covid-19, segera manfaatkan layanan pemeriksaan Covid-19 melalui Prosehat dan Klinik Kasih. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Pengurus Pusat Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia. Rekomendasi Penanganan Virus Corona (Covid-19) Pada Maternal (Hamil, Bersalin, dan Nifas). Indonesia : Pengurus Pusat Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia; 2020.
  2. National Health Services. Pregnancy and coronavirus (COVID-19) [Internet]. UK : National Health Services. 2021 [updated 2021 Aug 05; cited 2021 Aug 06].

Chat Asisten ProSehat aja