Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

8 Tips Ini Bantu Hilangkan Stretch Marks Tanpa Operasi!

Ingin tahu cara menghilangkan stretch marks? Simak beberapa tips di sini:

8 Tips Ini Bantu Hilangkan Stretch Marks Tanpa Operasi!

Stretch marks merupakan bentuk jaringan parut kulit yang dihubungkan dengan perubahan kehamilan, obesitas, pubertas, dan peningkatan berat badan jangka pendek akibat binaraga dan kegiatan fisik lainnya. Stretch marks terbentuk ketika dermis, lapisan tengah kulit yang mempertahankan bentuk dan elastisitas direntangkan lebih dari kemampuannya. Fiber atau serat ikat di kulit pun akhirnya pecah hingga mengganggu produksi kolagen dan menimbulkan jaringan parut atau stretch marks yang dapat diobati hanya melalui penghapusan stretch mark.

Bagi wanita karir maupun ibu yang bekerja dan mengurus rumah tangga, tentunya kehadiran stretch marks menghancurkan kepercayaan diri, apalagi jika mereka muncul di tempat yang sulit ditutupi, seperti betis. Ya, salah satu masalah kulit yang diderita oleh hampir seluruh wanita di dunia ini memang tidak berpengaruh pada kondisi kesehatan. Tapi yang menjadi fokus utama dari wanita setelah keluarganya adalah penampilan yang juga menjadi peningkat kepercayaan diri mereka, terutama bagi para wanita karir di era millenia ini. Kemudian sebenarnya apa sih penyebab dari stretch mark? Bermacam-macam ya penyebabnya, mulai dari pertambahan usia, berkurangnya elastisitas kulit, kulit merenggang akibat pelonjakan berat badan, masalah genetik dan kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya, seperti bekas luka.

Sedangkan untuk proses pembentukan stretch mark itu terjadi melalui beberapa tahap, antara lain:

  1. Pembentukan stretch mark ditandai dengan warna kulit yang lebih pucat. Kondisi kulit seperti ini menimbulkan rasa gatal. Kulit di area stretch mark juga akan menipis. Pada saat seperti itu tidak dianjurkan untuk menggaruk bagian kulit yang gatal.
  2. Setelah itu stretch mark akan mulai terlihat dalam bentuk memanjang dan melebar secara perlahan namun pasti.
  3. Ketika kulit menjadi berkerut dan tidak teratur dalam bentuk dan panjangnya, say goodbye to flawless skin!

Tapi tidak perlu panik. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark tanpa harus menjalani operasi. Berikut 8 tips menghilangkan stretch mark secara alami:

1. Kopi

Cukup gunakan biji kopi yang dihaluskan dan telah dicampur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini secara rutin pada bagian dengan stretch marks. Kopi sudah terbukti akan dengan mudah menghilangkan stretch marks.

2. Sari Buah Lemon

Peras buah lemon dan usapkan secara merata pada guratan stretch marks sesudah mandi.

3. Putih Telur

Telur yang kaya protein bisa menghilangkan stretch marks dengan cara memisahkan putih telur dengan kuningnya. Kocok hingga berbuih, kemudian usapkan ke area stretch marks. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air dingin. Setelah itu gunakan produk dengan khasiat menghilangkan guratan mengganggu tersebut.

4. Produk dengan Kandungan Minyak Alami

Produk dengan kandungan sebanyak ini memang sedikit pricey, tapi tidak semahal biaya operasi. Kandungan alami dengan kombinasi vitamin A, E, minyak kamomil, purcellin oil, dan minyak lavender dapat membantu menghilangkan stretch marks. Penggunaan secara teratur selama 8 minggu pertama (2x penggunaan setelah mandi) dapat mengembalikan kondisi kulit tersebut. Ingin tahu buktinya? Kim Kardashian merupakan salah satu contoh selebriti yang tergila-gila dengan produk olahan kombinasi minyak alami dan vitamin A dan E, terutama setelah melahirkan North West.

5. Lidah Buaya

Tanaman ini sudah terbukti dapat mengatasi banyak jenis masalah kulit, termasuk stretch marks! Usapkan secara langsung pada area yang bermasalah kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

6. Gula Pasir

Siapa yang menyangka ya! Tapi gula pasir terbukti efektif menghilangkan stretch marks secara perlahan, namun pasti. Cukup gunakan gula pasir (tekstur kasar), minyak zaitun atau produk lotion dengan khasiat alamai dan tetesan buah lemon. Campur dan gunakan secara merata pada area stretch marks dan lihat perubahannya dalam sebulan. Penggunaan yang disiplin menentukan hasil yang baik.

7. Bubuk Coklat

Coklat terbukti memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Tentunya dapat menjadi jawaban dari permasalahan stretch marks, ya. Saat ini banyak industri rumahan yang memfokuskan produksi penggunaan masker coklat siap pakai. Ekstrak dari biji coklat pun dapat dengan mudah digunakan.

8. Konsumsi Air Mineral

Minum air putih yang cukup setiap harinya (sekitar 8 L/hari) dapat mengembalikan kelembaban dan keelastisan kulit dengan mudah.

Itu tadi 8 tips menghilangkan stretch marks dengan mudah! Tidak perlu menjalani operasi untuk terlihat cantik. Dan jika banyak wanita meributkan waktu yang terbatas sehingga tidak dapat mencoba salah satu dari tips di atas, sebaiknya gunakan produk kemasan jadi yang praktis untuk dibawa dan mudah digunakan.

Chat Asisten ProSehat aja