Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

6 Gizi Penting untuk Calon Ibu Hamil

Menjadi seorang ibu memang anugerah bagi setiap wanita di dunia. Dan sebagai calon ibu yang pintar, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya jauh sebelum mereka merencanakan kehamilan. Mengingat kehamilan adalah suatu keadaan yang istimewa bagi seorang wanita, banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kehamilan. Salah satunya adalah dengan sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi penting untuk calon ibu hamil berikut ini.

gizi penting untuk calon ibu hamil

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya menjalankan pola makan sehat untuk menjaga kesuburannya. Pola makan yang dimaksud adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung komponen lengkap mikronutrien yang dibutuhkan, yaitu asam lemak esensial seperti alpukat, vitamin E, dan vitamin C, seng, zat besi, DHA dan asam folat.

1. Asam Folat

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B yang esensial, tidak dapat diproduksi tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan sehari hari. Wanita yang sedang merencanakan kehamilan memerlukan 400 mikrogram asam folat per hari untuk membantu perkembangan tulang belakang dan otak janin secara optimal. Untuk memastikan bahwa kebutuhan asam folat tercukupi dapat dengan mengkonsumsi supplemen asam folat 400 mikrogram per tablet setiap hari atau dengan bahan makanan yang mengandung asam folat seperti bayam, brokoli, roti, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji bijian.

2. Mineral Mangan

Para calon ibu yang sebelumnya minum pil kontrasepsi, sebaiknya memperbanyak asupan makanan yang mengandung mineral mangan  yang terdapat dalam bahan makanan oat, roti dan kacang polong.

3. Zat Besi

Makanan yang kaya akan zat besi antara lain daging sapi, ikan, telur, sayuran berdaun hijau dan buah-buahan.

4. Vitamin B6

Asupan vitamin B 6 yang terdapat di dalam sayuran hijau, sereal dan  padi-padian. Makanan tersebut dapat membantu menguraikan hormon estrogen yang jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh yang dapat mengganggu pola ovulasi normal.

5. Kalsium

Asupan gizi penting untuk calon ibu hamil yang ini memang sangat penting mengingat kalsium merupakan mineral yang digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Jika Anda sedang hamil dan tidak mengkonsumsi banyak mineral kalsium ini, maka untuk pembentukan tulang dan gigi si janin akan diambil dari tulang Anda untuk memenuhi kebutuhan kalsium si calon bayi. Bila kadar kalsium ibu semakin banyak diserap janin akan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis pada ibu. Sumber kalsium terbaik bisa didapatkan dari susu, yogurt, keju, ikan sarden atau salmon dan beberapa sayuran hijau seperti kale dan bok choi.

6. Protein

Gizi penting untuk calon ibu hamil ini juga diperlukan jauh sebelum Anda merencanakan kehamilan. Sumber protein terbaik bisa didapatkan dari daging, ikan, daging unggas, tahu, biji, kacang polong kering, dan telur. Jangan sampai lupa untuk mengkonsumsi bahan makanan sumber protein, karena protein itu merupakan gizi pembangun yang akan membentuk organ-organ penting calon janin seperti otak dan hati mereka.

Itulah 6 gizi penting untuk calon ibu hamil di atas perlu dikonsumsi dari sebelum merencanakan kehamilan dan juga sepanjang masa kehamilan demi mencetak anak dengan kualitas kesehatan terbaik.

Mencari suplemen untuk perencanaan kehamilan ataupun selama kehamilan Anda? Dapatkan dengan mudah melalui aplikasi ProSehat (link) ini. Saat ini sudah dilengkapi dengan fitur tanya jawab dokter!

Chat Asisten ProSehat aja