Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

5 Cara Cepat Kurus Setelah Melahirkan

Bagaimana cara cepat kurus setelah melahirkan? Apakah akan berpengaruh dengan kualitas ASI saya?

Pertanyaan bagus. Sebelumnya sangat penting untuk diketahui bahwa saat kehamilan, seorang wanita akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 12,5 kg – 20 kg. Kenaikan berat badan tertinggi akan terjadi setelah 20 minggu kehamilan. Pada saat kehamilan ini, ibu hamil akan menambah konsumsi makanannnya untuk memenuhi kebutuhan anak dan, yang terpenting, juga sebagai persiapan setelah anak lahir.

Kita tentu ingat, bahwa setelah melahirkan, akan ada masa menyusui dan saat menyusui, produksi susu pun memerlukan zat yang baik dan cukup. Zat-zat tersebut sebenarnya dibentuk dan disimpan saat masa kehamilan dan akan dikeluarkan saat menyusui. Maka apabila zat tersebut dibuang dengan cara melangsingkan tubuh secara cepat pasca-kelahiran, akan menimbulkan risiko berkurangnya produksi ASI akibat diet yang berlebihan.

Pemberian ASI eksklusif adalah hal yang paling baik bagi bayi anda. Bila produksi ASI berkurang drastis akibat diet berlebihan ibu, maka kebutuhan minum anak memerlukan suplementasi dari susu formula. Padahal kita sudah sadar betul efek negatif yang bisa ditimbulkan konsumsi susu formula pada bayi,mungkin efek ini tidak langsung muncul, bisa saja baru muncul ketika bayi anda menginjak usia balita.

Selain itu diet berlebihan paska melahirkan akan menimbulkan kerugian langsung bagi tubuh ibu. Tubuh masih memerlukan pemulihan dari proses kehamilan dan persalinan. Pemulihan ini memerlukan energi yang tinggi, beserta nutrisi yang lengkap dari makanan.

Kemudian kapan waktu yang tepat untuk melangsingkan badan pasca melahirkan?

Sebenarnya berat badan Anda akan menurun secara alami ketika Anda menyusui sang buah hati. Dengan menyusui maka Anda akan membongkar lemak yang disimpan selama kehamilan, karena proses menyusui sendiri memerlukan energi yang besar. Sehingga Anda juga harus menambah makanan yang cukup agar memenuhi kebutuhan harian setelah melahirkan untuk menyusui, yaitu sekitar 1800 hingga 2000 kalori. Bila Anda tidak menyusui, maka Anda boleh mulai melakukan pengaturan pola makan atau diet.

Anda tidak boleh menurunkan berat badan lebih dari 1 kg per 2 minggu

Hal ini disebabkan masa pasca-kehamilan adalah masa pemulihan, jadi zat-zat tertentu masih diperlukan dalam jumlah banyak.

cara cepat kurus

Namun,bila Anda masih khawatir tidak akan mendapatkan berat tubuh normal pasca melahirkan, mungkin 5 cara cepat kurus dengan cara aman dan sehat ini bisa Anda lakukan:

1. Lakukan Olahraga Ringan

Sebelum Anda memutuskan untuk berolahraga untuk membantu menguruskan badan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Mengapa? Karena bila Anda memiliki kelainan saat kelahiran atau kondisi lain yang tidak memungkinkan, Anda tidak boleh berolahraga dahulu. Bila dokter memutuskan Anda boleh berolahraga, mulailah dengan yang ringan. Jangan langsung melakukan olahraga berat! Prinsipnya olahraga membuat Anda semakin nyaman dan sehat, bukan semakin memperburuk keadaan Anda. Olahraga low-impact yang bisa Anda coba adalah berjalan santai di treadmill, berenang, dan bersepeda. Contohnya wanita yang tidak ada komplikasi selama hamil dan melahirkan secara normal boleh mulai olahraga (sit up) 40 hari pasca melahirkan. Wanita yang melahirkan dengan cara operasi caesar baru bisa melakukan olahraga setelah 3 bulan paska bersalin, dan ini sebaiknya dimulai dengan yang ringan.

2. Atur Pola Makan

Selagi menyusui, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi. Lebih baik beralih ke makanan yang diproses dengan baik, sehingga kandungan gizinya terjaga. Pilihan salad dengan sayuran dan buah segar serta organik dapat menjadi salah satu cara cepat kurus setelah melahirkan. Jangan sampai tidak makan karbohidrat sama sekali karena Anda juga harus mendapatkan energi yang cukup untuk setiap harinya. Pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat dan bisa mengenyangkan dalam waktu lama adalah beras merah, pasta wholewheat, ubi merah, ubi ungu, mie dari barley, dst.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan adalah waktu yang penting untuk Anda mengisi energi Anda. Pastikan bahwa Anda sarapan dengan makanan yang kaya akan serat dan sedikit karbohidrat, seperti roti atau pasta. Jangan lupa juga sumber protein dalam menu anda, bisa daging merah, unggas, ikan, kerang, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda juga mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.

4. Hidrasi yang Baik

Dengan minum air mineral 8 liter atau lebih setiap harinya, anda akan membantu ibu tetap segar, teurtama selama menyusui. Berhenti minum minuman kemasan dengan kandungan gula yang tidak terkontrol jumlahnya. Pastikan Anda hanya minum air mineral dan jus tanpa gula sebagai salah satu bentuk detox bagi tubuh Anda.

5. Slow Down

Mengunyah makanan dengan baik dan sesuai prosedur yang dianjurkan, yaitu sekitar 30 kali akan membantu tubuh Anda memproses makanan dengan lebih baik. Dengan begitu tubuh juga akan terasa lebih cepat kenyang.

Dengan 5 cara cepat kurus di atas, diharapkan Anda tidak terlalu fokus pada bagaimana mengembalikan bentuk tubuh ideal dengan cepat, tetapi juga mempertimbangkan efek yang akan diberikan kepada si kecil yang masih membutuhkan ASI.

Referensi:

  • TanyaDok.com: Kurus Ekstra Cepat Selepas Melahirkan
  • NLM.nih.gov: Patient Instructions
  • WebMD.com: 8 Tips for Losing Weight After Pregnancy

WhatsApp Asisten Maya saja