Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Checklist Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa

Sudah memasuki bulan ke-8 dari kehamilan, sebaiknya 10 perlengkapan melahirkan ini mulai Anda masukkan ke dalam tas yang siap dibawa saat masa persalinan. Mengapa harus dari bulan ke-8? Karena biasanya waktu persalinan terjadi tidak sesuai perhitungan HPL (hari perkiraan lahir) dari dokter dan bisa terjadi kapan saja mendekati bulan ke-9. Oleh karena itu, sebaiknya seluruh perlengkapan melahirkan yang penting sudah dipersiapkan dan mudah dibawa.

Baca Juga: Inilah 7 Tips Aman Hamil di Masa Pandemi

Apa saja perlengkapan melahirkan yang wajib dibawa? Checklist berikut yang dibuat oleh seorang ibu yang sudah berpengalaman melahirkan hingga 4 kali!

perlengkapan melahirkan

Perlengkapan melahirkan yang wajib dibawa untuk 3 hari (minimal) menginap di Rumah Sakit:

1. Baju Ganti, Selop dan Kaos Kaki

Biasanya Rumah Sakit di Indonesia menyediakan baju ganti, selop dan kaos kaki untuk digunakan selama Anda merasa harus berjalan dan menunggu kontraksi. Namun terkadang beberapa wanita memilih untuk menggunakan miliknya sendiri. Pilih baju ganti seperti kimono atau daster yang mudah dipakai dan dilepaskan.

2. Pembalut Bersalin

Perlengkapan melahirkan yang satu ini penting untuk dibawa. Pembalut bersalin ini berfungsi untuk menjaga kebersihan akibat darah yang masih keluar paska melahirkan. Baik normal maupun caesar, mulai hari pertama hingga selama masa nifas akan keluar darah seperti menstruasi dari vagina,walaupun jumlahnya berangsur berkurang namun ibu pasti akan merasa lebih nyaman dan bersih bila menggunakan pembalut bersalin yang akan menjaga area kewanitaan tetap kering.  Siapkan sekitar 3-4 pak untuk berjaga-jaga.

3. Celana Dalam Ganti

Perlengkapan melahirkan yang satu ini sebaiknya dibawa dalam jumlah lebih banyak untuk berjaga-jaga bila darah nifas masih merembes walaupun sudah menggunakan pembalut bersalin. Jika memungkinkan, bawa beberapa buah dengan ukuran besar agar tidak melukai bekas jahitan caesar Anda (jika Anda melahirkan dengan metode caesar).

Baca Juga: Ini Dia Penambahan Berat Badan Normal Ibu Hamil

4. Gurita atau Korset

Siapa sih yang ingin perutnya melar setelah melahirkan? Banyak Rumah Sakit di Indonesia juga menyarankan untuk membawa perlengkapan melahirkan ini karena otot perut Anda masih bisa dibentuk kembali hingga 2 bulan setelah proses persalinan. Jadi persiapkan Gurita atau Korset untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal pasca melahirkan.

5. Dokumen administrasi

Dokumen administrasi dibutuhkan untuk proses di rumah sakit maupun registrasi akta kelahiran anak. Dokumen tersebut meliputi:

  • Fotokopi KTP suami dan istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta Nikah
  • Fotokopi Akta Kelahiran Suami dan Istri

6. Bra Menyusui

Jika Anda ingin menyangga payudara namun tetap ingin membuat nyaman si kecil yang baru lahir saat menyusui, perlengkapan melahirkan yang satu ini juga wajib dibawa.

7. Pompa ASI

Perlengkapan melahirkan yang ini berguna sebagai pemeras ASI jika si kecil yang baru lahir belum dapat menyusui secara langsung. Banyak produk yang menjualnya dalam versi manual dan elektrik. Pompa ASI ini pastinya akan berguna hingga 6 bulan ke depan untuk menjaga masa ekslusif ASI sang buah hati.

8. Perlengkapan Bayi

Nah, perlengkapan si kecil yang baru lahir meliputi:

– selimut

– popok kain atau popok sekali pakai

– kain bedong

– minyak telon

– pakaian bayi beserta sarung tangan dan kaki

Jika si kecil belum memungkinkan untuk menyusui langsung, jangan lupa botol susu untuk menyimpan ASI ibu yang diperas dengan alat pemeras ASI. Selama di rumah sakit bayi anda akan menggunakan baju dan popok rumah sakit. Perlengkapan bayi anda ini baru akan dipakai ketika bayi anda pulang dari rumah sakit

9. Benda-benda yang Akan Membuat Anda Relaks

Benda-benda tersebut meliputi bantal milik Anda sendiri, foto keluarga Anda, mini speaker untuk memutar musik, digital camera untuk merekam proses persalinan Anda, buku fiksi, apapun yang akan membuat Anda tenang dan nyaman. Benda-benda ini tentunya akan membuat Anda merasa berada di rumah sendiri selama masa sebelum dan setelah persalinan.

10. Pakaian untuk Pulang

Pilih baju yang tetap terlihat bergaya namun tidak melupakan kenyataan bahwa Anda baru saja melahirkan. Baju yang longgar bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

10 perlengkapan diatas bila disiapkan dengan baik jauh hari sebelum mendekati persalinan akan mengurangi stres di hari H, dan untuk mencegah adanya barang yang tertinggal sebaiknya anda menyiapkanya dalam kondisi yang lebih tenang. Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut tentang kehamilan dan produk-produk kesehatan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi:

  • Babycenter: Packing for the Hospital or Birth Center
  • TheBump: Checklist Packing a Hospital Bag
  • Fitpregnancy: 10 Essential Items, Hospital Bag
  • Parents: Hospital Packing List

Chat Asisten ProSehat aja