Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Tidak Suka Daging, Diet Vegetarian Solusinya

Bagi yang tidak menyukai daging, diet vegetarian dapat menjadi salah satu metode diet yang layak untuk dicoba. Diet vegetarian dikenal dengan berbagai manfaat terbaiknya, bahkan banyak orang pula yang mencoba memutuskan melakukan diet vegetarian dengan berbagai alasan, seperti ingin menghormati hewan serta lingkungan maupun berbagai alasan kesehatan lainnya. Bagi anda yang baru pertama kali ingin melakukan diet vegetarian tapi masih bingung bagaimana melakukannya.

Anda perlu mengetahui tips nya sehingga tidak salah melakukannya. sebelum lebih jauh, penting untuk memahami tentang diet vegetarian. Diet vegetarian terdiri dari beberapa jenis, yaitu diet vegan (tidak mengonsumsi semua jenis daging, unggas, makanan laut dan turunannya seperti susu, telur, madu), diet laktovegetarian (tidak mengonsumsi daging, unggas,ikan, dan telur), diet lakto-ovo-vegetarian (tidak mengonsumsi daging, ungags, dan ikan), serta fleksitarian (membatasi konsumsi daging hewan).

diet karbohidrat

Nah bagi anda yang ingin menjalani diet vegetarian ini, maka anda dapat mencoba tips di bawah ini

Jangan Menunda-Nunda

Menurut penjelasan Dr. Michael Klapper, dokter dan pakar diet nabati, janganlah menunda-nunda jika ingin memulai diet vegetarian. Mungkin beberapa orang masih ragu dan merasa belum percaya diri untuk melakukan diet ini. Padahal jika semakin lama menunda, maka akan semakin sulit bagi anda untuk memulainya. Sehingga, lebih baik jika anda segera memulainya secara bertahap. Misalnya saja, anda dapat memulainya dengan 1 hari saja, kemudian dapat ditingkatkan menjadi 3 hari, 1 minggu, hingga 1 bulan. Nantinya lama-lama tubuh anda dapat menyesuaikan sendiri dengan perubahan pada pola makan yang anda lakukan dan anda dapat menjadi vegetarian yang sepenuhnya.

Baca Juga: 8 Tips Mengolah Makanan Sehat untuk Anda yang Ingin Diet Alami

Buatlah Rencana Makan

Setelah itu anda dapat membuat rencana makan, ini tak kalah penting dalam program diet vegetarian. Hal ini bertujuan agar anda menghindari konsumsi makanan-makanan non-vegetarian, baik itu sadar maupun tidak sadar. Anda dapat mengatur rencana makan dari sarapan, camilan ringan, hingga makan malam. Usahakan agar anda tidak mengonsumsi makanan-makanan non-vegetarian yang tidak ada dalam menu makan yang sudah anda rancang. Prinsip utama dari diet vegetarian ini adalah kedisiplinan, sehingga program diet yang anda jalani dapat berhasil. Meskipun sulit, tapi nantinya anda dapat semakin mudah dalam menjalani pola makan vegetarian.

Mulai Dari Makanan Yang Sederhana

Tips diet lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memulai dari makanan-makanan ringan. Ada banyak makanan-makanan dari bahan dasar nabati yang menarik untuk anda coba. Namun, agar anda tidak bingung untuk menentukan makanan-makanan vegetarian yang dikonsumsi, mulailah dari makanan vegetarian yang ringan serta mudah dibuat.

Anda dapat melihat resep-resep vegetarian yang sangat mudah ditemukan di internet dan mulailah dari makanan yang mudah diolah, sederhana, serta mudah didapatkan. Misalnya saja, untuk menu sarapan anda dapat mencoba menu roti selai kacang dengan susu kedelai. Makanan camilan ringan, dapat dicoba mengonsumsi jus atau buah segar. Menu makan siang hari, dapat dengan menu gado-gado tanpa telur atau anda dapat mencoba tumis sayur dan nasi merah untuk menu makan malam. Pastikan jika menu makanan yan anda konsumsi tak hanya enak tapi juga kaya akan protein, karbohidrat, dan serat yang dapat menunjang aktivitas.

Baca Juga: 6 Makanan Pembentuk Otot Alami

Tambahkan Porsi Jika Masih Lapar

Ketika memulai melakukan diet vegetarian, mungkin anda dapat jadi mudah lapar. Hal ini sebenarnya normal saja terjadi meskipun makanan-makanan berbahan dasar nabati mengandung banyak nutrisi. Hanya saja kandungan kalorinya tetap akan lebih rendah dibandingkan produk pangan hewani. Sehingga anda dapat mencoba menambah porsi makan anda. tenang saja, meskipun anda menambah porsi ini tak akan membuat anda mudah gemuk.

Nah, itu tadi tips mudah bagi anda yang ingin memulai diet vegetarian. Meskipun anda sedang melakukan program diet, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan-makanan sehat agar tubuh tercukup nutrisi hariannya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

  1. Harbolic BK. Vegetarian and vegan diet. [Internet]. Available at: medicinenet(dot)com/vegetarian_and_vegan_diet/article.htm#what_are_the_potential_dangers_from_consuming_the_various_kinds_of_vegetarian_and_vegan_diets (1.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja