Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Sehat Seperti Manusia Purba Dengan Diet Paleo

Jika berbicara tentang program diet, saat ini ada banyak program diet yang dapat anda coba untuk menurunkan berat badan secara efektif, salah satunya yaitu Diet Paleo. Program diet ini mungkin terdengar asing, tapi Diet Paleo sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan badan sekaligus menurunkan berat badan. Lalu seperti apakah Diet Paleo? Berikut ini penjelasannya.

Mengenal Diet Paleo

Diet Paleo atau yang juga dikenal sebagai diet manusia purba atau caveman diet ini merupakan diet yang mengadaptasi dari kebiasaan pola makan nenek moyang di zaman dahulu. Sesuai dengan namanya, diet paleo ini mengikuti kebiasaan dari diet yang dilakukan orang-orang di masa Paleolitik atau sekitar 2,5 juta-10.000 tahun silam. Tujuan dari metode diet paleo ini adalah agar dapat mengembalikan pola makan manusia agar seperti manusia yang hidup di zaman dulu.

Meskipun terdengar aneh, tapi gaya hidup zaman purba ini memang tengah banyak digandrungi masyarakat modern saat ini. Pedoman dari diet paleo ini adalah meyakini jika tubuh manusia lebih cocok ketika dimasuki makanan-makanan seperti yang dilakukan orang zaman dahulu, yaitu mengonsumsi makanan dari hasil berburu maupun bercocok tanam. Hal ini jelas bermanfaat lebih baik dibandingkan dengan menggunakan diet berteknologi canggih.

Baca Juga: 10 Makanan Pencegah Kanker Serviks

Sehingga ketika anda melakukan diet ini, makanan-makanan yang hanya dapat anda konsumsi adalah makanan yang masih alami seperti layaknya manusia purba. Tanpa ada bahan pengawet, pewarna, hingga makanan olahan. Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah murni karena kebanyakan tubuh manusia saat ini sangat rentan terserang berbagai penyakit dikarenakan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Sehingga dapat dikatakan jika pola makan ini jauh lebih menyehatkan karena masih serba alami.

Makanan Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Jika anda ingin untuk menjalani diet paleo, maka anda harus memasukkan makanan-makanan alami ke dalam menu sehari hari seperti:

  • Daging tanpa lemak
  • Ikan, khususnya yang kaya mengandung asam lemak omega-3 seperti mackerel, tuna, dan salmon
  • Telur
  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Minyak yang berasal dari kacang-kacangan dan buah, seperti minyak kenari, minyak zaitun, atau minyak kelapa

Dalam menjalani diet paleo, anda sangat dilarang untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan olahan, makanan yang melalui proses, maupun makanan kemasan. Berikut ini beberapa daftar makanan yang dilarang dikonsumsi saat menjalani diet paleo.

  • Gandum, barley, dan oat
  • Susu dan produk susu
  • Legume, seperti kacang tanah, kacang bean, dan kacang polong
  • Garam
  • Gula halus
  • Kentang
  • Minyak yang sudah mengalami banyak proses, contoh minyak kanola

Ketika menjalani diet paleo, anda tak perlu menghitung berapa banyak kalori yang anda makan maupun anda batasi. Sayuran, buahan, dan daging tanpa lemak yang anda konsumsi sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan kalorisehari harinya.

Baca Juga: 9 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Gatal Alergi

Saat awal-awal menjalani metode diet ini memang hal yang berat karena pola makan anda benar-benar harus diubah dari manusia modern ke manusia purba. Sehingga, anda diberikan kebebasan untuk menjalani diet ini.  Anda dibebaskan mengonsumsi makanan-makanan yang anda inginkan selama 3 hari di dalam 1 minggu.  Namun, jika anda merasa sudah menyesuaikan diri dengan metode diet ini, anda dapat menggunakan hanya satu hari saja untuk makan bebas.

Agar mendapatkan manfaat lebih lainnya selama menjalani program diet, sangat disarankan untuk melakukan olahraga rutin. Olahraga dapat membantu untuk menurunkan berat badan anda lebih cepat, mempertahankan berat badan agar ideal, hingga menjaga kesehatan tubuh. Nah, itu tadi bagaimana metode diet paleo yang dapat anda jalani untuk menurunkan berat badan tapi sekaligus membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

Orensten B. The paleo diet: how it works, what to eat and the risks. Available at: everydayhealth.com/diet-nutrition/the-paleo-diet.aspx#heartdiseaseandpaleo (1.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja