Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Food Combining Sebagai Bagian Dari Diet Anda

Food combining adalah salah satu cara untuk dapat mengatur pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, entah itu untuk pagi, siang, maupun malam hari. Tujuan dari diet ini untuk memberikan hasil baik bagi kesehatan, terutama untuk sistem pencernaan tubuh. Prinsipnya, karbohidrat tidak boleh dicampur dengan protein hewani ke dalam menu makanan karena dapat memperberat kerja dari sistem pencernaan. Makanan yang mengandung pati dan protein yang tinggi sulit untuk dicerna jika dikonsumsi dalam jumlah yang sama-sama banyak.

Asupan makanan pada food combining harus diatur dan mengikuti siklus alami tubuh. Hal yang paling menonjol dari food combining ini adalah anda tak diperbolehkan untuk mengonsumsi nasi, lauk-pauk, buah, dan sayuran sekaligus ke dalam 1 jam makan. Nah jika anda tertarik untuk mencoba metode food combining ini, anda dapat mengikuti cara-cara di bawah ini.

Mengonsumsi Buah Sebelum  Makan

Ada mitos yang menyebutkan jika makan buah sebelum makan makanan utama dapat menyebabkan sakit perut. Tubuh justru akan semakin lebih sehat dan sistem pencernaan menjadi lebih lancar saat anda rutin mengonsumsi buah-buahan sebelum makan. Buah dapat mudah dicerna saat masuk ke dalam pencernaan tanpa tercampurkan dengan makanan lainnya. Namun, saat anda mengonsumsi buah setelah makanan ataupun mengombinasikannya dengan makanan lain akan membuatnya sulit dicerna. Inilah yang membuat sistem pencernaan menjadi mudah terganggu.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Jantung

Segelas Air Lemon Setelah Bangun Tidur Untuk Memperlancar Pencernaan

Agar dapat mencapai berat badan ideal yang sesuai dengan peraturan food combining, maka anda dapat mencoba mengonsumsi air lemon secara rutin setelah bangun tidur. Air lemon di pagi hari dapat membantu tubuh segar, bugar, dan sistem pencernaan menjadi lancar.

Hindari Menggabungkan Protein Dan Karbohidrat Ke Dalam 1 Menu Makanan

Orang-orang terkadang tidak sadar dengan menggabungkan protein dan karbohidrat ke dalam satu menu makanan. Akibatnya ini akan menyebabkan anda mengalami permasalahan pada pencernaan.  Perpaduan protein dan karbohidrat ternyata kurang tepat untuk dikonsumsi. Anda dapat menggantinya dengan perpaduan protein dan sayur atau karbohidrat dan sayur, ini membantu agar program diet anda menjadi lebih berhasil.

Perhatikan Jarak Yang Tepat Ketika Mengonsumsi Makanan

Perhatikan  jarak yang tepat di dalam food combining karena hal ini sangatlah penting. Peraturan dasar dari pola makan ini terdapat 3 yaitu makan berat 2 jam setelah mengonsumsi buah, makan protein 3 jam setelah karbohidrat, serta makan karbohidrat 4 jam setelah mengonsumsi protein.

Hindari Makanan yang Diproses

Buah dan sayuran segar menjadi hal yang penting dalam menu makanan sehari hari. Meskipun begitu anda tetap dapat makan makanan-makanan sumber karbohidrat dan protein. Hanya saja, sangat tidak disarankan untuk anda mengonsumsi makanan-makanan olahan yang bukan merupakan makanan alami, seperti makanan awetan, makanan kalengan, dan makanan yang mengandung food additives.

Baca Juga: 10 Kegiatan Cegah Diabetes yang Bisa Dilakukan di Rumah

Terkecuali yogurt dan tempe karena mengandung senyawa fitokimiawi yang semakin kaya setelah melalui proses pengolahan. Berbeda dengan beras putih yang sudah mengalami berbagai proses seperti proses pemucatan, penambahan essens, hingga proses pengasapan pengawetan. Sehingga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Paling baik dengan mengkonsumsi beras merah ataupun beras putih tumbuk.

Nah itu tadi beberapa aturan yang diwajibkan ketika anda menjalani pola food combining untuk kesehatan tubuh anda. untuk keberhasilan dari food combiing ini, tentu saja anda diharuskan untuk mematuhi segala aturan yang ada dan tidak melakukan apa yang dilarang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

  1. Kurnia RD. 7 food combining yang bikin dietmu berhasil, pernah coba?[Internet]. Available at: idntimes(dot)com/food/diet/riza-dian-kurnia/diet-food-combining/full. (1.12.18)
  2. Diet ala food combining. [Internet]. Available at: doktersehat(dot)com/diet-ala-food-combining/ (1.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja