Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bagaimana Cara Diet Saat Berpuasa ?

Memasuki bulan Ramadan, sebagian besar Sahabat Sehat mungkin berniat untuk menurunkan berat badan dengan cara berpuasa.

diet saat berpuasa, diet puasa

Baca Juga: 7 Penyebab Berat Badan Terus Naik Saat Puasa Ramadan

Namun seringkali berat badan bertambah ketika berpuasa karena dipengaruhi beberapa faktor seperti kurang berolahraga, konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan minuman tinggi gula saat sahur dan berbuka puasa.

Sahabat Sehat, berikut beberapa tips dalam menjalankan diet saat berpuasa.

Tips Diet Saat Berpuasa

Jaga Asupan Kalori

Kalori merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan atau kekurangan kalori dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Idealnya jumlah kalori per hari yang dibutuhkan orang dewasa mencapai 1.000-2.000 kalori, jika asupan makanan yang Sahabat konsumsi melebihi jumlah ideal tersebut, dapat berimbas pada kenaikan berat badan.

Lakukan Aktivitas Fisik

Banyak Sahabat Sehat yang merasa malas bergerak saat berpuasa karena khawatir lelah, lapar dan haus. Namun Sahabat disarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik agar dapat menjaga kebugaran tubuh, misalnya melakukan aktivitas fisik ringan seperti membersihkan rumah dan melakukan olahraga ringan.

Konsumsi Makanan Berserat

Selama berpuasa, Sahabat disarankan mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran karena dapat memberikan efek kenyang yang cukup lama.

Baca Juga: Apa Saja Risiko Kurang Konsumsi Buah dan Sayur?

Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang turut berperan dalam kenaikan berat badan.

Produk Terkait: Jual Obat Kolesterol

Kurangi Makanan & Minuman Tinggi Gula

Saat berbuka puasa, seringkali Sahabat memilih menu makanan dan minuman tinggi gula untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Namun sebaiknya dikonsumsi sewajarnya saja sebab makanan dan minuman tinggi gula yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan risiko kelebihan berat badan, maupun penyakit diabetes.

Perbanyak Minum Air Putih

Agar diet di bulan puasa berjalan lancar, Sahabat disarankan konsumsi air putih minimal 2 liter di waktu sahur dan berbuka puasa. Selain untuk mencegah dehidrasi, air putih juga dapat memberikan efek mengenyangkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Makan Secukupnya Saat Berbuka Puasa

Hal yang paling ditunggu ketika menjalankan puasa adalah ketika sudah waktunya berbuka puasa. Agar diet berjalan dengan baik, Sahabat sebaiknya makan secukupnya dan secara perlahan.

Usahakan konsumsi makanan ringan seperti kurma dan air putih terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan menu makanan utama.

Istirahat yang Cukup

Apabila Sahabat kurang tidur, produksi hormon ghrelin meningkat. Hormon ghrelin diketahui turut berperan dalam meningkatkan nafsu makan. Sahabat sebaiknya istirahat yang cukup dan hindari tidur larut malam agar stamina tetap terjaga dan dapat menjalani puasa maupun program diet dengan baik.

Sahabat Sehat, itulah beberapa tips dalam melakukan diet selama berpuasa di bulan Ramadan sehingga Sahabat turut memperoleh manfaat dari segi kesehatan sambil menjalankan ibadah.

Baca Juga: 8 Makanan Rendah Lemak untuk Diet yang Enak dan Mengenyangkan

Sahabat dapat memilih produk kesehatan dan suplemen di Prosehat, untuk melengkapi diet yang sedang dijalankan. Bila Sahabat mengalami kendala selama berpuasa, silahkan berkonsultasi dengan dokter di Prosehat melalui Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Ina K. 7 Cara Diet Sehat yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Puasa [Internet]. detikfood. 2021 [cited 13 April 2021]. Available from: https://food.detik.com/info-kuliner/d-5526712/7-cara-diet-sehat-yang-bisa-kamu-lakukan-di-bulan-puasa
  2. 8 Tips Jitu Diet Saat Puasa di Bulan Ramadan [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 13 April 2021]. Available from: https://www.liputan6.com/bola/read/4241041/8-tips-jitu-diet-saat-puasa-di-bulan-ramadan

Chat Asisten ProSehat aja