Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mengapa Diet Ala Tya Ariestya Menjadi Sangat Kontroversial?

Diet a la Tya Ariestya sedang diperbincangkan oleh publik. Hal ini dikarenakan sang aktris telah berhasil menurunkan bobot tubuhnya hingga 22 kilogram hanya dalam kurun waktu 4 bulan. Pengalaman suksesnya menjalani diet diungkapkan dalam sebuah buku berjudul The Journey of Fit Tya Ariestya.

diet ala Tya Ariestya

Baca Juga: Inilah 10 Tips Langsing Alami, Mudah Kok!

Namun buku tersebut menimbulkan kontroversi karena sang aktris, yang bernama lengkap Ariestya Noormita Azhar tersebut tidak menyertakan sayur dalam menu dietnya. Selain itu, ia menyertakan boleh bebas mengonsumsi garam. Hal ini menimbulkan kontroversi dan dikhawatirkan berdampak pada orang-orang yang mencoba menerapkan anjuran diet tersebut, terutama bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang harus mengurangi asupan garam ataupun harus mengonsumsi banyak sayur.

Berikut ini adalah beberapa kontroversi diet tersebut beserta alasannya yang dicuit oleh akun Gizipedia, di akun sosial media Twitter seperti dilansir dari Kompas.com.

Kesampingkan Asupan Sayur  

Hal ini merupakan poin pertama yang disorot dari diet dalam buku Tya Ariestya, tertulis bahwa sayur tidak disertakan dalam diet karena dianggap menghambat turunnya berat badan bahkan mengganggu bakteri baik dalam tubuh sehingga tidak menyerap nutrisi penting dari lambung dan usus. Selain itu, diet dalam buku Tya Ariestya menyebut sayur mentah dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Bebas Konsumsi Garam

Dalam bukunya, Tya Ariestya menyebut garam dapat dikonsumsi secara bebas. Padahal konsumsi garam yang berlebihan dapat menimbulkan risiko kenaikan tekanan darah. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa asupan garam per hari yang dianjurkan sekitar 1 sendok teh atau setara 2.000 mg natrium (garam).

Menu Diet Murah dan Tidak Realistis

Buku “The Journey of Fit Tya Ariestya” juga memuat harga satu kali makan adalah Rp 4.350. Angka tersebut dianggap tidak realistis jika disesuaikan dengan perencanaan menu makanan yang tercantum seperti menyertakan multivitamin, omega 3, dan biskuit diet.

Produk Terkait: Jual Biskuit Granola Chinamon Violet Kitchen

Diet Rendah Kalori

Menu diet rendah kalori juga disorot karena menyebut menu diet hanya mempunyai asupan kalori harian kurang dari 500 kalori. Padahal, diet rendah kalori tidak dianjurkan untuk kesehatan jika dilakukan dalam jangka panjang.

Tanggapan beragam tentunya tidak hanya dari akun Gizipedia saja, namun juga mendapat sorotan dari fitness influencer Yulia Baltschun dan ahli gizi. Berikut tanggapan mereka:

Gizipedia

Akun yang sering mengulas masalah gizi ini menyatakan bahwa apa yang dimuat dalam buku diet ala Tya Ariestya, menyamaratakan proses diet untuk semua orang. Padahal, setiap orang mempunyai proses metabolisme tubuh yang berbeda-beda sehingga pola diet yang sukses  dilakukan Tya Ariestya belum tentu cocok bagi orang lain.

Yulia Baltschun

Fitness dan health influencer yang juga merupakan juara 3 Masterchef Indonesia, Yulia Baltschun juga memberikan tanggapan mengenai buku Tya Ariestya. Yulia mengaku mendapat banyak pertanyaan mengenai pola diet tersebut.

Yulia menyebut bahwa apa yang dilakukan Tya Ariestya sebenarnya sangat tidak tepat karena bertentangan dengan ketetapan dan teori mengenai jumlah asupan kalori yang dibutuhkan tubuh, dan pola diet dalam buku tersebut pada akhirnya lebih cocok dilakukan untuk orang yang mempunyai gangguan makan atau eating disorder. Yulia menilai apa yang dilakukan Tya hendaknya cukup dijadikan sebagai cerita pribadi saja, dan bukan menjadi konsumsi publik.

Para Ahli Gizi

Para ahli gizi seperti Fiastuti Witjaksono dan Ika Setyani juga mengungkapkan ketidaksetujuannya terhadap pola diet yang tercantum dalam buku The Journey of Fit Tya Ariestya.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, dua ahli gizi ini menyebut bahwa sayur tidak boleh dihilangkan dalam menu diet karena berperan penting untuk menurunkan berat badan dan juga menjaga kesehatan tubuh.

Mereka mengatakan bahwa prinsip diet adalah bukan untuk menghindari jenis makan, melainkan mengatur jumlah makanan yang masuk dan tidak menghilangkan salah satu dari zat gizi yang diperlukan tubuh. Apabila sayur dihilangkan dari pola makan, dikhawatirkan seseorang dapat mengalami kekurangan serat, vitamin, dan mineral yang dapat berdampak pada tubuh seperti munculnya keluhan susah buang air besar.

Baca Juga: Apa Saja Risiko Kurang Konsumsi Buah dan Sayur?

Bagaimana Cara Diet yang Tepat dan Seimbang?

Pilih Makanan yang Tepat

Memilih makanan yang tepat merupakan cara yang harus Sahabat lakukan jika ingin melakukan diet, namun juga tetap menjaga kesehatan tubuh. Hindari makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis secara berlebihan.

Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Ketika Sahabat sedang melakukan diet, sebaiknya jangan menahan lapar karena hal ini dapat mengakibatkan Sahabat makan secara berlebihan setelahnya.

Mengatur Jadwal Makan

Aturlah jadwal makan supaya tubuh tidak kelaparan. Pola makan diet yang sehat, umumnya  tetap dapat membuat Sahabat makan seperti biasa namun dengan memperhatikan porsi serta menu makanan yang akan dikonsumsi.

Sarapan dengan Menu Buah dan Sayur

Buah dan sayur tetap diperlukan karena dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Hal ini tentunya akan membantu melancarkan buang air besar yang merupakan salah satu cara diet yang sehat.

Baca Juga: Diet Sehat dan Seimbang untuk Menurunkan Berat Badan

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Menjalankan diet, berarti Sahabat juga membatasi asupan gula dan garam agar tidak berlebihan.

Mengunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan benar dan perlahan akan membantu Sahabat merasa kenyang lebih cepat, sehingga Sahabat tidak akan makan secara berlebihan.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Sahabat sebaiknya tetap memenuhi kebutuhan asupan cairan per hari untuk mencegah hilangnya cairan berlebih dari tubuh akibat aktivitas yang dilakukan sehari hari. Karena itu, selalu bawa persediaan air saat beraktivitas di luar rumah.

Konsumsi Makanan yang Dikukus dan Direbus

Apabila Sahabat ingin sukses dalam diet, pilihlah makanan yang dikukus dan direbus daripada makanan yang digoreng karena mengandung kalori yang lebih rendah dan lemak tidak jenuh.

Baca Juga: Apakah Makanan yang Dibakar dan Dipanggang Menyehatkan?

Olahraga Teratur

Jangan lupa melakukan olahraga, ketika Sahabat melakukan diet. Sebab, olahraga dapat secara efektif membakar kalori, membantu membentuk otot dan membuat tubuh lebih ideal. Lakukanlah olahraga minimal 30 menit sehari.

Hindari Alkohol

Alkohol diketahui dapat membuat Sahabat kehilangan mineral penting yang diperlukan tubuh. Untuk menjalani diet yang sehat, sebaiknya hindari konsumsi Alkohol.

Istirahat yang Cukup

Cara terakhir adalah beristirahat yang cukup, sekitar 6-8 jam sehari. Istirahat yang cukup dapat membantu proses metabolisme tubuh ketika Sahabat sedang menjalani diet.

Itulah mengenai diet ala Tya Ariestya yang kontroversial,  karena tidak memasukkan sayur dan bebas mengkonsumsi garam dalam menu dietnya. Untuk Sahabat Sehat tetaplah melakukan diet dengan menu makanan bergizi dan seimbang, supaya diet yang dilakukan tidak hanya memperindah tampilan bentuk fisik namun juga menyehatkan tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Waktu Sebulan

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut seputar diet dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. Ramai di Medsos, Ini 5 Hal yang Disorot dari Diet Tya Ariestya [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 5 March 2021]. Available from: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/04/061600820/ramai-di-medsos-ini-5-hal-yang-disorot-dari-diet-tya-ariestya
  2. Diet Ala Tya Ariestya Turunkan Berat Badan Tanpa Makan Sayur [Internet]. gaya hidup. 2021 [cited 5 March 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201207164457-255-579017/diet-ala-tya-ariestya-turunkan-berat-badan-tanpa-makan-sayur
  3. Sari Y. Buku Diet Tya Ariestya Jadi Kontroversi, Yulia Baltschun: Blacklist Aja! [Internet]. detikfood. 2021 [cited 5 March 2021]. Available from: https://food.detik.com/info-sehat/d-5480924/buku-diet-tya-ariestya-jadi-kontroversi-yulia-baltschun-blacklist-aja
  4. Respons Pakar Gizi Soal Kontroversi Diet Tya Ariestya [Internet]. gaya hidup. 2021 [cited 5 March 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210304160101-255-613793/respons-pakar-gizi-soal-kontroversi-diet-tya-ariestya
  5. Pratiwi F. 11 Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan, Wajib Tahu Nih! [Internet]. detikHealth. 2021 [cited 5 March 2021]. Available from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4604754/11-cara-diet-sehat-untuk-menurunkan-berat-badan-wajib-tahu-nih

 

Chat Asisten ProSehat aja