Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Benarkah Diet Golongan Darah Efektif

Apa itu diet golongan darah?

Diet golongan darah sering dikaitkan dengan penurunan berat badan. Fokus utama dari seorang wanita adalah bagaimana cara untuk menurunkan berat badan, tidak ada metode diet khusus yang dipilih. Namun, terdapat jenis diet golongan darah yang berdasarkan pada golongan darah dalam menentukan makanan yang sebaiknya dimakan atau tidak.

Diet golongan darah berasal dari buku Eat Right for Your Type pada tahun 1996 oleh dokter Peter J. D’Adamo. Idenya berasal dari respon tubuh terhadap makanan secara langsung terkait dengan jenis darah seorang individu, berdasarkan makanan yang dikonsumsi oleh nenek moyang dengan golongan darah sejenis. Setiap jenis golongan darah memiliki pedoman masing-masing terkait makanan yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari oleh setiap individu dengan golongan darah tertentu. Diet ini akan membantu seorang individu dalam menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, dan meningkatkan kondisi tubuh.

Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Ide ini berasal dari ayah D’Adamo dan rekannya dengan profesi sama, James D’Adamo telah melakukan hipotesis bahwa golongan darah adalah cara untuk memahami mengapa diet dapat bekerja dengan baik pada beberapa individu, dimana darah tergolong ke dalam gen.

Baca Juga: 14 Makanan Setelah Olahraga untuk Memacu Dietmu

Seperti apakah diet golongan darah?

Diet tipe A adalah diet yang sebagian besar terdiri dari sayur-sayuran. Individu dengan golongan darah A akan sulit mencerna protein dan lemak hewani. Diet ini berfokus pada makanan organic dan segar, diet golongan darah A menganjurkan bagi individu untuk menghindari segala produk susu dan gandum, serta agar lebih banyak mengonsumsi salmon, sayuran, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Diet tipe B mencakup berbagai variasi makanan, sebab nenek moyang dari individu golongan darah B ini tergolong omnivore. Rekomendasinya hampir serupa dengan diet paleo. Pengecualiannya termasuk ayam, jagung, roti gandum, dan kopi.

Diet tipe AB adalah diet yang termasuk baik, sebab individu dengan golongan darah AB diduga dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan. Sebaiknya menghindari daging merah, kacang, dan jagung. Namun, individu dengan golongan darah AB dapat mengonsumsi berbagai jenis ikan, ayam kalkun, bubur gandum, makanan segar, dan kopi.

Diet tipe O menganjurkan agar mengurangi makan makanan berlemak. Orang dengan golongan darah O diduga sebagai keturunan pemburu dan akan lebih baik apabila memetabolisme produk hewani. Oleh karena itu, pria dengan golongan darah O mengalami lebih sedikit serangan jantung. Diet tipe O mencakup diet rendah karbohidrat, menghindari konsumsi biji-bijian dan buah-buahan, namun memperbolehkan untuk konsumsi susu lemak.

Apakah diet golongan darah benar-benar efektif?

Sesungguhnya, hal ini sulit dijawab. Beberapa orang mengalami hasilnya. Sebagai contoh, Aylin Poulton, yang tidak sukses dalam pengobatannya terhadap penyakit psoriasisnya yang parah selama lebih dari 10 tahun. Namun, ketika dia memutuskan untuk mencoba diet golongan darah (tipe A) sebagai metode baru untuk menjaga pola makannya, dia sadar bahwa banyak makanan yang dieliminasi konsumsinya apabila menganut diet tipe A yang diketahui memicu psoriasis.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android Membantu Dietmu

Selain itu, dokter Tara Nayak telah merekomendasikan diet golongan darah untuk berbagai pasiennya, namun metode ini bukanlah dipandang sebagai pengobatan, namun sebagai dasar untuk mengembangkan kebiasaan makan yang lebih sehat. Diet ini terbukti ampuh pada individu dengan gangguan autoimun atau inflamasi. Selain itu, apabila seorang individu memiliki berat badan normal, maka lakukanlah diet golongan darah, sehingga tidak akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Namun, apabila seorang individu ingin menurunkan berat badannya, maka diet golongan darah akan membantu.

instal aplikasi prosehat

Kesimpulan

Apabila seorang individu akan menjalani diet, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan mengetahui riwayat medis seorang individu dan membantu menentukan keputusan yang tepat terkait dengan diet yang baik bagi Anda.

Daftar Pustaka:

Nowak C. The blood type diet: does it really work?[Internet]. Available at: rd.com/health/diet-weight-loss/blood-type-diet (1.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja