Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Adakah Diet Untuk Penderita Asam Lambung?

Sakit lambung atau yang dikenal sebagai penyakit asam lambung merupakan kondisi asam lambung meningkat dan menyebabkan perut terasa nyeri. Banyak orang yang berpendapat jika penderita asam lambung tidak dapat menjalani program diet karena khawatir dapat membuat kondisi asam lambung makin parah. Namun tenang saja, penderita asam lambung tetap dapat menjalani program diet yang aman bagi kondisi mereka. Lalu apakah ada diet yang dapat dijalani penderita asam lambung?

Bagi penderita asam lambung, tentunya dibutuhkan pengaturan pola diet yang harus dirancang dengan hati-hati sehingga tidak menyebabkan gangguan pada lambung yang lebih lanjut. Berikut adalah tips diet untuk penderita asam lambung yang meningkat di bawah ini yang dapat anda coba lakukan.

cewek usia 20an, makan sehat

Atur Pola Makan

Mulailah dengan mengatur pola makan anda dengan mengurangi porsi makan anda, tapi jangan sampai melewatkan waktu makan. Hal ini karena kondisi perut kosong yang terlalu lama dapat menyebabkan meningkatkan produksi asam lambung dan malah akan menyebabkan munculnya permasalahan pada lambung. Meskipun anda makan dengan porsi yang lebih sedikit, tingkatkan frekuensi makan anda setiap harinya, setidaknya 5-6 kali dengan porsi yang kecil-kecil.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Meredakan Asam Lambung

Cara Pengolahan Makanan dengan Rebus, Kukus, Panggang, dan Tumis

Makanan yang ingin diolah sebaiknya direbus, kukus, panggang atau ditumis. Hindari penggunaan santan dan gulai untuk makanan bagi penderita maag. Kemudian, carilah jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna agar lambung tidak kesulitan dalam mengolah makanannya.

Penuhi Konsumsi Air Putih

Jangan lupakan untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Hal ini penting untuk menjaga agar tubuh tidak terdehidrasi. Setidaknya dalam sehari, konsumsi air putih minimal 2L setiap harinya. Air putih dapat memperlancar metabolism tubuh, sehingga baik dikonsumsi setiap harinya.

Ketahui Makanan Apa Saja Yang Dilarang

Sebagai penderita asam lambung, wajib bagi anda mengetahui apa saja yang dilarang agar tidak memperburuk kondisi asam lambung anda. HIndari konsumsi makanan-makanan pedas, asam, berlemak, atau yang dapat menimbulkan gas seperti sawi, brokoli, kol, selada, kentang, kembang kol, dan minuman bersoda. Hindari pula konsumsi makanan instan atau cepat saji dan makanan yang mengandung lemak tinggi atau gorengan.  Jangan lupa juga untuk membatasi konsumsi biskuit, coklat, kue, sirup, serta makanan/minuman manis lainnya.

Waktu Pemberian Snack

Hal yang harus Anda perhatikan adalah ketika menjalani diet ini adalah pemberian snack atau camilan ringan. Konsumsi snack dapat dilakukan antara jam-jam makanan besar. Camilan dapat dikonsumsi hingga 5 kali per hari agar dapat mencegah meningkatnya asam lambung.

Olahraga Secara Teratur

Jangan lupa untuk olahraga 3-5 kali dalam 1 minggu. Lakukan selama 30 menit dan 1 jam untuk setiap sesinya. Anda dapat memilih jenis-jenis olahraga yang dapat membantu mengecilkan perut seperti berenang, kardio, jogging, senam aerobik, ataupun bersepeda. Selain itu, cobalah untuk bergerak secara aktif di aktivitas sehari-hari misalnya naik turun tangga, berjalan kaki, hingga mengerjakan berbagai pekerjaan rumah.

Baca Juga: Makanan Jenis Apa yang Bisa Dikonsumsi Setelah Muntah

Istirahat Yang Cukup

Beristirahat yang cukup serta kelola stres akan sangat membantu mengontrol kadar hormon yang ada di dalam tubuh.

Nah, itu tadi tips diet yang dapat dilakukan bagi penderita asam lambung. Namun, jika sampai anda mengalami kesulitan dalam menjalani program diet yang sesuai, tidak ada salahnya bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis sehingga anda dapat mendapatkan susunan pola diet serta olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi anda. Semoga informasi diatas dapat membantu anda.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Kementerian Kesehatan RI. Brosur diet lambung.2011. [Internet]. Available at: gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2013/08/Brosur-Diet-Lambung.pdf (1.12.18)
  2. Harsono FH. Diet aman untuk orang yang sakit asam lambung. 2018.[Internet]. Available at: liputan6.com/health/read/3603592/diet-aman-untuk-orang-yang-sakit-asam-lambung (1.12.18)

WhatsAppp Asisten Maya saja