Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Fakta Mengenai Diet GM

Saat ini diet seakan menjadi trend tersendiri, tak heran jika banyak bermunculan berbagai metode diet yang mengklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah. Salah satunya yaitu diet GM atau diet General Motors. Metode diet yang satu ini cukup populer karena menjanjikan berat badan dapat menurun hingga 7 kilogram dalam kurun waktu yang cepat. Diet ini menerapkan pembatasan menu dan porsi makan yang dilakukan selama 1 minggu. Tertarik mencobanya? Namun, sebelumnya, akan lebih baik jika anda mengenal berbagai fakta-fakta menarik seputar diet GM.

Awalnya Merupakan Program Diet Para Perusahaan Otomotif

Sebenarnya, awal mula dari diet GM ini merupakan program diet yang dikembangkan untuk karyawan-karyawan yang bekerja pada perusahaan otomotif General Motor di tahun 1980an. Sehingga singkatan GM sebenarnya merujuk pada General Motor. Seperti halnya metode diet lainnya, program diet ini memiliki tujuan agar dapat menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang cepat. Ashivini Mashru, R.D, ahli gizi asal Amerika Serikat menjelaskan dalam Women’s Health, jika penurunan berat badan dengan menggunakan metode diet ini hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sudah direncanakan.

Selain itu tubuh juga akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selama 1 minggu, anda diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang minim kandungan kalori tapi mengandung asupan gizi yang kaya. Penting dicatat jika kebanyakan menu-menu dalam diet GM menggunakan kombinasi buah dan sayuran. Misalnya saja, di hari pertama hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Hari kedua hanya diperbolehkan makan sayur-sayuran dan seterusnya.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Kesuburan Agar Cepat Hamil

Didominasi Buah dan Sayur

Dalam diet GM, menganjurkan hanya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang banyak, seperti buah dan sayuran. Hal ini dikarenakan makanan dengan banyak kandungan air dipercaya mampu untuk meningkatkan pembakaran lemak serta melarutkan racun di dalam tubuh. Jenis makanan yang hanya bisa dikonsumsi pun sudha direncanakan selama 7 hari, seperti di bawah ini:

  • Hari I, hanya diperbolehkan makan buah-buahan, kecuali buah pisang
  • Hari II, hanya diperbolehkan makan sayuran, namun untuk menu sarapan dapat menggunakan kentang panggang atau rebus
  • Hari III, mengonsumsi sayuran dan buah, kecuali kentang dan pisang
  • Hari IV, mengonsumsi pisang dan susu yang rendah lemak
  • Hari V, mengonsumsi daging (tanpa lemak) bisa menggunakan daging sapi ayam maupun ikan. Namun batasi hanya 300 gram setiap harinya. Sayuran juga bisa anda masukkan ke dalam menu makan.
  • Hari VI, sama halnya seperti hari sebelumnya batasi konsumsi daging hanya 300 gram sehari dan konsumsi sayuran kecuali kentang.
  • Hari VII, diperbolehkan untuk makan buah, sayuran, dan nasih merah

Selain itu anda juga diwajibkan untuk mengonsumsi banyak air putih, 12-15 gelas setiap hari selama program diet GM. Hal ini bertujuan membantu untuk mengeluarkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh.

Penurunan Berat Badan Yang Terjadi Sifatnya Hanya Sementara

Diet GM memang mengklaim dapat menurunkan berat badan secara efektif dalam waktu yang singkat. Namun, pedoman diet yang dilakukan hanya 7 hari ini malah akan membuat penurunan berat badan hanya bersifat sementara. Hal ini dikarenakan berat badan yang berkurang selama menjalani diet ini merupakan berat air, bukanlah lemak. Sehingga jika anda selesai menjalani program ini hingga 7 hari, maka nantinya berat badan dapat cenderung naik kembali karena pola makan akan kembali lagi seperti semula.

Tidak Memungkinkan Dilakukan Dalam Jangka Waktu Panjang

Perlu anda ketahui jika program diet GM ini tidak memungkinkan jika anda lakukan dalam jangka panjang.. Hal ini karena program diet GM diyakini bukalah diet seimbang serta cenderung tidak menerapkan pola makan yang bernutrisi seimbang. Hal ini bisa dilihat dari menu-menu yang diperbolehkan dalam diet GM yang hanya rendah protein. Padahal, protein merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh dan memiliki banyak manfaat. Mulai dari membantu agar tubuh bisa kenyang lebih lama dan menurunkan berat badan. Diet GM juga rendah lemak serta nutrisi lainnya seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12 pada 3 hari pertama menjalani diet.

Baca Juga: 5 Resep Menu Sarapan Bergizi

Anjuran dan Pantangan Dalam Diet GM

Dalam menjalani program diet GM, ada beberapa anjuran dan pantangan yang perlu anda patuhi selama menjalani program diet, berikut ini panduan dalam menjalani program diet GM:

  • Saat melakukan diet GM, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum 8-12 gelas air putih setiap harinya
  • Dilarang untuk makan kacang selama melakukan program diet GM, ini dikarenakan kacang mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan berat badan naik
  • Mengonsumsi teh hijau dan kopi diperbolehkan, hanya saja tidak ditambahkan pemanis atau gula. Sedangkan soda, alkohol, serta minuman yang berkalori lainnya dilarang dikonsumsi
  • Anda bisa mengganti susu biasa dengan susu kedelai
  • Meskipun telah usai menjalani diet GM, maka dianjutkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan protein
  • Selama 3 hari menjalani diet, tidak diperbolehkan untuk melakukan olahraga

Belum Tentu Aman Dilakukan

Meskipun saat menjalani program diet ini mengharuskan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, semisal buah dan sayuran serta mengurangi makanan yang mengandung pemanis. Namun, tetap saja masih banyak kekurangan yang dimiliki diet GM dibandingkan dengan kelebihannya. Diet ini ternyata berpotensi mengurangi berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, semisal protein karena protein tidak bisa anda temukan dalam sayuran maupun buah. Padahal ada banyak manfaat yang diberikan protein bagi tubuh. Alhasil, diet ini malah dapat membuat tubuh mengalami kekurangan protein serta berbagai gizi penting lainnya.

Baca Juga: 10 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Osteoporosis

Nah, itu tadi 6 fakta mengenai diet GM yang perlu anda ketahui. Meskipun banyak orang yang berpendapat jika diet GM bukanlah diet yang aman untuk dilakukan, namun masih banyak saja yang menjalani program diet ini. Anda bisa mencoba berkonsultasi kepada dokter maupun ahli gizi untuk bisa menentukan program diet yang cocok bagi anda.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja