Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tsunami Covid-19 di India, Bagaimana Indonesia?

Dunia dihebohkan dengan tsunami Covid-19 yang terjadi di India baru-baru ini, dengan penambahan kasus per hari mencapai 3 juta kasus per 25 April 2021.

tsunami covid

Baca Juga: Heboh Tsunami Covid-19 di India

Sebelumnya India melaporkan sudah mulai menurunnya angka kasus Covid-19, tercatat terjadi penurunan hingga 10 kali lipat dari September 2020 hingga Januari 2021.

Tak hanya itu, pemberiain vaksinasi Covid-19 di India terbilang cepat, India mengklaim telah membagikan 100 juta dosis vaksin Covid-19 dalam kurun waktu 85 hari.

Sementara di Indonesia, hingga kini baru memberikan 30% dosis vaksin pada tahap pertama, dan 18% dosis vaksin pada tahap kedua dengan total target peserta vaksin mencapai 40.349.09 orang.

Mengapa India Dapat Mengalami Tsunami Covid-19 ?

Sahabat sehat, ternyata banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini mulai dari abainya masyarakat India terhadap protokol kesehatan dan diperparah dengan diselenggarakannya festival keagamaan seperti Festival Holi yang turut berperan dalam penyebaran virus Covid-19.

Faktor lain seperti diselenggarakannya pesta pernikahan, serta penurunan jumlah pemeriksaan Covid-19 harian juga disebut menjadi penyebab tsunami Covid-19 di India.

Tsunami Covid-19 di India menyebabkan kapasitas rumah sakit terbatas, dan hampir semua rumah sakit kekurangan oksigen sehingga banyak pasien covid-19 terlantar.

Baca Juga: Euforia Vaksinasi Sebabkan Peningkatan Covid-19?

Apakah Indonesia Dapat Mengalami Tsunami Covid-19?

Tidak menutup kemungkinan Indonesia mengalami hal serupa. Begitu yang disampaikan oleh dr. Gita Permatasari pada acara Ngopi Santuy oleh Prosehat yang disiarkan secara live di IGTV, Jumat, 30 April 2021.

Selain peningkatan virus saat liburan panjang, peningkatan angka kasus harian Covid-19 juga dapat terjadi karena adanya mutasi virus Covid-19, terlebih mutasi virus B117 dan E484EK sudah masuk Indonesia.

Sahabat Sehat, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi).

Di samping itu, Sahabat Sehat harus teliti saat melakukan pemeriksaan Covid-19 dan memastikan alat tes yang digunakan bukanlah alat bekas.

Baca Juga: Waspada Rapid Antigen Bekas! Ini Cara Mengetahuinya

Sahabat Sehat dapat melakukan pemeriksaan Covid-19 yang berkualitas namun dengan harga terjangkau di Prosehat. Tentunya Sahabat Sehat tidak perlu khawatir karena pemeriksaan yang dilakukan Prosehat sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

 

 

Chat Asisten ProSehat aja