Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Waspada Rapid Antigen Bekas! Ini Cara Mengetahuinya

Baru-baru ini ramai diberitakan penggunaan rapid antigen bekas sebagai salah satu metode pemeriksaan Covid-19 di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

rapid antigen bekas

Baca Juga: Rapid Antigen dan Caranya Mendeteksi Covid-19

Polisi menangkap lima orang pegawai di antaranya petugas kasir hingga petugas analis, yang saat ini masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polda Sumatera Utara.

Modus pemakaiannya, yaitu dengan mencuci alat tes yang digunakan lalu dimasukkan ke dalam bungkus kemasan untuk dipakai pada pemeriksaan berikutnya.

Bagaimana Membedakan Alat Tes Rapid Antigen Baru Atau Bekas Pakai ?

Peristiwa yang terjadi di Bandara Kualanamu dianggap merugikan semua pihak, termasuk Sahabat Sehat yang ingin mengetahui hasil tes Covid-19. Penggunaan alat tes bekas pakai juga berpotensi menyebarkan Covid-19 maupun penyakit lainnya.

Produk Terkait: Tes Covid-19

Lalu bagaimana Sahabat Sehat membedakan alat tes rapid antigen baru atau bekas pakai?

Juru bicara Satuan Tugas Covid-19, dr. Aris Yudhariansyah, mengungkapkan bahwa cara untuk membedakan alat tes rapid antigen baru atau bekas pakai adalah dengan melihat kemasan alat.

Alat tes rapid antigen yang masih baru dikemas dalam plastik khusus sekali pakai dan baru dibuka apabila akan digunakan.

Baca Juga: List dan Biaya Tempat Rapid Antigen di Jabodetabek

Selain itu masyarakat perlu memastikan bahwa lokasi pemeriksaan berada di tempat yang jelas, serta alat tes rapid antigen tidak dibawa ke tempat lain oleh petugas kesehatan setelah melakukan pengambilan sampel.

Secara umum alat tes rapid antigen terdiri dari dua bagian yaitu bagian cangkang dan alat pengambil swab (dakron). Bagian cangkang berwarna putih dan memunculkan garis I atau II sedangkan alat pengambil swab (dakron) adalah alat yang dimasukkan ke dalam hidung dan mulut.

Peristiwa pemakaian antigen bekas yang terjadi di Bandara Kualanamu cukup menghebohkan masyarakat. Nah Sahabat Sehat, sebaiknya berhati-hati dan lebih teliti ketika memilih tempat untuk melakukan tes Covid-19.

Baca Juga: Infografik Perbedaan Tes Covid-19

Ingin tes Covid-19 yang berkualitas namun dengan harga yang murah? Sahabat Sehat bisa menggunakan layanan Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Indonesia, C., 2021. Polisi Gerebek Layanan Antigen Bekas di Bandara Kualanamu. [online] nasional. Available at: <https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210428073153-12-635694/polisi-gerebek-layanan-antigen-bekas-di-bandara-kualanamu> [Accessed 29 April 2021].
  2. ID. 2021. Polda Sumut Bongkar Tes Antigen Palsu di Bandara Kualanamu, Ini Penjelasan Kimia Farma. [online] Available at: <https://sumut.inews.id/berita/polda-sumut-bongkar-tes-antigen-palsu-di-bandara-kualanamu-deliserdang-ini-penjelasan-kimia-farma/all> [Accessed 29 April 2021].
  3. Media, K., 2021. Cara Memastikan Alat Rapid Test Antigen Baru atau Bekas Halaman all – Kompas.com. [online] KOMPAS.com. Available at: <https://regional.kompas.com/read/2021/04/28/165620878/cara-memastikan-alat-rapid-test-antigen-baru-atau-bekas?page=all> [Accessed 29 April 2021].

Chat Asisten ProSehat aja