Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Perlukah Paspor Vaksin Covid-19 untuk Bukti Vaksinasi?

Vaksinasi Covid-19 sudah akan dimulai di beberapa negara pada awal 2021 termasuk Indonesia. Vaksin ini diharapkan dapat membantu mencegah penularan Covid-19 secara luas di masyarakat. Namun, kita jangan sampai abai pada perilaku 3M, mencuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak karena vaksinasi menjadi tidak efektif jika tidak dibarengi dengan 3M dan PHBS. Lalu, apakah orang yang sudah divaksinasi Covid-19 memerlukan paspor khusus pertanda dia sudah disuntik?

paspor vaksin Covid-19, paspor vaksinasi Covid-19

Baca Juga: BPOM Keluarkan Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin Sinovac

Bila Sahabat sudah divaksinasi Covid-19 dan kemudian berencana melakukan penerbangan, akan membutuhkan paspor vaksin Covid-19 sebagai bukti bahwa Sahabat telah divaksinasi. Buktinya bisa berupa dokumen kertas atau dokumen digital yang sedang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan dan grup teknologi berupa aplikasi di smartphone.

Platform ini nantinya bisa digunakan individu untuk menggunggah rincian tes dan juga vaksinasi Covid-19. Sistem tersebut juga akan menampilkan kredensial digital untuk bisa ditunjukkan pemilik smartphone saat akan masuk ke tempat konser, stadion, bioskop, kantor hingga negara lain. The Common Trust Network dan World Economic Forum sedang mengembangkan platform bernama Common Pass untuk paspor vaksin corona ini. Keduanya dilaporkan telah melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan penerbangan. Selain dengan maskapai-maskapai penerbangan itu, organisasi-organisasi itu juga bekerja sama dengan sistem kesehatan di Amerika Serikat dan pemerintah Aruba.

Produk Terkait: Tes Covid-19

Cara Menggunakan Paspor Vaksin

Platform aplikasi ini akan memungkinkan pengguna menggunakannnya dengan mengunggah data medis seperti hasil tes Covid-19 hingga bukti vaksin dari rumah sakit dan profesional di smartphone. Selain itu terdapat kode QR untuk ditunjukkan pada otoritas terkait yang diklaim tidak akan memperlihatkan informasi sensitif apapun. Bagi pengguna yang akan bepergian, aplikasi juga menyediakan persyaratan izin kesehatan di titik keberangkatan dan kedatangan berdasarkan rencana yang telah dibuat.

Selain Common Pas, disebutkan juga IBM sedang membuat aplikasi serupa bernama Digital Health Pass yang mempunyai fitur berupa tes Covid-19, cek suhu, dan vaksinasi. Nantinya kredensial indikator disebut akan disimpan dalam dompet digital mobile.

Baca Juga: Cara Mengatasi KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19

Bukanlah Hal Baru

Pemberian paspor setelah vaksinasi bukanlah hal baru karena sbenda ini digunakan sejak tahun 1800-an. Hal ini terlihat pada vaksinasi demam kuning atau yellow fever berupa kartu kuning yang berisikan sertifikat vaksinasi atau profilaksis internasional yang dibutuhkan sebagai bukti bagi pelancong yang hendak ke negara-negara Afrika Selain demam kuning, vaksinasi lain yang membutuhkan bukti adalah meningitis terutama bagi Sahabat yang ingin melakukan ibadah haji dan umrah.

Produk Terkait: Layanan Vaksin Umrah

Pernyataan WHO

WHO selaku Badan Kesehatan Dunia tidak merekomendasikan penggunaan paspor vaksin Covid-19 ini sebagai bukti vaksinasi. Sebagai gantinya, WHO akan memberikan semacam sertifikat elektronik bagi orang-orang yang sudah divaksinasi dan sebagai pelacakan data perawatan kesehatan, dan sudah dimulai pada Oktober 2020 dengan bekerja sama dengan Estonia, salah satu negara yang mengembangkan bukti berupa sertifikat yang disebut dengan kartu kuning pintar.

Rekomendasi penggunaan sertifikat elektronik dan bukan paspor dari WHO ini juga memperkuat inisiatif Covax untuk melakukan vaksinasi di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Pemerintah akan memberikan bukti sudah vaksinasi Covid-19 berupa sertifikasi, sertifikasi elektronik, dan kartu. Kartu vaksinasi akan diberikan kepada peserta yang divaksin ketika pertama kali datang ke fasilitas kesehatan. Kartu ini untuk memberikan informasi mengenai identitas dan tanggal vaksinasi.

Baca Juga: Ciri-ciri Vaksin Covid-19 yang Ideal Seperti Apa?

Itulah mengenai paspor vaksin Covid-19 yang disebut akan menjadi bukti vaksinasi, dan sejauh ini sudah ada dua negara yang berniat meluncurkan paspor vaksin, yaitu Denmark dan Arab Saudi. Meski begitu, WHO merekomendasikan penggunaan sertifikat daripada paspor. Apapun bentuknya hal tersebut akan menjadi bukti sehingga Sahabat dapat dengan aman untuk bepergian ke mana pun namun tetap jangan lupa untuk berperilaku 3M dan PHBS. Untuk deteksi dini Covid-19 Sahabat bisa melakukannya di Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Indonesia C. 4 Hal yang Perlu Diketahui Soal Paspor Vaksin [Internet]. gaya hidup. 2021 [cited 13 January 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210112135359-269-592633/4-hal-yang-perlu-diketahui-soal-paspor-vaksin
  2. Bestari N. Mau Traveling Tahun Depan Butuh Paspor Vaksin Covid? [Internet]. tech. 2021 [cited 13 January 2021]. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201228131557-37-211924/mau-traveling-tahun-depan-butuh-paspor-vaksin-covid
  3. Mediatama G. Tidak anjurkan paspor kekebalan corona, WHO siapkan sertifikat vaksinasi digital [Internet]. PT. Kontan Grahanusa Mediatama. 2021 [cited 13 January 2021]. Available from: https://newssetup.kontan.co.id/news/tidak-anjurkan-paspor-kekebalan-corona-who-siapkan-sertifikat-vaksinasi-digital?page=all
  4. Bestari N. Warga RI Divaksin Covid Dapat Sertifikat, Ini Penampakannya! [Internet]. tech. 2021 [cited 13 January 2021]. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210104142613-37-213341/warga-ri-divaksin-covid-dapat-sertifikat-ini-penampakannya
  5. Denmark Bakal Luncurkan Paspor Vaksin Covid Digital untuk Warga Bepergian [Internet]. iNews.ID. 2021 [cited 13 January 2021]. Available from: https://www.inews.id/news/internasional/denmark-bakal-luncurkan-paspor-vaksin-covid-digital-untuk-warga-bepergian
  6. Arab Saudi Luncurkan Paspor Kesehatan Bagi Penerima Vaksin |Republika Online [Internet]. Republika Online. 2021 [cited 13 January 2021]. Available from: https://republika.co.id/berita/qmmh3g366/arab-saudi-luncurkan-paspor-kesehatan-bagi-penerima-vaksin

Chat Asisten ProSehat aja