Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Karakteristik Seorang Pemimpin Masa Depan pada Era Masa Kini

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg seorang pendiri Facebook, Nadiem Makarim seorang entepreneur muda yang merupakan anak bangsa yang berhasil mendirikan GOJEK dan William Tanuwijaya serta Leontinus Alpha Edison yang berhasil mendirikan e-commerance Tokopedia terbesar di Indonesia. Karya-karya mereka sangatlah berpengaruh bagi dunia.

Coba Mama bayangkan kelak suatu hari nanti Si Kecil bisa mengikuti jejak tokoh-tokoh tersebut. Ya, sosok yang masih muda, berpotensi, dikenal karena prestasinya, pasti akan sangat membanggakan orang tua.

Tentu diperlukan proses panjang serta kerja keras untuk berhasil membuat perubahan positif dan memiliki karakter sebagai pemimpin. Yuk, Mama persiapkan Si Kecil memiliki sikap seperti berikut ini:

  1. Seseorang yang tangguh

Seorang pemimpin harus memiliki sifat tangguh, siap menghadapi tantangan, banyak akal, tidak mudah menyerah dalam menciptakan kreasi dan ide-ide baru. Mereka tidak mudah menyerah bila menemukan kegagalan dan menganggap kegagalan merupakan suatu proses yang dapat mengubah mereka untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Tumbuh Kembang Anak

Dalam mendidik Si Kecil, Mama diharapkan untuk mendukung Si Kecil dalam mewujudkan ide-idenya. Misalnya, Si Kecil menyelamatkan kucing liar dan ingin membuat kandangnya, biarkan Si Kecil berkreasi untuk mewujudkannya.

  1. Percaya Diri

Seorang pemimpin mempunyai karakteristik percaya diri, tidak takut mengutarakan ide-idenya dan mencobanya. Apabila seorang pemimpin percaya diri, maka seluruh timnya akan optimis. Seorang pemimpin yang percaya diri tidak mudah mengatakan “tidak bisa!”, mereka selalu mengatakan “saya bisa, saya akan mencobanya!”
Mama tentu dapat melatihnya dengan cara membiasakan Si Kecil berani tampil, contohnya berani tampil bernyanyi di depan teman-temannya, berani untuk memesan makanannya sendiri di restoran.

  1. Semangat untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan

Mark Zuckerberg mempunyai sikap untuk mewujudkan setiap ambisi serta ide-idenya ke dalam pekerjaannya untuk dijadikan kenyataan.

Berawal dari hobinya mengenai komputer serta teknologi saat Mark berusia 12 tahun, ia mengembangkan program pengiriman pesan menggunakan Atari Basic dan menamainya Zucknet. Selain itu, Mark menciptakan berbagai game yang bertujuan untuk menyenangkan anak-anak. Kemudian, saat Mark beranjak sekolah menengah, ia menciptakan perangkat lunak musik di komputer bernama Synapse. Semenjak itu, banyak perusahaan besar seperti AOL dan Microsoft menawarkan pekerjaan, namun Mark menolaknya.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pijat Bayi

Ketika Mark menjalankan situsnya yaitu Facebook, dia hanya mempunyai mimpi kecil yaitu bertujuan untuk mendekatkan banyak orang melalui situsnya. Namun, melalui misi sederhana yang mampu diwujudkan Mark, dapat menjadikan Facebook sebuah perusahaan besar yang mampu menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang serta memberi kekuatan untuk berbagi dan membuat dunia lebih terbuka serta terhubung, yang berawal dari hasrat Mark.

Begitu juga dengan Si Kecil, Mama harus paham apa yang digemari Si Kecil. Apakah bernyanyi, mewarnai atau menari. Ketika Mama sudah mengetahui bakat Si Kecil, bantulah mereka untuk mengembangkan bakatnya, misalnya ajaklah Si Kecil untuk ikut sanggar seni.

  1. Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan komunikasi diperlukan seorang pemimpian agar visi dan tujuan dapat disampaikan dengan baik kepada semua tim, sebab jika tidak, sulit untuk mencapai target yang diinginkan.

Komunikasi antara orang tua dengan Si Kecil dapat dilatih dengan terbiasa menyediakan waktu luang bersama Si Kecil, sediakan waktu untuk menjadi pendengar yang baik ketika mereka mengutarakan ide dan pikirannya. Apabila komunikasi antara Mama dengan Si Kecil baik, maka mereka pun bisa berkomunikasi baik dengan orang lain.

  1. Berani Mengambil Keputusan

Seorang pemimpin yang baik, dapat mengambil keputusan yang tepat pada waktu yang tepat, mereka harus berpikir panjang dan mampu menimbang yang terbaik bagi timnya. Sikap seperti ini bisa Mama latih dalam tindakan sehari-hari kepada Si Kecil, dengan membiasakan Si Kecil untuk dapat memilih yang mereka mau. Misalnya, “Besok mau pakai baju berwarna kuning atau merah?” atau “Untuk bekal ke sekolah, Kamu mau nasi goreng atau mie goreng?” Nah, dengan membiasakan Si Kecil mengambil keputusan sederhana, maka secara tidak langsung Mama telah mendidik anak untuk bersikap tegas.

  1. Mandiri

Seorang pemimpin mempunyai karakter mandiri, tapi bukan berarti mereka tidak butuh orang lain. Namun mereka mempunyai inisiatif untuk melakukan suatu tindakan atau keputusan serta tidak bergantung dengan orang lain. Misalnya, Mama membiasakan Si Kecil untuk bertanggung jawab merapikan tempat tidurnya setiap hari, atau merapikan mainannya sendiri atau membiasakan mengerjakan tugas sekolahnya sendiri, Mama cukup mendampinginya. Bila kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka lambat laun Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab untuk mengerjakan tugasnya secara mandiri.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Seputar Vaksin Bayi

  1. Empati

Seorang pemimpin yang baik bisa membangun rasa empati dengan timnya, mengerti masalah dan perasaan timnya sehingga mereka dapat membangun ikatan untuk mencapai tujuan bersama. Rasa empati dapat dilatih sejak dini, contohnya bisa dimulai dari rumah, seperti ketika ada teman Si Kecil yang sakit, ajaklah ia untuk menjenguk temannya tersebut. Selain itu, biasakan si kecil untuk mengucapkan terima kasih jika diberi mainan, permen atau sesuatu. Hal sederhana seperti ini dapat menumbuhkan rasa syukur dan menghargai setiap pemberian orang lain.

Seperti halnya Mark Zuckerberg yang mengembangkan karakter kepemimpinan serta potensinya, maka setiap anak juga berpotensi untuk menjadi seseorang yang berpengaruh suatu hari nanti. Nah, peran orang tua sangatlah penting untuk membantu mengarahkan setiap potensi serta mengembangkan karakteristik seorang pemimpin kepada anak-anaknya.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

  1. (2018). Leadership. [online] Available at: cleverism.com/lexicon/leadership/ [Accessed 21 Dec. 2018].
  2. Leadership-toolbox.com. (2018). The Characteristic of Leadership – 7 Important Traits. [online] Available at: leadership-toolbox.com/characteristic-of-leadership.html [Accessed 21 Dec. 2018].
  3. Psychology Today. (2018). Leadership | Psychology Today. [online] Available at: psychologytoday.com/intl/basics/leadership [Accessed 21 Dec. 2018].
  4. Sullivan, E. (2018). 9 Unique Mark Zuckerberg Entrepreneur Characteristics. [online] Project Freedom Growth. Available at: projectfreedomgrowth.com/mark-zuckerberg-entrepreneur-characteristics/ [Accessed 21 Dec. 2018].
  5. Tracy, B. (2018). Get smart. 1st ed. indonesia: Elex Media Komputindo.

WhatsApp Asisten Maya saja