Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kalung Tali Masker di Masa Pandemi Corona, Adakah Manfaatnya?

Masker sudah menjadi bagian gaya hidup dari banyak orang di seluruh dunia saat pandemi Corona ini. Hal ini karena masker berfungsi untuk mencegah penularan virus dan memakai masker menjadi sebuah keharusan untuk setiap orang saat beraktivitas di luar rumah.

kalung tali masker, manfaat kalung tali masker

Baca Juga: Jangan Sepelekan Masker dan Tips Nyaman Memakainya

Keberadaan masker sebagai salah satu benda wajib ini ternyata juga membuat beberapa orang berinovasi. Baru-baru ini, muncul tren penggunaan tali masker yang dikaitkan dengan sebuah kalung. Tujuan aksesoris ini adalah agar masker dapat dengan mudah dilepas dan kemudian digantung di dekat dada, terutama saat makan dan minum.

Namun, dari sisi medis, ternyata tren kalung tali masker ini tidak dianjurkan oleh Satgas Covid-19. Seperti dilansir dari CNBC Indonesia, juru bicara Satgas Covid-19, Profesor Wiku Adisastomo menyatakan bahwa penggunaan kalung tali masker berpotensi menurunkan fungsi masker sebagai penangkal virus.

Ia menjelaskan bahwa pemakaian kalung pada masker malah akan mengurangi sifat higienis masker karena bagian dalam masker sudah terkontaminasi saat seseorang berbicara, batuk atau bersin. Apabila bagian dalam yang sudah terkontaminasi droplet ini dibiarkan di ruang terbuka, potensinya cukup besar untuk menginfeksi orang lain.

Produk Terkait: Jual Masker Medis

Hal serupa diungkapkan oleh Ketua Bidang Penanganan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K. Ginting. Ia mengatakan ketika kalung tali masker diturunkan, tentunya masker akan mengenai baju dan hijab yang berpotensi menyebarkan virus, sehingga penggunaan kalung tali masker sangat tidak dianjurkan. Apalagi, pemakaian kalung tali masker ini sering dilepas-pasang yang dapat menyebabkan virus menempel di permukaan, hidung, dan mata apabila disentuhkan pada wajah melalui tangan yang terkontaminasi.

Bagaimana Pandangan dari Ahli?

Seperti dilansir dari Kompas.com, dokter umum yang juga merupakan kandidat PhD bidang Medical Science di Kobe University, Adam Prabata, menyatakan bahwa tali masker yang dikaitkan dengan kalung cukup berpotensi menimbulkan kontaminasi silang akibat droplet yang dapat menempel ke area dalam masker.

Baca Juga: Masker, Ampuhkah Lawan Corona?

Lalu, Seperti Apa Seharusnya Menyimpan Masker yang Benar saat Hendak Makan dan Minum?

Ketika Sahabat hendak makan dan minum, tentu masker harus dilepas, namun cara terbaik sebenarnya adalah dengan disimpan, bukan digantung atau dikalungkan. Dilansir dari Detikcom, Anne Liu, ahli penyakit menular di Stanford Health Care mengatakan sebaiknya masker disimpan dalam plastik kedap udara.

Oleh karena itu, Sahabat harus menyediakan kantong plastik dengan klep penutup berkedap udara. Selain kantong plastik, Sahabat juga disarankan membawa kantong kertas cokelat sebagai tempat menyimpan masker dengan aman jika berada di luar rumah. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah saat melepas masker, pastikan tangan tidak menyentuh bagian luar masker dan sebelum melepas usahakan tangan dibersihkan dengan mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Melepas Masker dengan Benar

Itulah Sahabat Sehat mengenai kalung tali masker yang ternyata tidak disarankan dan kurang bermanfaat. Oleh karena itu, Sahabat harus tetap memakai masker sesuai prosedur yang benar. Apabila Sahabat perlu informasi lebih lanjut mengenai masker dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Hastuti R. Ngetren Gantungan Masker, Satgas Covid Ingatkan Bahaya Ini [Internet]. lifestyle. 2021 [cited 26 February 2021]. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20210225192809-33-226241/ngetren-gantungan-masker-satgas-covid-ingatkan-bahaya-ini
  2. Media K. Satgas Covid-19 Sebut Kalung Tali Masker Berbahaya, Ini Alasannya Halaman [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 26 February 2021]. Available from: https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/25/070000023/satgas-covid-19-sebut-kalung-tali-masker-berbahaya-ini-alasannya?page=all
  3. Azizah K. Pakai Tali Masker Berisiko, Begini Cara Aman Simpan Masker [Internet]. detikHealth. 2021 [cited 26 February 2021]. Available from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5435285/pakai-tali-masker-berisiko-begini-cara-aman-simpan-masker

Chat Asisten ProSehat aja