Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Hari Kesehatan Nasional 2020: Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat

Setiap tahun pada tanggal 12 November Hari Kesehatan Nasional akan selalu diperingati sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia beserta pencapaiannya. Tidak seperti HKN tahun-tahun sebelumnya, HKN ke-56 ini cukup berbeda karena diperingati di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah sehingga cara memperingatinya pun dilakukan secara virtual. Hari Kesehatan Nasional sendiri mulai diperingati di Indonesia sejak 1959. Awal mulanya adalah upaya pemberantasan penyakit Malaria di Indonesia yang mewabah pada dekade 1950-an. Upaya pemberantasan penyakit yang merenggut banyak korban jiwa di Indonesia kala itu membuat pemerintah yang dipimpin Presiden Soekarno segera membentuk Dinas Pembasmian Malaria pada tanggal 12 November 1959, dengan melakukan penyemprotan secara simbolis di Desa Kalasan, Yogyakarta.

Hari Kesehatan Nasional 2020

Baca Juga: Dampak Covid-19 Pada Kesehatan Karyawan

Tema

Hari Kesehatan Nasional ke-56 mengambil tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Tema ini sendiri sangat berhubungan dengan situasi dan kondisi yang sedang dialami oleh Indonesia saat ini, yaitu pandemi global Covid-19 yang melanda Tanah Air sejak Maret 2020. Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan bahwa HKN 2020 ini adalah momentum untuk semua orang Indonesia agar tetap bersyukur meskipun Indonesia sedang dilanda pandemi dan sebagai pengingat bahwa kesehatan itu penting dan nomor satu. Tema yang diusung juga berhubungan dengan upaya untuk membangun masyarakat yang produktif namun tetap aman dan terhindari dari Covid-19 di era Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal.

Sub-Tema

Selain tema juga terdapat sub-tema yang diusung, yaitu “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19. Pada sub-tema ini, Menteri Terawan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari terpapar Covid-19. Sebab, upaya pemerintah sekuat apa pun tidak akan cukup efektif jika tidak didukung oleh masyarakat. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: 8 Istilah Baru Penderita Covid-19, Mulai dari Suspek hingga Kematian

Tujuan

HKN ke-56 ini tentu saja diperingati untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuanhgkan ketahanan kesehatan Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Makna Logo

Pada peringatan HKN 2020 ini, Kemenkes membuat sebuah logo dengan visual berbentuk angka 56 sebagai bentuk peringatan 56 tahun Hari Kesehatan Nasional tahun ini. Logo menggambarkan kebersamaan, saling bergenggaman. Hal ini sesuai dengan tema dan sub-tema yang diusung bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen turut serta dalam upaya menuju kesehatan yang berkualitas. Garis hitam pada logo menggambarkan kebersamaan, saling bergenggaman untuk kesehatan yang akan pulih. Selain itu, terdapat 3 lingkaran yang mengingatkan pada 3 kampanye nasional, yaitu:

  • Ayo pakai masker
  • Ayo menjaga jarak, hindari kerumunan
  • Ayo rajin cuci tangan pakai sabun

Cara Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2020

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, cara memperingati HKN 2020 dapat dilakukan sebagai berikut:

Tepuk Tangan 56 Detik

Tepuk tangan 56 detik ini ditujukan sebagai apresiasi untuk para tenaga kesehatan yang telah berjuang sekuat tenaga dalam menangani Covid-19. Tidak jarang banyak dari mereka yang kemudian gugur. Tepuk tangan 56 detik ini dimulai pada pukul 12.00 untuk kemudian bisa dibagikan melalui postingan di media sosial melalui foto dan video dengan tagar berikut:

#Gerakan56DETIK
#HKN56
#TerimaKasihNakes
#SatuKertasCegahCovid19
#BersatuMelawanCovid19
#SehatNegeriku

Serta tidak lupa untuk menge-tag Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter Direktorat Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

Upacara Virtual

Upara virtual pada HKN 2020 akan melibatkan peserta dari seluruh Indonesia (UPT dan dinkes provinsi). Upacara virtual ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah peringatan HKN.

Mengenang Para Pahlawan Kesehatan

Acara mengenang ini akan dilakukan dengan cara mengheningkan cipta dan doa bersama melalui Zoom dan live streaming. Kemudian akan ada pembunyian klakson atau sirine mobil secara bersama-sama di seluruh Indonesia pada pukul 10.00.

Jambore Kesehatan

Jambore juga akan dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan. Bentuk kegiatannya berupa seminar selama satu hari.

Pengabdian Masyarakat

Melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi Covid-19, penyakit todak menular,  Hepatitis, dan kesehatan jiwa, bakti 3M dengan menyebarkan masker kepada masyarakat da menyerahkan sarana tempat cuci tangan pada tempat-tempat tertentu, aksi-aksi bersih di tempat umum dan senam bersama.

Seminar dan Wisata Ilmiah

Yaitu, seminar sehari yang dilaksanakan melalui pertemuan virtual dan ditujukan sebagai media untuk menyampaikan informasi kajian kesehatan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Kemenkes berkaitan dengan pencegahan Covid-19 dengan perilaku 3M. Seminar ini akan menghadirkan para pakar sebagai pembicara dan akan menjadi forum interaksi yang melibatkan sejumlah peserta dari berbagai komponena masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: BNPB Bekerja Sama dengan Prosehat untuk Dukung Isolasi Mandiri

Unjuk Kreasi Bidang Kesehatan Virtual

Ini adalah acara untuk menampilkan berbagai upaya inovatif di bidang kesehatan terutama menjalankan program di tengah-tengah pandemi. Dilaksanakan secara virtual, unjuk kreasi akan diikuti oleh semua unit utama Kemenkes, UPT Kemenkes, dan 34 dinkes provinsi, dan akan dilombakan bedasarkan jenis kategori. Seluruh peserta diwajibkan menampilkan kreasi bidang kesehatan dalam bentuk video maksimal 5 menit yang akan disiarkan ke seluruh Indonesia.

Lomba-lomba dan Olahraga

Penyelenggaraan lomba berbagai cabang olahraga dan keterampilan dalam rangka memeriahkan HKN 2020 di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini sangat istimewa karena menggunakan platform media sosial untuk menggunggah video atau foto hasil capaian para peserta lomba. Peserta lomba merupakan pegawai kesehatan mulai dari pusat, rumah sakit hingga puskesmas di seluruh Indonesia. Beberapa lomba juga terbuka untuk masyarakat.

Baca Juga: Ingin Aman Memakai Masker Saat Berolahraga? Berikut Tipsnya!

Itulah Sobat mengenai Hari Kesehatan Nasional 2020 yang bisa tetap Sobat peringati secara virtual karena Covid-19. Supaya tujuan kesehatan tercapai secara maksimal sesuai dengan tema HKN ke-56, Sobat bisa memercayakan kepada Prosehat sebagai sahabat kesehatan untuk konsultasi kesehatan, membeli produk-produk kesehatan yang diinginkan, dan mengetahui informasi seputar kesehatan melalui artikel, media sosial, dan video. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Hari Kesehatan Nasional 2020: Tema, Makna, Arti & Cara Memperingati – Tirto.ID [Internet]. tirto.id. 2020 [cited 12 November 2020]. Available from: https://tirto.id/hari-kesehatan-nasional-2020-tema-makna-arti-cara-memperingati-f6TK
  2. Makna, Tema dan Logo Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020 – Tribun Jogja [Internet]. Tribun Jogja. 2020 [cited 12 November 2020]. Available from: https://jogja.tribunnews.com/2020/11/12/makna-tema-dan-logo-peringatan-hari-kesehatan-nasional-hkn-ke-56-tahun-2020
  3. yuk, ketahui tentang peringatan hari kesehatan nasional [Internet]. Lifebuoy.co.id. 2020 [cited 12 November 2020]. Available from: https://www.lifebuoy.co.id/misi/mengenal-lebih-jauh-peringatan-tahunan-hari-kesehatan-nasional.html
  4. Tepuk Tangan 56 Detik Sebagai Apresiasi Kepada Pejuang Pencegahan Covid-19 [Internet]. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2020 [cited 12 November 2020]. Available from: https://promkes.kemkes.go.id/tepuk-tangan-56-detik-sebagai-apresiasi-kepada-pejuang-pencegahan-covid-19

Chat Asisten ProSehat aja