Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bijak Berbelanja Online, Konsumen Cerdas Berdaya

Belanja online menjadi salah satu solusi berbelanja disaat padatnya kesibukan Anda. Selain itu, keuntungan lainnya saat berbelanja online yaitu karena banyaknya promo yang ditawarkan dari berbagai marketplace.

Akan tetapi jangan sampai karena keasyikan berbelanja, pada akhirnya membuat Anda merugi dan terhindar dari penipuan. Nah, berikut 8 tips dari idEA (Asosiasi E-commerce Indonesia) yang perlu Anda ingat agar lebih bijak saat berbelanja.

  1. Belanja di situs belanja online terpercaya

Berbelanja lah di situs belanja online yang terpercaya. BIasanya situs-situs belanja online tersebut sudah dilengkapi dengan metode perlindungan yang telah terjamin keamanannya. Jadi jangan sampai salah pilih, ya.

  1. Berbelanja di Seller dengan reputasi terbaik

Jika sudah memilih situs belanja online yang terpercaya, maka langkah selanjutnya pilih Seller dengan reputasi terbaik. Umumnya situs belanja online sudah menggunakan sistem reputasi di masing-masing seller. Jadi lebih memudahkan Anda saat berbelanja online.

  1. Teliti Saat membaca deskripsi produk

Kurangnya dari belanja online yaitu Anda tidak bisa secara langsung melihat kondisi barang yang akan Anda pesan. Sebisa mungkin teliti membaca deskripsi yang sudah di cantumkan seller. Jika kondisi barang yang Anda terima tidak sesuai, maka Anda bisa ajukan keluhan kepada Seller.

  1. Menggunakan pembayaran yang terintegrasi dengan baik

Jika Anda sudah yakin dengan barang yang akan dibeli, maka lakukanlah pembayaran yang telah terintegrasi dengan baik di situs belanja online tersebut. Hindari pembayaran diluar dari situs belanja online.

  1. Simpan bukti transaksi belanja Anda

Jangan sampai lupa menyimpan bukti transaksi serta detail barang yang Anda beli, ya. Apabila barang yang dikirim juga belum sampai, Anda bisa mengkonfirmasi langsung ke seller.

  1. Perhatikan Syarat dan Ketentuan di masing-masing situs belanja online

Umumnya, masing-masing situs belanja memiliki syarat dan ketentuan saat menyediakan layanannya. Pastikan untuk membaca serta memahami sebelum Anda bertransaksi. Patuhilah aturan yang berlaku agar situs tersebut dapat memberikan pelayanan yang maksimal.

  1. Hindari penggunaan wifi public

Pencurian identitas sering terjadi saat Anda melakukan belanja online. Untuk menghindari hal itu, maka sebisa mungkin tidak menggunakan wifi public saat mengakses transaksi online agar data pribadi Anda tidak digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Waspada dengan Social Engineering

Penipuan yang paling marak terjadi saat ini yaitu social engineering. Para pelaku menjerat pada korbanya dengan mengaku sebagai salah satu karyawan situs belanja online dan mengajak korban untuk bertransaksi di luar situs.

Hindari memberikan data rahasia kepada pihak manapun baik berupa PIN, password, kode OTP dan informasi lainnya. Aman belanja online, jadi konsumen yang cerdas berdaya. Selamat berbelanja

Sumber :

idEA. 2019. Trik Anti Rugi Belanja Online

 

Chat Asisten ProSehat aja