Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mengenal Anal Swab Test, Tes Swab pada Dubur yang Sedang Viral di Cina

Selain tes swab melalui hidung dan tenggorokan, rupanya juga ada tes swab melalui lubang pantat atau anal yang dinamakan anal swab atau swab anal. Hal ini ramai dibicarakan karena muncul laporan yang menyatakan bahwa banyak orang di Beijing lebih sering menggunakan metode ini. Para ahli di Cina pun menyebutkan bahwa jenis tes swab ini adalah yang paling akurat untuk mendeteksi virus Covid-19 dan tes ini disarankan untuk meningkatkan tingkat deteksi dan mengurangi proporsi diagnosis yang terlewat.

anal swab test

Baca Juga: Tes Air Liur Covid-19 Dinilai Lebih Akurat dan Murah?

Dilansir dari Kompas.com, metode ini mulai sering digunakan setelah ada anak berusia 9 tahun yang dinyatakan positif terinfeksi varian baru Covid-19 dari Inggris. Namun, sebenarnya, swab anal sudah digunakan sejak 2020, terutama terhadap individu yang berada di zona merah Covid-19 di Cina, seperti Shanghai.

Lalu, Seperti Apakah Swab Anal Tersebut?

Seperti dilansir dari Detikcom, berikut adalah fakta-fakta mengenai salah satu tes anal yang sedang populer di Negeri Tirai Bambu tersebut:

Mengenai Metodenya

Tes ini merupakan salah satu metode untuk mendeteksi virus dengan cara memasukkan alat swab berukuran 3 sampai 5 sentimeter ke dalam rektum atau dubur. Salah satu ahli kesehatan di Cina, Li Tongzeng dari Rumah Sakit You’an menyebutkan bahwa metode ini lebih akurat dalam mendeteksi virus dan dapat menurunkan kemungkinan kesalahan diagnosis.

Baca Juga: Mengenal GeNose dan CePAD, Alat Deteksi Dini Covid-19 Buatan Negeri Sendiri

Mengenai Deteksinya

Penggunaan tes swab anal ini rupanya berdasarkan sebuah penelitian bahwa jejak Covid-19 dapat bertahan lebih lama dalam anus dibandingkan dengan di saluran pernapasan. Metode ini dikatakan dapat membantu meminimalkan risiko kambuh setelah pemulihan. Selain itu, metode ini lebih cepat akurat ketika sekelompok peneliti di Cina menemukan bahwa beberapa pasien Covid-19 mengalami infeksi virus usus yang aktif dan berkepanjangan, dan bahkan saat tidak menunjukkan gejala gastrointestinal. Dari hasil swab terlihat bahwa saat memakai swab anal pasien terkonfirmasi positif, sedangkan hasil swab tenggorokan menunjukkan sebaliknya.

Produk Terkait: Tes Covid-19

Mengenai Kenyamanan

Apakah metode ini aman dan nyaman? Menurut Li Tongzeng dari Rumah Sakit You’an, Beijing, metode ini tidaklah senyaman swab di tenggorokan atau hidung. Oleh karena itu, penggunaan metode ini hanya untuk orang-orang tertentu yang berada di area karantina Covid-19 atau zona merah. Itulah mengapa, meski sudah populer, masih banyak orang di Cina yang menggunakan tes swab biasa.

Tanggapan dari Ahli Kesehatan Indonesia

Tes swab anal yang sedang viral di Cina ini tentu saja mendapat tanggapan dari salah satu ahli kesehatan Indonesia, Ahmad Rusdan Utomo. Dilansir dari CNBC Indonesia, ahli biologi molekuler itu menyatakan tes swab melalui anal atau dubur tidak bisa dijadikan sebagai acuan seseorang terinfeksi Covid-19. Tes ini hanya sebagai pelengkap. Ia juga menilai bahwa tes ini membuat seseorang menjadi malu karena area privasinya dibuka sehingga akan membuat tidak nyaman.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa swab melalui hidung dan mulut lebih ampuh mendeteksi Covid-19 hingga 70% sementara dengan feses kemungkinan hanya separuhnya. Metode swab melalui anal hanya dilakukan pada saat dokter menemukan gejala Covid-19, namun dinyatakan negatif saat PCR swab hidung dan tenggorok. Ahmad menambahkan, virus Covid-19 umumnya dapat ditemui di saluran pernapasan atas, kemudian pernapasan bawah, lanjut ke pencernaan, hingga berakhir ke saluran pembuangan. Di situlah fungsi rektal swab dapat mendeteksi virus.

Baca Juga: Bagaimana Supaya Hasil Tes PCR Swab Negatif?

Itulah mengenai tes swab anal yang sedang viral di Cina untuk mendeteksi Covid-19. Meskipun begitu, masih ada tes swab biasa melalui hidung dan mulut yang juga akurat. Untuk Sahabat Sehat yang ingin deteksi dini dengan PCR swab, Sahabat bisa melakukannya di Prosehat. Sahabat bisa mengakses via website atau aplikasi lalu pilih Layanan Kesehatan dan klik Rapid Test Covid-19. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Dianggap Lebih Akurat Deteksi Covid-19, China Pakai Metode Swab Anal [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 29 January 2021]. Available from: https://www.kompas.com/global/read/2021/01/27/154702670/dianggap-lebih-akurat-deteksi-covid-19-china-pakai-metode-swab-anal
  2. 4 Fakta Anal Swab, Metode Tes COVID-19 yang Lagi Hits di China [Internet]. 2021 [cited 29 January 2021]. Available from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5352245/4-fakta-anal-swab-metode-tes-covid-19-yang-lagi-hits-di-china
  3. China Test Swab Melalui Anal, Ini Respons Ahli RI [Internet]. cnbcindonesia.com. 2021 [cited 29 January 2021]. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210128165502-37-219490/china-test-swab-melalui-anal-ini-respons-ahli-ri

Chat Asisten ProSehat aja