Telp / WhatsApp : 0811-15-12-800

Yuk, Kita Kenali Gejala Leukimia Sejak Dini

Leukemia merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel darah kita. Leukimia menyerang sel darah putih, tapi beberapa jenis leukemia dapat muncul pada jenis sel darah lain. Jenis leukemia banyak, tergantung apakah terjadinya baru (akut) atau sudah lama (kronik) dan mulainya pada sel mieloid atau limfoid.

Gejala leukemia seringkali tidak terlihat oleh mata. Namun, gejala umum yang dapat dirasakan antara lain, demam, kelelahan, sering terkena infeksi, pembesaran kelenjar getah bening, hati atau limpa, berat badan yang tiba-tiba menurun, mimisan yang berulang, mudah memar/berdarah, nyeri pada tulang dan keringat berlebihan.

Baca Juga: 10 Tanya Jawab Seputar Leukemia

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya leukemia pada seseorang antara lain:

  1. Riwayat keluarga menderita leukemia
  2. Merokok
  3. Terpapar bahan kimia seperti benzene yang sering ditemukan pada industri kimia dan bahan bakar mobil.
  4. Kelainan genetik
  5. Riwayat terapi kanker sebelumnya.

Beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mendiagnosa penyakit ini antara lain dengan pemeriksaan darah, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan sum-sum tulang belakang. Pada pemeriksaan darah ditemukan peningkatan sel darah putih yang sangat tinggi diikuti dengan penurunan sel darah merah dan trombosit.

Mengapa kanker darah ini seringkali lambat terdeteksi?Hal ini karena gejala yang dialami tidak terlalu kelihatan dan gejalanya tidak spesifik. Belum lagi terkadang kita tidak terlalu memperhatikan kesehatan diri dan melewati jadwal Medical Check Up tiap tahunnya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Leukemia Pada Anak

Lalu, bila sudah terkena leukemia apakah bisa sembuh?Kesembuhan penderita leukemia tergantung beberapa faktor antara lain stadium saat pertama kali didiagnosa, usia penderita, dan terapi yang memadai. Jadi, bukan tergantung dari berapa lama penyakit leukimia sudah diderita pasien. Hal ini karena penderita leukemia yang sudah sembuh pun masih harus check up rutin, karena masih ada kemungkinan kambuh kembali.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. cancer.org/cancer/leukemia.html
  2. mayoclinic.org/diseases-conditions/leukemia/symptoms-causes/syc-20374373
  3. tanyadok.com/artikel-konsultasi/penyakit-leukemia-bisakah-sembuh

Chat Asisten ProSehat aja