Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Waspada ! Jumlah Nakes Terinfeksi Covid-19 Meningkat

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

kisah para nakes menghadapi Covid-19

Sahabat Sehat, baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan kabar jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 meningkat.  Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus hingga 3 Juni 2021, tercatat total tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 meningkat hingga 358 orang.  Sementara itu Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, Agus Sugianto Zain mengungkapkan pelayanan RSUD Syamrabu Bangkalan direncanakan ditutup pasca dua orang tenaga kesehatan meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Penyebab Nakes Terpapar Covid-19

Diperkirakan para tenaga kesehatan yang menderita Covid-19 tertular saat kontak langsung melayani masyarakat, ditambah dengan kondisi fisik yang kurang prima. Demikian diungkap oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Kudus, M. Nasiban.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan Madura,Agus Sugianto Zein menduga meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan akibat kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada libur lebaran 2021. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur telah mengambil sampel penderita Covid-19 dengan hasil pemeriksaan Cycle Threshold (CT) di bawah 30 % untuk dikirimkan ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan guna dilakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mengetahui apakah pasien Covid-19 juga membawa varian mutasi virus SARS-CoV-2 yang saat ini mulai bermunculan di Indonesia. 

Produk Terkait : Layanan Perawat

Tips Mencegah Terinfeksi Covid-19

Sahabat Sehat, meski pandemi Covid-19 telah berlangsung selama lebih dari 1 tahun, sebaiknya tetap menerapkan protokol 5M yaitu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi mobilisasi.

Selain itu, Sahabat Sehat dapat menerapkan beberapa tips berikut dirumah untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi Covid-19 yaitu :

  • Mengelola stress dengan baik.

Dokter spesialis penyakit dalam asal Beaumont, Amerika Serikat, dr.Mateo Valenti mengungkapkan bahwa mengelola stress dengan baik merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sahabat Sehat sebaiknya melakukan olahraga, meditasi, maupun beribadah untuk menjernihkan pikiran.

  • Istirahat yang cukup

Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu istirahat sekitar 7-8 jam sehari, sementara anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Dengan beristirahat yang cukup, Sahabat Sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi kuman dan virus.

  • Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

  • Olahraga rutin

Sahabat Sehat sebaiknya melakukan aktivitas fisik selama 30 hingga 60 menit per hari untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Selain itu, dr Wendy Miller dari Beaumont Weight Control Center menyarankan agar membatasi makanan olahan seperti kerupuk, keripik, roti dan permen, serta makanan yang digoreng. Sahabat Sehat dapat memperbanyak asupan makanan rendah lemak, sayur dan buah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Minum air putih yang cukup

Asupan air putih yang cukup dapat menjaga hidrasi tubuh sehingga mencegah kekurangan cairan. Sahabat Sehat disarankan minum air putih minimal 2 L per hari atau setara dengan 8 gelas air per hari.

Baca Juga : Panduan Nutrisi untuk Mencegah Virus Corona

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai peningkatan kasus Covid-19 yang dialami tenaga kesehatan di Indonesia serta tips mencegah Covid-19. Jika Sahabat Sehat ingin melakukan pemeriksaan Covid-19, segera manfaatkan layanan Prosehat.  Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  •         Produk dijamin asli
  •         Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  •         Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  •         Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  •         Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  •         Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Produk Terkait : Panggil Dokter Homecare

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Nugroho P. Nakes Terpapar Covid-19 di Kudus Terus Bertambah, Diduga karena Kelelahan [Internet]. Indonesia : Kompas. 2021 [updated 2021 Juni 04; cited 2021 Juni 07]. Available from:https://regional.kompas.com/read/2021/06/04/175505878/nakes-terpapar-covid-19-di-kudus-terus-bertambah-diduga-karena-kelelahan?page=all.
  2. CNN Indonesia. Lonjakan Covid-19 di Bangkalan Diduga Imbas Kedatangan TKI [Internet]. Indonesia : CNN Indonesia. 2021 [updated 2021 Juni 07; cited 2021 Juni 07]. Available from : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210607095345-20-651082/lonjakan-covid-19-di-bangkalan-diduga-imbas-kedatangan-tki
  3. Anindita K. 6 Tips Jaga Kondisi di Tengah Pandemi Agar Tak Tertular COVID-19 [Internet]. Indonesia : DetikHealth. Available from : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5339402/6-tips-jaga-kondisi-di-tengah-pandemi-agar-tak-tertular-covid-19 

Chat Asisten ProSehat aja