Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Waspada 5 Jenis Makanan Ini yang Membuat Jerawat Meradang

Jerawat merupakan momok yang paling menakutkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? jerawat merupakan faktor utama yang menganggu wajah sehingga terlihat tidak cantik dan mempesona lagi. Banyak orang yang tidak percaya diri akibat jerawat yang membandel apa lagi meradang. Banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat pada wajah mereka. Tidak menjaga kebersihan kulit wajah dan makan makanan yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat.

Sebelum kita membahas tentang makanan yang menyebabkan jerawat, mari kita bahas hal yang menyebabkan jerawat meradang.

Beberapa hal yang membuat jerawat meradang:

• Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri seringkali membuat jerawat meradang. Cara mengatasi agar tidak terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat salah satunya dengan menempelkan handuk hangat atau kain yang sudah di rendam air hangat kemudian tempelkan pada wajah agar pori-pori terbuka. Hal itu menjadi sangat penting karena minyak dari wajah akan keluar.

• Pemakaian kosmetik

Pemakaian kosmetik yang tidak cocok untuk wajah dapat menimbulkan peradangan pada jerawat. Hal ini disebabkan karena zat kimia yang terdapat pada kosmetik tersebut dapat memicu timbulnya reaksi sehingga menyebabkan jerawat meradang.

• Mencuci muka terlalu sering

Jangan sering mencuci muka terlalu sering, kebiasaan ini akan berdampak pada kulit yang akan menjadi kering dan meradangnya jerawat. Pemilihan sabun pencuci muka juga harus hati-hati dan bila perlu harus sesuai dengan rekomendasi dokter.

• Makan makanan instan

Makan makanan tidak sehat seperti mie instan dan makanan cepat saji juga dapat berpengaruh pada jerawat kamu.

• Memencet jerawat

Memencet jerawat juga akan membuat jerawat meradang. Apalagi dengan kondisi tangan yang tidak bersih akibat kotor. Bakteri juga bisa masuk dan mengakibakan peradangan

5 Jenis Makanan Yang Membuat Jerawat Meradang:

1. Jenis Kacang-kacangan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan membuat jerawat meradang. Meski terkadang ada faktor lain yang mempengaruhi seseorang berjerawat karena makan sejenis kacang-kacangan. Dalam kacang terdapat protein yang mengandung enzim. Enzim tersebut dibutuhkan oleh kulit, darah, dan membentuk otot. Lalu, kacang juga mengandung lemak yang menyebabkan jerawat meradang kurangilah konsumsi kacang- kacangan secara berlebihan.

2. Susu dan Keju

Susu memang baik untuk dikonsumi anak dalam masa pertumbuhan, tapi tidak bagi kita yang sudah dewasa. Susu sama dengan kacang mengandung banyak vitamin dan protein serta mineral bagi tubuh. Mengonsumsi susu memang dapat menyebabkan jerawat, tetapi susu juga mengandung lemak. Keju juga dapat menyebabkan jerawat yang terdapat di wajah kita karena terbuat dari susu yang mengandung lemak berlebihan.

3. Goreng-Gorengan

Gorengan merupakan makanan berminyak yang menjadi favorit bagi sebagian orang. Gorengan juga memiliki kandungan lemak berlebih yang dapat menimbulkan produksi minyak yang berlebihan pada tubuh, salah satunya kulit wajah. Makan gorengan secara berlebihan akan membuat wajah menjadi berminyak dan berkeringat. Produksi minyak berlebih pada wajah akan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit dengan kotoran. Oleh karena itu, kita perlu menghindari memakan goreng secara berlebihan.

4. Makanan Junk Food/Cepat Saji

Mie instan adalah makanan cepat saji yang harus di hindari. Mie instant merupakan makanan yang dapat menyebabkan jerawat meradang. Dalam mie instant terdapat kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi, dan adanya bahan pengawet yang sangat sulit di cerna oleh tubuh. Penumpukan lemak akan menjadi pemicu munculnya jerawat di wajah kita.

5. Coklat dan Ice Cream

Siapa yang tidak menyukai coklat dan es krim? Banyak orang yang suka dua makanan tersebut, karena kedua makanan tersebut mengandung gula yang berlebih. Padahal, kedua makanan tersebut juga mengandung susu yang berlemak dan dapat menyebabkan jerawat meradang.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat beberapa pengaruh, salah satunya makanan yang kita makan. Makanan sehat berupa sayuran dan buah juga dapat membantu menyingkirkan jerawat dan tidak berakibat pada peradangan. Mualailah untuk hidup sehat.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja