Telp / SMS / WhatsApp : 0857-75-500-800

Wanita Menikah Wajib Lakukan Pap Smear?

848x337

Untuk Sahabat yang telah menikah atau aktif secara seksual. Sebaiknya mulailah agendakan kegiatan pap smear secara rutin untuk menghindari Kanker Serviks. Memang wajib melakukan Pap Smear? Pap Smear berguna untuk mendeteksi kanker serviks secara dini yang terjadi pada leher rahim yang merupakan bagian terendah dari rahim yang menonjol ke puncak liang senggama (vagina).

Kanker serviks menjadi kanker yang menempati peringkat pertama di Indonesia. Sebagian besar 95% kasus kanker serviks disebabkan infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV) positif. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui adanya gambaran gejala HPV ataupun sel karsinoma penyebab kanker leher rahim pada serviks. Pap Smear sendiri merupakan suatu pemeriksaan pada leher rahim (serviks) dengan menggunakan alat yang dinamakan spekulum dan dapat dilakukan oleh bidan ataupun ahli kandungan.

Untuk mengetahui keganasan kanker serviks atau prakanker maka diperlukan tes pap smear pemeriksaan sitologi dari serviks dan porsio untuk melihat adanya perubahan atau keganasan pada epitel serviks atau porsio (displasia), sel-sel yang diambil dari leher rahim kemudian diperiksa di bawah mikroskop. . Pap smear pertama kali diperkenalkan tahun 1928 oleh Dr. George Papanicolou dan Dr. Aurel Babel, namun mulai populer sejak tahun 1943.

Tes Pap Smear terbilang aman dan murah, telah dilakukan bertahun-tahun untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim Pemeriksaan ini mudah dikerjakan, cepat, dan tidak sakit, serta bisa dilakukan setiap saat, kecuali pada saat haid. Jadi manfaat Pap Smear apa saja sih? Berikut beberapa manfaat dari Pap Smear dari Manuaba (2005):

1. Diagnosis Dini Keganasan
Pap Smear berguna untuk mendeteksi dini kanker serviks, kanker korpus endometrium, keganasan tuba fallopi, dan juga keganasan ovarium.

2. Perawatan Lanjutan Dari Keganasan
Pap smear berguna sebagai perawatan lanjutan pasca operasi ataupun setelah mendapat kemoterapi dan radiasi.

3. Interpretasi Hormonal Pada Wanita
Tes Pap smear bertujuan untuk mengikuti siklus menstruasi dengan ovulasi atau tanpa ovulasi, menentukan maturitas kehamilan, dan juga menentukan kemungkunan keguguran pada hamil muda.

4. Menentukan Proses Peradangan
Tes Pap smear berguna untuk menentukan proses peradangan pada berbagai infeksi bakteri dan jamur pada leher rahim.
Lalu siapa saja yang diharuskan melakukan pemeriksaan pap smear ini? The American Cancer Society merekomendasikan untuk semua wanita untuk sebaiknya melakukan skrining 3 tahun setelah pertama kali aktif secara seksual dan pap smear dilakukan setiap tahunnya. Untuk wanita berusia 30 tahun atau lebih atau lebih dengan hasil tes Pap smear yang normal sebanyak tiga kali, maka dapat melakukan tes kembali setiap 2-3 tahun, terkecuali untuk wanita dengan risiko tinggi harus melakukan tes setiap tahunnya.

Namun lain hal untuk wanita yang mendapat tindakan operasi pengangkatan rahim, maka tidak dianjurkan untuk melakukan tes Pap Smear lagi. Sedangkan untuk wanita yang menjalani histerektomi tanpa pengangkatan serviks tetap memperlukan tes Pap smear atau skrining lainnya sesuai rekomendasi di atas.

Juga beberapa pendapat dari The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan The U.S. Preventive Services Task Force (USPSTF) Pap Smear direkomendasikan kepada wanita pada usia 21 tahun.

Selain melakukan Tes Pap Smear, Sahabat perlu mengantisipasi kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV yang merupakan cara pencegahan primer terhadap kanker yang disebabkan oleh infeksi virus HPV dengan menstimulasi tubuh untuk membentuk antibodi untuk melawan HPV. Vaksinasi ini dapat diberikan pada wanita maupun pria.

Untuk melakukan vaksinasi HPV bisa Sahabat dapatkan di Prosehat dengan proses pemesanan yang mudah dan di tangani oleh dokter yang berpengalaman. Selain itu vaksinasi HPV bisa Sahabat lakukan dirumah, jadi nggak perlu keluar rumah untuk vaksin. Wanita Aktif pilih yang terbaik untuk kesehatan jadi jangan ditunda lagi ya dan kamu juga bisa mengunjungi link berikut jika tertarik dan ingin tau tarif vaksin HPV  https://www.prosehat.com/vaksinasihpv

Sumber : tanyadok.com

Produk Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked