Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Vitamin U: Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Dosis Pakai

Selama ini kita hanya mengenal vitamin A, B, C, D, E, dan K yang memiliki fungsi masing-masing untuk kesehatan, seperti vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin C untuk imunitas tubuh, dan D untuk penguatan tulang dan juga untuk menghindari osteoporosis. Namun, tahukah Sobat bahwa ada vitamin lain yang jarang kita akrab dengan namanya. Namanya adalah vitamin U. Nah, bagaimana manfaat dan kegunaannya? Berikut ini kami sajikan mengenai vitamin U.

vitamin u

Baca Juga: Vitamin C, Wajibkah Dikonsumsi Agar Tidak Terserang Corona?

Pengertian

Vitamin U adalah istilah yang diperkenalkan pada awal 1950-an untuk mengidentifikasi senyawa dalam jus kubis. Vitamin ini sebenarnya bukanlah vitamin, melainkan turunan dari asam amino metionin, dan terdapat 3 turunan metionin di dalamnya, yaitu S-metilmetionin atau SMM, metilmetionin sulfonium atau SMM dan 3-amino-3-karboproksil dimetilsulfonium. Adalah dr. Garnett Cheney yang menemukan vitamin tersebut.

Tidak seperti vitamin-vitamin lainnya yang hanya tersedia dalam suplemen, Vitamin U juga dapat ditemukan secara alami dalam berbagai makanan terutama sayuran silangan seperti kubis, brokoli, kubis Brussel, dan kangkung. Vitamin ini juga terkadang ditemukan dalam krim, serum, masker wajah, dan produk-produk kecantikan lainnya oleh perusahaan kosmetik.

Produk Terkait: Jual Suplemen, Vitamin, dan Multivitamin Lengkap

Manfaat

Vitamin ini memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan tukak lambung pada perut tanpa komplikasi, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol dan mempercepat penyembuhan luka. Waktu penyembuhan untuk pasien yang menderita penyakit seperti  ulkus duodenum adalah 10,4 hari dan tukak lambung hanya 7,3 hari setelah mengonsumsi vitamin U. Waktu penyembuhan ini lebih cepat jika hanya menggunakan terapi pengobatan standar. Selain untuk masalah perut, Vitamin U juga mempunyai manfaat lain, yaitu:

Dapat melindungi paru-paru, hati, dan ginjal

Fungsi lain vitamin ini ternyata dapat melindung organ-organ vital dalam tubuh seperti paru-paru, hati, dan ginjal dari kerusakan. Bukti nyata ini terlihat pada sebuah penelitian yang menggunakan hewan. Vitamin U dalam penelitian tersebut mampu mengurangi kerusakan hati yang disebabkan oleh asam valproate. Penelitian lain juga membuktikan tikus yang diberikan Vitamin U hanya mengalami kerusakan ginjal yang minimal daripada yang tidak diberi sama sekali. Vitamin ini juga dapat mengurangi kerusakan paru akibat serangan epilepsi.

Dapat menurunkan kadar kolestrol dan trigliserida

Buat Sobat Sehat yang sedang mengalami masalah kolestrol dapat juga menjadikan Vitamin U sebagai alternatif meskipun untuk hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Sebuah penelitian dasar menyebutkan bahwa Vitamin U dapat mencegah pembentukan sel lemak dan mengurangi kadar trigliserida.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Memicu Kolestrol

Dapat membantu menyembuhkan luka dan melindungi kulit

Manfaat lainnya Vitamin U memberikan  perlindungan terhadap sinar ultraviolet serta mampu mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian mencatat bahwa mengoleskan langsung vitamin ini ke luka dapat mempercepat penutupannya. Selain, vitamin ini disebut juga mampu melindungi luka bakar dan kerusaka lain yang disebabkan oleh sinar UV. Sehingga, wajar bila banyak produk kosmetik mempunyai kandungan Vitamin U di dalamnya.

Efek Samping

Selain mempunyai banyak manfaat, ternyata Vitamin U juga mempunyai efek samping yang tidak boleh Sobat lewatkan untuk diketahui. Efek samping itu antara lain menyebabkan iritasi pada mata, kulit, dan paru-paru jika bersentuhan langsung. Supaya terhindar dari hal tersebut sebaiknya Sobat mengonsumsi saja langsung vitamin dari makanan utuh seperti kubis, brokoli, dan kangkung daripada mengonsumsi dalam bentuk suplemen yang memang dapat menimbulkan efek samping.

Dosis Pakai

Mengenai dosis pemakaian sejauh ini belum ada penetapan sama sekali. Namun berdasarkan penelitian sebelumnya, dianjurkan untuk mengonsumsi Vitamin U sebanyak 1,5 gram selama 8 minggu. Meski begitu penelitian ini belum begitu valid sehingga diperlukan penelitian lanjutan.

Baca Juga: Benarkah Vitamin C dan E Tingkatkan Antibodi untuk Cegah Corona?

Itulah mengenai Vitamin U yang perlu Sobat ketahui sebagai salah satu vitamin yang mempunyai manfaat cukup banyak bagi kesehatan meskipun dalam beberapa hal masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mencari sejauh mana efektivitasnya bagi tubuh. Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai vitamin dan produk-produk kesehatan yang berkaitan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Vitamin U: Benefits, Side Effects, Foods, and More [Internet]. Healthline. 2020 [cited 9 November 2020]. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-u

Chat Asisten ProSehat aja