Telp / SMS / WhatsApp : 0857-75-500-800

Tumbuh Kembang Anak 7 – 12 Bulan

Dr. Oktatika Pratiwi – Penilaian tumbuh kembang anak penting dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah anak bertumbuh dan berkembang secara optimal atau tidak. Seringkali orangtua tidak menyadari ketika anak mengalami keterlambatan perkembangan. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui tahapan tumbuh kembang anak. Anak yang sehat akan menunjukkan tumbuh kembang yang optimal apabila diberikan stimulasi yang adekuat.

tumbang-anak

Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan dalam menilai tumbuh kembang anak. Namun hal yang penting diingat sebagai orang tua adalah membedakan antara apa itu pertumbuhan dan apa itu perkembangan. Pertumbuhan lebih mengarah kepada perubahan fisik dari sang anak, sedangkan perkembangan mengarah kepada kemampuan dan keterampilan yang bisa dilakukan sang anak.

Menilai pertumbuhan fisik sang Anak

Hal yang pertama kali dilakukan adalah menilau bagaimana pertumbuhan fisik dari sang Anak, dimana parameter yang dinilai adalah :

  • Tinggi badan
  • Berat badan
  • Lingkar kepala
  • Lingkar dada
  • Lipatan kulit
  • Lingkar lengan atas
  • Panjang lengan (arm span), dan panjang tungkai.

Adapun alat untuk yang digunakan untuk  pengukuran tersebut kemudian dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan berbagai kriteria dan kurva standar.

Menilai perkembangan sang Anak

Perkembangan anak mengacu pada kemampuan anak untuk melakukan hal-hal tertentu sesuai dengan pertambahan usia mereka. Penilaian perkembangan anak dapat diukur dengan skala perkembangan Milestone. Skala Milestone digunakan untuk mengukur perkembangan keterampilan fisik atau perilaku pada bayi dan anak seiring tumbuh kembang mereka. Dari skala milestone ini, kita sebagai orang tua bisa menilai dan menyesuaikan anak umur berapa, sudah mempunyai keterampilan apa saja. Dari sini kita bisa menilai apakah anak ada keterlambatan atau masalah pada perkembangannya.

Berikut ini adalah ulasan perkembangan bayi usia 7 – 12 bulan menurut Milestone:

Usia bayi Keterampilan yang dapat dilakukan
7 bulan Duduk tanpa dibantu

berguling

Menggapai benda-benda disekitarnya dengan gerakan menyapu

bersuara tanpa arti (babbling)

8 bulan Mengucap “dada” dan “mama”, menirukan suara

Mulai merangkak

Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain

Mengambil objek menggunakan jempol dan jari telunjuk

9 bulan Mengucap kata dengan menggabungkan suku kata

Berdiri dengan berpegangan

Menaruh, melempar benda

10 bulan Melambaikan tangan

Mengambil benda dengan menggenggam

Merangkak

Mengamati

11 bulan Mengenal anggota keluarga, takut orang asing

Bermain cilukba atau permainan sosial lainnya

Berdiri sendiri dalam beberapa detik

Merespon suara

12 bulan Meniru aktivitas orang lain

Mengucapkan kata-kata

Mengungkapkan keinginan dengan Bahasa tubuh

 

Apa yang harus dilakukan untuk mencapai tumbuh kembang anak yang optimal

Pada anak, bermain dan belajar merupakan aktifitas yang tidak terpisahkan. Untuk menstimulasi dan mendukung tumbuh-kembang anak secara optimal, selain gizi yang seimbang, hal-hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan lingkungan yang aman untuk anak

Tempatkan benda-benda, mainan yang aman bagi anak. Hindari benda yang beracun dan yang berpotensi membahayakan, benda tajam, serta sumber listrik. Area bermain anak disertai dengan pembatas yang aman

  1. Berkomunikasi dengan anak

Bicaralah kepada anak anda, gunakan intonasi dan ekspresi wajah yang sesuai, dan perhatikan respon nya, meskipun kata-kata yang diucapkan anak tidak jelas, hal ini dapat menstimulasi kemampuan anak untuk berkomunikasi. Berikan juga pertanyaan-pertanyaan yang tidak hanya terbatas pada jawaban ya/tidak. Lakukan komunikasi yang interaktif.

  1. Ajak anak bermain

Permainan yang dapat dimainkan seperti cilukba, merangkak, serta beragam aktifitas dan permainan yang mengasah imajinasi dan kreativitas anak, misalnya permainan susun-menyusun. Lakukan aktivitas dengan repetisi (pengulangan) sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan menstimulasi perkembangan sel otak anak.

  1. Berikan benda-benda yang dapat menciptakan rasa nyaman pada anak

Seperti selimut, boneka, dan sebagainya, yang membantu membuat anak merasa nyaman dan tenang, selain tentunya hal yang tidak kalah penting adalah kontak anak dengan orangtua (menggendong, menimang).

  1. Musik juga membantu menstimulasi perkembangan anak

Berikan musik yang sederhana dan menenangkan, lagu anak-anak, atau dapat juga musik klasik

  1. Berikan pujian pada anak

saat ia melakukan hal yang benar, jika anak berperilaku salah atau membahayakan, katakan hal tersebut tidak benar serta jelaskan  alasannya dengan tenang.

 Kapan kita harus berkonsultasi ke dokter untuk gangguan tumbuh kembang anak?

Beberapa anak dapat mengalami tahapan perkembangan yang lebih cepat dibanding anak seusianya. Namun, sebagian lainnya dapat mengalami gangguan perkembangan. Sekitar 5 – 10% anak diperkirakan mengalami keterlambatan perkembangan. Sekitar 1 – 3% anak dibawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan umum (dua atau lebih ranah perkembangan).

Segera konsultasikan anak kepada dokter apabila terdapat gangguan perkembangan sebagai berikut:

Pada usia 7 – 9 bulan:

  • Tidak dapat berguling atau duduk
  • Tidak dapat meraih benda atau menaruh benda ke dalam mulutnya
  • Tidak merespon terhadap suara atau visual
  • Tidak mengoceh, tidak dapat menirukan suara

Pada usia 10 – 12 bulan:

  • Tidak dapat merangkak atau jatuh ke satu sisi secara konsisten saat merangkak
  • Tidak dapat berdiri tanpa dibantu
  • Tidak ada bahasa tubuh, seperti mengangguk atau menggerakkan kepala
  • Tidak mengucap kata, misalnya “mama” atau “dada”
  • Tidak peduli dengan sekitarnya
  • Tidak tertarik melakukan kontak mata

Semakin dini masalah perkembangan anak terdeteksi, semakin cepat tertangani sehingga diharapkan membawa hasil yang baik. Dengan demikian, dapat dilakukan target pencapaian dalam upaya mengejar keterlambatan perkembangannya.

Referensi:

  1. babies P. Baby milestone chart: seven to 12 months [Internet]. BabyCentre. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: http://www.babycentre.co.uk/a6477/baby-milestone-chart-seven-to-12-months
  2. growth Y. Baby growth spurts [Internet]. BabyCentre. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: http://www.babycentre.co.uk/a25012757/baby-growth-spurts
  3. Infant development: Milestones from 7 to 9 months – Mayo Clinic [Internet]. Mayo Clinic. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20047086
  4. Infant development: Milestones from 10 to 12 months – Mayo Clinic [Internet]. Mayo Clinic. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20047380
  5. record D. Developmental milestones record: MedlinePlus Medical Encyclopedia [Internet]. Medlineplus.gov. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: https://medlineplus.gov/ency/article/002002.htm
  6. Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak [Internet]. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak
  7. [Internet]. 2017 [cited 27 March 2017]. Available from: https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/pdf/parents_pdfs/trackchildsdevmilestoneseng.pdf