Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ini Dia 8 Tips Mudik Lebaran Bebas Stres

Lebaran di depan mata! Tips mudik lebaran ini mungkin berguna untuk melengkapi rencana yang sudah Anda persiapkan. Apakah Anda sekeluarga akan melakukan perjalanan panjang ke kampung halaman? Jika iya, perjalanan tahunan ini pastinya akan menjadi rutinitas yang menggembirakan sekaligus melelahkan. Perjalanan mungkin memakan waktu hingga berhari-hari, sakit kepala karena kemacetan dan tempat ramai mungkin terjadi, tetapi Anda sebaiknya tidak ‘tumbang’.

 

Bagaimana caranya agar badan tetap fit selama mudik lebaran? Simak 8 tips mudik lebaran bebas stres ini:

  1.  Siapkan barang-barang yang akan dibawa dalam satu tempat sehingga tidak ada yang tertinggal dan mudah dibawa.

Barang-barang yang berserakan dan tidak ditata dengan rapi akan membuat persiapan perjalanan mudik Anda merepotkan. Jadi jauh hari sebelum memulai perjalanan, ringkas di dalam satu tempat. Lebih baik lagi bila menyiapkan catatan barang yang akan dibawa sehingga ketika pulang Anda bisa mengecek kembali dan tidak ada yang tertinggal.

 

  1.  Apakah sudah cek ‘kesehatan’ mobil Anda? Atau sudahkah Anda siapkan tiket perjalanan?

Anda pastinya tidak mau direpotkan oleh mobil yang rewel ketika dalam perjalanan. Selalu persiapkan ‘kesehatan’ mobil Anda dengan membawanya ke bengkel untuk diperiksa secara menyeluruh.

 

  1.  Bila Anda melakukan perjalanan selama masih berpuasa, jangan lupa membawa bekal makanan

Sudah tidak sabar untuk bertemu keluarga besar di kampung halaman, akhirnya Anda memutuskan melakukan perjalanan saat masih berpuasa. Bila Anda masih ingin berpuasa selama perjalanan, maka sebaiknya Anda mengisi mobil dengan makanan minuman ringan untuk berjaga-jaga bila ternyata tidak ada rumah makan di sekitar.

 

  1.  Pastikan juga Anda sudah menyiapkan budget khusus untuk perjalanan panjang menuju kampung halaman ini

Perjalanan panjang mudik lebaran ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebaiknya Anda mendaftar biaya apa saja yang perlu dikeluarkan dan lebihkan sedikit untuk kebutuhan yang tak terduga. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam membelanjakan uang Anda saat berlebaran ya Rekan sehat!

 

  1.  Jangan lupakan kesehatan Anda dan keluarga

Cek kesehatan sebelum perjalanan bila perlu, terutama bila Anda atau anggota keluarga memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi. Pastikan obat rutin Anda masih cukup selama Anda melakukan perjalanan. Namun untuk berjaga-jaga, Anda dapat install aplikasi ProSehat atau simpan nomor ini 0811-18-16-800, sehingga Anda tidak perlu repot karena kami mengantar ke seluruh Indonesia. Kami juga menyediakan obat-obatan P3K, alat kesehatan ataupun suplemen untuk perjalanan Anda.

 

  1.  Perhatikan hal berikut bila Anda sering mual selama perjalanan
  • Ketahui apa yang menjadi pencetus mual Anda, biasanya berasal dari bau parfum mobil, mata lelah, pusing, kondisi jalan
  • Jangan melakukan hal yang membuat Anda tidak nyaman seperti duduk terlalu tegak atau membaca selama perjalanan
  • Bawa makanan atau minuman yang bisa mencegah rasa mual timbul kembali
  • Untuk berjaga-jaga sebaiknya siapkan obat anti mual

 

  1.  Bila Anda sedang hamil atau berpergian bersama anggota keluarga yang hamil, perhatikan hal berikut
  • Ikuti rute perjalanan yang sudah Anda ketahui sebelumnya tidak ada perbaikan atau jalan berlubang supaya mengurangi kontraksi pada perut ibu hamil
  • Untuk yang berpergian dengan pesawat, mintakan surat keterangan boleh terbang dari dokter berjaga-jaga bila ditanyakan oleh pihak maskapai
  • Siapkan compression stocking untuk perjalanan jarak jauh untuk hindari varises
  • Pastikan suplemen kehamilan tidak tertinggal karena vitamin yang terkandung di dalamnya dapat menguatkan kehamilan dan menjaga stamina ibu

 

  1.  Membawa si kecil? Jangan lupakan nutrisi dan kesehatannya selama perjalanan

Siapkan buah-buahan atau vitamin anak tidak mudah sakit dan tetap ceria bermain bersama sepupunya di kampung halaman.

 

Anda membutuhkan bantuan dokter untuk tanya jawab selama perjalanan mudik lebaran ini? Install Aplikasi ProSehat sekarang juga. Selain itu, kami tetap membuka layanan selama hari lebaran dan siap mengantarkan pesanan produk kesehatan Anda ke seluruh Indonesia.

 

Referensi:

  1. https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/checklist-agar-mudik-anda-sukses
  2. https://www.tanyadok.com/berita/tips-mudik-aman-selama-hamil
  3. https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/16-tips-agar-mudik-tidak-mabuk

Chat Dokter 24 Jam