Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

5 Tips Menjadi Mahasiswa Yang Sukses

Nggak terasa sedikit lagi menjadi mahasiswa di salah satu kampus di Indonesia. Sudah menyiapkan beberapa hal agar bisa menjadi mahasiswa yang sukses dan lulus tepat waktu? Agar kalian bisa menggunaan waktu dengan sebaik dan semaksimal mungkin maka terdapat beberapa tips menjadi mahasiswa yang sukses. Mau tahu apa saja? Yuk kita cek langsung

5 Tips Mahasiswa yang Sukses

  1.  Jangan Sering Bolos Kuliah

Hal ini nih yang sering dilakukan beberapa mahasiswa, bolos kuliah karena males dengan pelajarannya hingga dosennya. Duh, jangan dong.. karena setiap kalian bolos kuliah, maka beberapa meteri yang kalian lewatkan. Beberapa dosen banyak juga loh menentukan nilai kita dari kuis-kuis di setiap minggunya. Jangan lupa untuk mencatat materi kuliahnya secara rapih, agar mudah kalian baca kembali.

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan untuk Anak Kos

  1.  Aktif dalam Organisasi Kampus

Kuliah saja sudah repot, apalagi organisasi. Yuk, rubah mainset kalian karena organinasi kampus bisa bantu kalian dalam berorganisasi serta membuat kalian dapat  mengatur jadwal kampus dan organinsasi. Karena jadwal ini berbeda loh dengan masa-masa SMA yang biasanya udah terstruktur sedangkan saat kuliah kalian harus pintar-pintar berbagi waktunya.

  1.  Mulai Mencari Teman Baru

Pada sebuah penelitian dari Kevin Eagan, asisten profesor di UCLA “Faktanya siswa menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan memiliki sedikit waktu bersosialisasi. Mereka tidak memiliki cara untuk melepaskan sebagian dari stres itu dan dapat menggangu kesehatan mental.”  Nah, maka dari itu  cari teman baru sebanyak mungkin yang dapat mendukung keberhasilan Anda selama kuliah.

  1.  Tentukan Mata Kuliah yang Sesuai

Pilihlah mata kuliah yang sesuai dengan minat kalian dan jangan asal memilih. Jika kalian asal karena ikut teman dan menemui kesulitan pada mata kuliah tersebut maka kemungkinan besar kalian akan sering bolos kuliah. Jangan langsung Kalian tentukan jurusan pada awal kuliah dan cobalah untuk berkonsultasi pada pembimbing Anda.

  1.  Menjaga Kesehatan Anda

Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang penting agar kalian nggak gampang bolos kuliah. Caranya cukup mudah loh, konsumsi makanan berserat, rajin mengkonsumsi air mineral 8 gelas per hari, memperbanyak olahraga serta jaga kesehatan intim kalian agar tidak terjadi kanker serviks.

Kenapa dengan Kanker serviks? Kanker serviks menjadi salah satu kanker penyebab kematian keempat pada wanita di dunia. Pada tahun 2013 sendiri hamper 100.000 perempuan terdiagnosa kanker serviks dan 528.000 kasus baru  di dunia setiap tahunnya. Kanker Serviks atau biasa disebut dengan kanker leher ramin yaitu infeksi yang terjadi pada daerah leher rahim pada bagian bawah sempit bawah antara vagina dan rahim yang disebabkan dari virus HPV (Human Papiloma Virus).

Baca Juga: 3 Tipe Investasi Untuk Mahasiswa

Kanker serviks bukanlah penyakit keturunan karena dengan gaya hidup dapat mempengaruhi terjadinya kanker serviks. Beberapa faktor seperti berganti-ganti pasangan seksual, mengkonsumsi rokok, terjadi infeksi kelamin akibat dari hubungan seksualhingga melakukan hubungan seksual sebelum usia 18 tahun. Pada kanker serviks ini tidak menimbulkan gejala awal namun akan terlihat setelah mencapai stadium lanjut. Untuk pencegahannya sendiri agar kalian dapat terhindar dari kanker serviks menggunakan dengan cara vaksinasi HPV.

Vaksinasi HPV merupakan salah satu pencegahan secara primer terhadap kanker serviks yang membantu dalam pembentukan antibodi. Perlu nggak sih untuk kita? Padahal kita masih muda.

Girls, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rentang waktu sejak melakukan hubungan seksual hingga usia 15-20 tahun yang merupakan periode insidensi dan prevalensi infeksi virus penyebab kanker serviks.

FDA, The Advisory Committee on Immunzation Practice (ACIP) serta Centre for diagnosis Control Prevention (CDC) merekomendasikan pemberian vaksin HPV paling ideal dilakukan pada perempuan sebelum aktif hubungan seksual mulai dari 9 tahun. Karena kadar antibody HPV 16 dan 18 lebih tinggi dibandingkan usia dewasa lainnya.

Jadi untuk apa lagi sih ragu melakukan vaksinasi HPV, lidungi dirimu dan perempuan di sekitar kalian dengna melakukan vaksinasi HPV sebagai upaya pencegahan terhadap kanker serviks. Untuk melakukan vaksinasi HPV di ProSehat saja. Berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan, jadwal vaksinasi yang fleksibel, vaksinasi bisa dilakukan dirumah dan juga kalian bebas konsultasi dengan Maya (Asisten Kesehatan ProSehat) melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Sumber:

Wikihow. “Cara Menjadi  Mahasiswa yang sukses”.Diakses pada 19 Februari 2018
Maslim, Yunita. “Tips Hidup Sehat dengan Murah”. Diakses pada 19 Februari 2018
Winardo, Donny Sutrisno. “Kanker Serviks dan Imunisasi HPV”. Diakses pada 19 Februari 2018
TanyaDok.com. “Info Tentang Kanker Serviks”. Diakses pada 19 Februari 2018
Khusen, Daniel Denny. “Kanker Serviks Pembunuh Banyak Wanita”. Diakses pada  19 Februari 2018

WhatsApp Asisten Maya saja