Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Terkena Luka Bakar Seperti Ledakan Bom di Makasar dan Kebakaran Kilang Minyak di Indramayu? Berikut Cara Penanganannya!

Minggu, 28 Maret 2021 terjadi dua peristiwa yang cukup mengejutkan yaitu meledaknya bom di area Gereja Katedral Makassar dan terbakarnya kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu.

terkena luka bakar

Kedua peristiwa itu tentu dapat menimbulkan kepanikan maupun kecemasan bagi masyarakat sekitar. Selain itu, ledakan bom dan kebakaran dapat berpotensi menimbulkan luka bakar pada beberapa bagian atau seluruh tubuh.

Baca Juga: Benarkah Air Liur Manusia Mampu Menyembuhkan Luka?

Luka bakar merupakan hal yang harus segera ditangani dengan tepat, karena jika penanganan kurang tepat dapat memperburuk kondisi luka dan menimbulkan infeksi pada luka.

Berkaitan dengan hal tersebut, masyarakat Indonesia hingga kini masih melakukan penanganan awal luka bakar dengan cara yang salah misalnya mengoleskan kecap maupun pasta gigi pada luka bakar.

Lalu bagaimana sebenarnya penanganan pertama yang tepat bagi penderita luka bakar? Yuk, Sahabat Sehat mari simak beberapa langkah berikut!

Penanganan Pertama Bagi Luka Bakar

  1. Gunakan air dingin untuk mengompres dan membilas lukayang terasa panas selama sekitar 10-20 menit.
  2. Bila timbul gelembung luka, sebaiknya dibiarkan saja. Hindari menutupluka dengan plester, dan sebaiknya tidak memecahkan gelembung luka.
  3. Oleskan salep khusus untuk luka bakar atau salep antibiotik yang berfungsi sebagai antiradang dan antimikroba untuk membantu pembentukan jaringan kulit baru. Oleskan setiap 4-6 jam sekali, dengan ketebalan sekitar 1 milimeter. Karena itu, penting bagi Sahabat untuk selalu menyediakan salep kulit pada kotak P3K di rumah sebagai antisipasi.

Produk Terkait: Jual Salep Luka Bakar

Sahabat juga dapat menggunakan beberapa cara alami seperti berikut, untuk luka bakar ringan:

Menggunakan Susu

Susu yang biasa Sahabat minum setiap hari juga dapat Sahabat jadikan sebagai penanganan awal luka bakar. Susu dianggap dapat membantu menenangkan kulit yang meradang karena luka bakar. Siapkan semangkuk susu skim dingin dalam mangkuk lalu siramkan susu cair ke bagian kulit yang mengalami luka bakar.

Mengiris Kentang

Cara kedua adalah dengan menggunakan kentang mentah. Sahabat dapat membelah kentang dan letakan pada area luka selama beberapa menit. Irisan kentang dipercaya mampu membantu menghilangkan iritasi di sekitar luka.

Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat luka bakar ringan karena mengandung berbagai zat yang dapat memberi efek menenangkan peradangan di kulit, dan dapat mengurangi pembengkakan pada luka bakar.

Baca Juga: Kenali Impetigo, Infeksi Kulit pada Anak 

Mengoleskan Minyak kelapa

Kandungan vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat pada minyak kelapa berguna untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri pada luka bakar.

Menggunakan Teh kantong hitam

Teh kantong hitam yang dingin dipercaya dapat meredakan luka bakar. Kandungan tanin dalam teh hitam dapat membantu menurunkan panas dari luka bakar dan meredakan rasa nyeri. Letakkan kantong teh yang sudah dicelupkan kedalam air dingin, pada area luka lalu balut dengan menggunakan perban.

Apabila luka bakar yang Sahabat alami bukan termasuk luka bakar ringan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Luka Lama yang Sulit Menyembuh

Sahabat juga bisa memanfaatkan layanan perawatan luka bakar ini di Prosehat melalui layanan panggil ke rumah. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Sandi F. Fakta-fakta Terbaru Bom Meledak di Depan Katedral Makassar [Internet]. news. 2021 [cited 29 March 2021]. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210329070922-4-233483/fakta-fakta-terbaru-bom-meledak-di-depan-katedral-makassar
  2. Media K. Kilang Minyak Pertamina di Balongan Indramayu Terbakar Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 29 March 2021]. Available from: https://regional.kompas.com/read/2021/03/29/054533678/kilang-minyak-pertamina-di-balongan-indramayu-terbakar?page=all
  3. Cara Mengatasi Luka Bakar untuk Pertolongan Pertama [Internet]. CNN Indonesia. 2021 [cited 29 March 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200722161849-255-527723/cara-mengatasi-luka-bakar-untuk-pertolongan-pertama
  4. 5 Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar [Internet]. CNN Indonesia. 2021 [cited 29 March 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181114134752-255-346495/5-cara-alami-sembuhkan-luka-bakar

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com