Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Stevia: Pengganti Gula untuk Cegah Kencing Manis

Seringkali kita tidak dapat menahan keinginan untuk makan makanan manis. Tentunya perlu lebih berhati-hati setiap konsumsi makanan manis apabila kita sudah memiliki resiko tinggi menyandang penyakit kencing manis (pre-diabetes), apalagi bagi para diabetesi yang perlu kontrol kadar gula darah. Banyak yang menyiasatinya dengan beralih ke pemanis buatan yang rendah kalori seperti misalnya Stevia ini. Apakah Anda sudah mengenal Stevia? Sebelum konsumsi sebaiknya Anda kenali lebih dekat tentang Stevia.

Stevia (Steviol Glikosida)

Berasal dari tanaman Stevia Rabaudiana yang tumbuh di Amerika Selatan dan berasal dari keluarga Asteraceae, tanaman ini ternyata masih satu saudara dengan bunga matahari dan krisan. Tanaman asli Brazil dan Paraguay yang secara tradisional telah digunakan sebagai pemanis untuk teh dan kopi. Walaupun istilah “stevia” mengacu pada semua bagian dari tanaman ini, namun sebenarnya hanya beberapa dari bagian Stevia ini yang memiliki rasa manis dan kemudian digunakan sebagai pemanis. Tentunya Anda akan konsumsi hanya bagian yang manis dan bahkan sudah menjadi ekstrak olahan dari Stevia ini.

Steviol glikosida adalah komponen termanis yang ditemukan dari tanaman stevia ini. Berikut beberapa fakta dari komponen yang dimurnikan dari daun stevia ini:

  • 250-300 kali lebih manis dari gula meja
  • Banyak digunakan untuk sejumlah makanan seperti permen, minuman protein dan minuman berbahan dasar teh
  • Harus digunakan secukupnya karena jauh lebih manis dari gula biasa
  • It is calorie-free, indeed. Efektif digunakan sebagai pengganti gula biasa
  • Bagian daun mengandung kalium, seng, magnesium dan vitamin B3.
  • Memiliki serat hingga 10,77% yang membantu untuk kondisi sembelit dengan melancarkan pencernaan.
  • Stevia sebagai pemanis buatan telah disetujui untuk digunakan sebagai pengganti gula karena tidak menimbulkan risiko kesehatan bila digunakan sesuai kebutuhan.
  • Asupan harian yang dapat dikonsumsi adalah 4 mg/kg berat badan atau sebanyak 1 sendok teh saja.

Perlu Anda ketahui bahwa pemanis buatan ini sudah disetujui pemakaiannya oleh FDA atau Badan POM Amerika. Pemanis buatan berbahan dasar alami ini sudah bisa ditemukan dengan mudah dalam kemasan praktis. Anda dapat mengganti gula meja yang ada dengan pemanis buatan Stevia, sehingga tidak perlu takut lagi untuk lewatkan secangkir kopi kesukaan bagi Anda yang ingin mencegah diabetes maupun diabetesi. Tetap ingat juga untuk kontrol gula darah rutin, ya dengan alat kontrol gula darah yang mudah digunakan.

Selamat menikmati manisnya hari ini dengan ganti gula meja dengan pemanis buatan berbahan dasar alami, Stevia.

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja