Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Simak 9 Trik Memilih Makanan Rendah Kolesterol

Kolesterol. Kolesterol adalah suatu penyakit yang membahayakan dan pastinya tidak ada seorang pun yang ingin mengalami hal ini. Memangnya bagaimana sih seseorang dikatakan mengalami penyakit kolesterol? Jawabannya tentu saja ketika kadar kolesterol mereka mencapai batas tinggi alias ketika melebihi batas normal, yaitu berada di atas angka 200 mg/dL. Lalu, apakah ada gejala lain yang menandakan jika kita terserang penyakit kolesterol?
Gejala dari kolesterol darah yang meningkat tidak dapat terlihat atau dirasakan.

Namun, gejala peningkatan kolesterol karena keturunan dapat dirasakan, seperti nyeri dada, serangan jantung, nyeri pada bagian betis saat berjalan, luka di kaki yang seringkali sulit untuk sembuh serta gejala dari stroke seperti kelemahan pada kaki, sulit bicara, sebagian wajah yang terjatuh,dsb. Lalu apa yang menyebabkan kadar kolesterol seseorang menjadi tinggi?

Faktor pola makan adalah faktor utama yang menyebabkan kadar kolesterol kita menjadi tinggi. Asupan makan yang kurang sehat atau bisa dibilang sembarangan sangat berisiko untuk memicu penyakit kolesterol kita kambuh dan pastinya kita tidak ingin hal ini terjadi. Selain pola makan, terdapat beberapa faktor lain yang memicu kolesterol tinggi seperti berat badan alias mengalami obesitas, kurangnya olahraga, kebiasaan meorkok, ataupun ada penyakit lainnya yang memicu kolesterol kita menjadi tinggi.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah kolesterol tinggi? Jawabannya tentu saja dengan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat, salah satunya adalah dengan mengubah pola makan kita. Sebagai penderita kolesterol tinggi kita sebaiknya cerdas dalam memilih makanan supaya kadar kolesterol kita bisa berada dalam batas normal. Kira-kira apa saja ya makanan yang sebaiknya dikonsumsi alias aman untuk penderita kolesterol tinggi?

Dari pada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Mengonsumsi buah pir

Seperti yang kita ketahui, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran adalah salah satu hal penting yang tidak boleh kita lupakan untuk menjalani pola hidup yang sehat. Beberapa buah-buahan tertentu juga efektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah pir. Buah pir adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi bahkan setidaknya bisa mencukupi 16% kebutuhan serat kita dalam sehari. Selai itu, buah pir juga kaya akan kandungan pektin dan kandungan inilah yang berfungsi untuk mengikat kolesterol serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mengonsumsi jeruk

Siapa sih di antara kita yang suka mengonsumsi jeruk? Tahu kah kalian jika jeruk merupakan salah satu buah yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita? Jeruk adalah buah yang kaya akan kandungan d-limonene yaitu senyawa kimia yang berfungsi untuk melarutka kolesterol dan menariknya lagi dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara dan kanker usus. Bukan hanya itu saja, jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin ini berfungsi untuk meminimalisir terjadinya penumpukan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang tentu saja efektif untuk menurunkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskuler pada seseorang.

3. Hindari konsumsi jeroan

Tidak bisa dipungkiri jika jeroan adalah salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh kita karena cita rasanya yang lezat. Namun, tahukah jika banyak bahaya yang mengancam ketika kita mengonsumsi jeroan dalam intensitas yang rutin alias sering? Jeroan adalah salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi karena jeroan merupakan makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan hal inilah yang menyebabkan timbulnya gangguan kardiovaskular. Sebaiknya kita menghentikan mengonsumsi jeroan dan menggantinya dengan jenis makanan yang lebih sehat seperti susu yang rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, ataupun berbagai jenis ikan.

4. Menghindari MSG

Tips berikutnya yang baik untuk makanan penderita kolesterol adalah untuk mengurangi bahkan menghindari makanan yang banyak mengandung MSG. Seperti yang kita ketahui, MSG bukanlah bahan makanan yang menyehatkan karena tingginya kandungan monosodium glutamata. Sebagai ganti MSG, kita bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang pastinya lebih aman dan menyehatkan.

5. Menghindari makanan berpengawet

Apakah kalian termasuk orang yang suka mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet? Apakah kalian tahu jika bahan pengawet yang terkandung dalam bahan makanan dapat mengancam kesehatan kita? Meskipun pengawet bermanfaat untuk membuat makanan tidak cepat basi, tapi efeknya pada tubuh tidak terlalu bagus alias berbahaya. Meskipun beberapa penelitian menyatakan jika masih aman untuk mengonsumsi makanan berpengawet dalam batas normal, sebaiknya kita menghindari atau menghentikan konsumsi jenis makanan ini karena pengawet makanan meningkatkan risiko timbulnya kanker.

6. Mengonsumsi roti gandum

Shot Code C

Roti gandum adalah salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi sebagai sarapan ataupun bisa dikonsumsi sebagai cemilan. Roti gandum juga salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi penderita kolesteorl tinggi karena tingginya kandungan serat dan protein pada roti gandum sangatlah efektif untuk menjaga kolesterol dalam kadar normal. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita hanya perlu mengonsumsi satu roti gandum tiap harinya dan hal ini juga baik untuk pencernaan.

7. Konsumsi Kacang-kacangan

Jenis makanan yang satu ini juga makanan yang cocok untuk penderita kolesterol tinggi karena berbagai kacang-kacangan tinggi akan kandungan HDL alias kolesterol baik. Beberapa jenis kacang yang cocok untuk penderita kolesterol tinggi adalah kacang almond, kenari, ataupun kacang pecan. Agar menjaga kadar kolesterol kita tetap normal, setidaknya kita perlu mengonsumsi 30 gram kacang dna hal ini setara dengan 24 biji kacang almond atau 14 biji kacang kenari.

Itu tadi adalah beberapa trik memilih makanan rendah kolesterol yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita. Setelah mengetahui trik ini, pastinya kita sudah tahu kan makanan apa yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi? So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja