Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Siapkah Anda Menjadi Vegetarian Dengan Diet Vegan?

Diet vegan memang dikenal dengan berbagai macam kebaikan yang ditawarkannya, bahkan banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk beralih menjadi vegetarian. Ada banyak alasan mengapa seseorang akhirnya memilih untuk menjadi vegetarian, mulai dari menghormati hak hewan serta lingkungan dan alasan kesehatan lainnya. Bahkan kini menjadi vegetrarian bukanlah hal yang aneh bahkan sudah lazim dilakukan. Anda bisa melihat sendiri saat ini ada banyak restoran-restoran yang menyediakan menu khusus untuk pengikut vegetarian. bagi anda yang ingin menjadi seorang vegetarian, mungkin masih bingung untuk memulai pertama kalinya.

Sebelum lanjut, tentunya anda harus lebih paham terlebih dahulu tentang diet vegan. Diet vegan merupakan diet dimana anda harus menghindari untuk konsumsi semua produk-produk hewani, bahkan termasuk makanan olahan dari hewan seperti keju, telur, susu, madu, gelatin, dan lainnya.

Setelah memahami tentang diet vegan ini, anda perlu mempersiapkan diri untuk menjadi vegetarian. lalu apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut ini penjelasannya.

Ingat Untuk Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Ketika anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, maka anda tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Salah satunya yaitu protein, dan hal ini sangatlah penting. Valerie Rosser, pakar diet profesional menyatakan jika setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus mengandung protein yang cukup. Protein ini membentuk senyawa asam amino yang bermanfaat bagi pertumbuhan serta perbaikan sel. The Institute of Medicine menjelaskan jika rekomendasi protein yang harus dikonsumsi adalah 0.8 gram setiap kg berat badan setiap harinya untuk orang dewasa. Anda bisa mencukupnya dengan mengonsumsi makanan nabati beprotein tinggi seperti tempe, kedelai, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 10 Buah yang Membantu Proses Diet

Rancang Menu Makan Sehari Hari

Setelah anda benar-benar membulatkan tekad untuk menjalani program diet ini, maka hal lainnya yang harus anda persiapkan adalah membuat rencana makan. Ini sangat membantu sehingga anda menghindari konsumsi makanan non-vegan, baik sadar maupun tidak sadar. Anda bisa merancang menu makan anda mulai dari sarapan, camilan, dan makan malam. Usahakan agar anda tidak mengonsumsi makanan di luar dari yang sudah anda rancang. Kedisiplinan memang menjadi kunci utama keberhasilan dari program diet vegan.

Lakukan Secara Bertahap

Menjadi vegetarian memang bukanlah hal bisa dijalani dengan instan. Butuh waktu dan latihan sehingga anda bisa membiasakan diri. Anda bisa memulainya dengan menambakan produk-produk nabati yang lebih banyak ke dalam program diet anda. Kemudian, disaat yang bersamaan, kurangi makanan produk hewani dan makanan olahan.

 Jangan Lupakan Asupan Kalsium

Sebuah penelitian merekomendasikan jika orang dewasa di usia 19-50 tahun setidaknya mendapatkan asupan kalsium minimal 1000 mg/hari. Namun, seorang vegetarian mengonsumsi kurang dari 1000 mg setiap harinya. Sehingga, jangan sampai lupakan asupan kalsium untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti bok choy, kacang kedelai, almond, tahu, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut tak hanya kaya akan kalsium tapi juga vitamin serta gizi yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: 14 Makanan Sehat Setelah Olahraga

Coba Bergabung Dengan Komunitas Vegan

Memulai menjadi vegetarian juga bisa anda coba dengan bergabung bersama komunitas orang-orang yang menganut pola vegetarian pula. Sehingga akan membuat anda lebih termotivasi lagi dalam menjalani program diet yang dilakukan. Lingkungan sosial mempunyai peran yang cukup penting dalam menunjang aktivitas serta gaya hidup sehari hari. Anda juga bisa berbagai tips mudah dalam menjalani hidup sebagai vegetarian dengan anggota-anggota lainnya.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

  1. Praisra H. 5 tips makan bagi vegetarian pemula. 2017. [Internet]. Available at: republika(dot)co(dot)id/berita/gaya-hidup/tips/17/11/17/ozj2vi328-5-tips-makan-bagi-vegetarian-pemula (1.12.18)
  2. 6 Hal yang harus diketahui sebelum menjadi vegetarian. 2014. [Internet]. Available at: vemale(dot)com/kesehatan/47319-6-hal-yang-harus-diketahui-sebelum-menjadi-vegetarian.html (1.12.18)

 

WhatsApp Asisten Maya saja