Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Apa yang Sahabat Harus Lakukan Setelah Pandemi Berakhir?

Setelah pandemi berakhir apa yang harus Sahabat lakukan? Inilah pertanyaan yang muncul ketika Covid-19 masih terus mewabah hingga saat ini sehingga beberapa negara kembali memutuskan karantina wilayah. Meskipun program vaksinasi di seluruh dunia sudah dilangsungkan, epidemiolog meminta kepada orang-orang yang sudah divaksin untuk melaksanakan protokol kesehatan 5M mengingat vaksinasi baru akan efektif jika kekebalan kelompok sudah mencapai minimum 70% atau setara dengan jumlah 181 juta penduduk Indonesia dari keseluruhan 270 juta.

setelah pandemi berakhir

Baca Juga: Perilaku 5M, Cara Tepat dan Efektif Meminimalkan Penyebaran Covid-19

Setelah Covid-19 berakhir, apakah kehidupan akan kembali normal sehingga Sahabat bisa dengan mudahnya berjalan-jalan ke luar rumah, ke mal, tempat wisata, ke kantor, atau berkumpul dengan sanak famili tanpa memakai masker dan tidak menjaga jarak?

Kenyataannya, Sahabat masih harus menerapkan protokol kesehatan dan PHBS. Tujuannya supaya Sahabat tidak lengah sehingga juga menjadi kebiasaan dan disiplin bagi diri sendiri. Demikian yang diungkapkan oleh tim pakar Satgas Covid-19, Dr. Dewi Nur Aisyah, seperti dilansir dari Republika. Menerapkan protokol kesehatan dan PHBS tetaplah  penting karena hal itu akan mengurangi risiko tertular virus atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit tertentu seperti rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir terutama sebelum dan sesudah makan.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap perlu menerapkan etika atau tata cara saat batuk dan bersin supaya tidak sembarangan serta menggunakan siku tangan sebagai penahan percikan air liur atau droplet. Ketika pandemi berakhir, Dr. Dewi mengatakan penggunaan masker lama-kelamaan akan ditinggalkan sehingga tidak diperlukan lagi.

Perilaku-perilaku kesehatan ini harus terus dilakukan. Meskipun awalnya dalam keadaan terpaksa, lama-kelamaan hal tersebut akan menjadi kebiasaan di masa mendatang. Efek jangka panjang lainnya adalah pola-pola kehidupan yang dibentuk sejak masa pandemi seperti tidur dan makan teratur serta berolahraga akan menjadi suatu hal yang terus-menerus dilakukan sehingga setelah pandemi berakhir tidak ada lagi orang yang akan terkena sakit sama sekali.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Tersedia, Pandemi Berakhir?

Lalu Bagaimana Kehidupan Setelah Covid-19 Benar-benar Berakhir?

Selain masih perlunya prokes dan PHBS, beberapa kebiasaan yang terbentuk selama masa pandemi diperkirakan akan tetap ada seperti bekerja dari rumah atau WFH yang ternyata dapat mengurangi jam-jam sibuk terutama di pagi dan sore hari bahkan membantu mengurangi polusi udara. Hal lainnya adalah sekolah tanpa tatap muka langsung diperkirakan masih ada walau sedikit jumlahnya. Pertunjukan-pertunjukan seni akan mulai kembali didatangi banyak orang jika mengacu pada pandemi sebelumnya yang sudah pernah ada dan berakhir, yaitu Flu Spanyol pada awal abad ke-20. Selain itu, ketergantungan akan teknologi masih akan berlangsung, dan tentu saja pulihnya ekonomi namun bukan dalam waktu yang cepat.

Namun, yang perlu diperhatikan juga saat pandemi berakhir adalah pentingnya penanganan kesehatan fisik dan mental bagi anak-anak usia sekolah yang sepertinya terkejut karena sudah harus dihadapkan dengan kegiatan belajar jarak jauh. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada tumbuh-kembang mereka di usia sekolah.

Baca Juga: 3 Tips Mengoptimalkan Tumbuh-Kembang Anak Selama Pandemi

Seperti itulah yang perlu Sahabat lakukan setelah pandemi berakhir. Perilaku hidup sehat tetap menjadi hal nomor satu yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Tentunya ini sebagai antisipasi ke depan. Yuk, Sahabat tetap terapkan perilaku 5M dan PHBS, serta jangan lupa deteksi dini Covid-19 di Prosehat. Caranya cukup mudah. Sahabat bisa akses melalui website dan aplikasi lalu pilih Layanan Kesehatan dan klik Rapid Test Covid-19. Info selengkapnya silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Bagaimana Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir? |Republika Online [Internet]. Republika Online. 2021 [cited 10 February 2021]. Available from: https://www.republika.co.id/berita/qdxhhc414/bagaimana-kehidupan-setelah-pandemi-berakhir
  2. Jaga Perilaku Hidup Bersih & Sehat Meski Pandemi COVID-19 Usai – Tirto.ID [Internet]. tirto.id. 2021 [cited 10 February 2021]. Available from: https://tirto.id/jaga-perilaku-hidup-bersih-sehat-meski-pandemi-covid-19-usai-f99a
  3. Indonesia B. Seperti Apa Kehidupan Kita Nanti Setelah Pandemi Corona Berakhir? [Internet]. detiknews. 2021 [cited 10 February 2021]. Available from: https://news.detik.com/bbc-world/d-5009831/seperti-apa-kehidupan-kita-nanti-setelah-pandemi-corona-berakhir
  4. What will life be like after the coronavirus pandemic ends? [Internet]. Science News. 2021 [cited 10 February 2021]. Available from: https://www.sciencenews.org/article/covid-19-coronavirus-life-after-pandemic-ends-predictions

Chat Asisten ProSehat aja