Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Seberapa Pentingkah Vaksinasi Flu?

Flu adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh sebuah virus. Gejala penyakit flu pada umumnya adalah bersin-bersin, hidung meler, dan kadang disertai sakit tenggorokan, batuk dan demam. Penyakit flu yang mudah menular harus dicegah dengan sebuah vaksinasi flu. Vaksinasi Flu adalah sebuah vaksinasi yang kegunaannya untuk melindungi tubuh dari serangan flu. Dunia internasional yang diwakilkan melalui badan World Health Organization (WHO) menjelaskan tentang bahaya penularan penyakit flu, untuk itu WHO merekomendasikan untuk semua orang melakukan vaksinasi flu setiap tahunnya.

Vaksinasi flu memiliki cara kerja dengan membentuk sebuah benteng untuk mencegah masuknya berbagai virus flu. Saat diberikan suntikan vaksinasi flu, perlu waktu minimal 2 minggu untuk merasakan dampak positifnya dan reaksi antibodinya. Indonesia merupakan negara tropis yang menyebabkan tidak terbacanya kapan virus flu akan menyebar secara cepat, sehingga penggunaan vaksinasi ini akan sangat tepat.

Seberapa penting vaksinasi flu?

Vaksinasi flu sangatlah penting karena dapat mencegah manusia untuk tertular infeksi flu yang sangat berbahaya bagi tubuh. Banyak orang sehat yang tiba-tiba sakit flu dan kemudian berdampak pada kinerja sehari-hari di kantor karena harus absen. Tidak hanya dari Kementrian Kesehatan yang menganjurkan melakukan vaksinasi tapi WHO pun sangat menganjurkan untuk melakukan suntik vaksinasi flu.

Siapa saja yang harus dapat vaksinasi flu?

Semua orang memang memerlukan vaksinasi flu untuk dapat terhindar dari penularan penyakit ini. Namun, ada beberapa kriteria yang harus melakukan vaksinasi diantaranya berusia diatas 6 bulan, memiliki riwayat penyakit yang kronis dan wanita yang sedang hamil. Saat akan berpergian jauhpun perlu dilakukan vaksinasi flu demi mencegah penularan flu dari dunia luar seperti saat akan melaksanakan umroh karena di sana seringkali kita akan bertemu dengan berbagai manusia yang berasal dari berbagai kalangan dan memiliki tingkat penyakit yang bervariasi.

Siapa saja yang tidak boleh mendapatkan vaksinasi flu:

Penularan penyakit memang sangatlah cepat dan berbahaya. Namun, tidak semua orang dapat melakukan vaksinasi dikarenakan berbagai alasan dan orang-orang yang tidak boleh diberi vaksinasi flu adalah anak-anak yang usianya masih dibawah 6 bulan, memiliki alergi terhadap telur dan memiliki riwayat penyakit lumpuh. Bahkan ada orang yang memiliki alergi tehadap komponen vaksin flu sangat tidak dianjurkan karena akan berbahaya bagi kesehatan dan kelangsungan hidupnya.

Apa yang harus saya lakukan sebelum mendapatkan vaksinasi flu?

Jagalah kondisi badan Sobat bila hendak diberikan vaksinasi flu. Bila Sobat merasa kurang sehat dan sedikit demam, vaksinasi hendaklah ditunda terlebih dahulu hingga Sobat sudah sembuh. Tidak ada ketentuan khusus yang harus dilakukan sebelum dilaksanakannya vaksinasi flu.

Reaksi pasca vaksinasi flu?

Selain manfaat yang didapat dari vaksinasi flu ada juga beberapa reaksi yang mungkin terjadi setelah menerima vaksinasi flu diantaranya rasa pegal, merah dan bengkak di lokasi penyuntikan. Namun, reaksi ini tidak akan membuat hal yang berbahaya pada tubuh dan lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter bila reaksi lokal ini berlangsung lama.

Itulah beberapa manfaat yang didapat dari vaksinasi flu yang menjelaskan seberapa pentingnya kegunaan vaksinasi flu bagi kesehatan dan pencegahan tubuh dari penularan penyakit flu. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi terbaik untuk terhindar dari virus flu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
vivahealth.co.id/article/detail/12271/seberapa-penting-vaksinasi-influenza

WhatsApp Asisten Maya saja