Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Relaksasi Pegal Leher Belakang yang Patut Dicoba

Rasa nyeri atau pegal leher adalah hal yang biasa terjadi terutama pada Sobat yang bekerja di balik meja. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan ketegangan pada leher belakang. Simak kiatnya, ya! Leher belakang yang tegang bisa menyebabkan rasa pegal atau bahkan nyeri. Biasanya hal ini disebabkan oleh terlalu lama duduk setelah seharian bekerja di kantor atau mungkin karena posisi tidur yang salah. Rasa nyeri ini tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan menghambat kegiatan harian Anda. Untuk menghindarinya, pastikan posisi tidur Anda sudah benar. Jika sedang bekerja di kantor, jangan lupa untuk melakukan peregangan dua jam sekali. Tapi bagaimana jika sudah terlanjur sakit? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, kok!

pegal ;leher. pegal leher belakang

Baca Juga: 7 Pola Makan Sehat bagi Pekerja Kantoran Agar Tetap Fit

1. Lakukan peregangan

Gerakkan leher searah jarum jam sebanyak 8 kali, lalu ulangi dengan arah berlawanan sebanyak 8 kali juga. Jika terasa sakit, tariklah nafas dan hembuskan perlahan. Dengan cara ini, otot leher akan lebih rileks. Selain menggerakkan leher, bahu juga sebaiknya ikut diregangkan karena otot leher dan bahu ini berkesinambungan. Gerakkan bahu ke belakang dan ke depan, sebanyak 8 kali. Putar bahu perlahan sebanyak 8 kali. Ulangi gerakkan ini hingga ketegangan di leher dan bahu terasa mengendur.

2. Kompres

Anda bisa mengompres bagian leher belakang yang terasa sakit dengan kompresan dingin seperti ice packs atau es batu yang dibungkus handuk. Bisa juga dengan kompresan hangat dengan handuk hangat atau dengan berdiri di bawah kucuran shower air hangat. Pilihlah suhu yang terasa nyaman untuk Anda.

3. Konsumsi Vitamin Neurotropik

Kekurangan vitamin neurotropik bisa menjadi penyebab pegal-pegal. Vitamin B 1, B6, dan B 12 memiliki fungsi untuk menjaga dan menormalkan fungsi saraf. Menurut Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) yang merupakan konsultan neurologis dari Departemen Neurologi FKUI/RSCM, asupan vitamin B yang cukup bisa membantu metabolisme energi sel yang bisa dipakai untuk mengatasi rasa lelah. Jaga asupan vitamin neurotropik pada tubuh, ya!

Produk Terkait: Jual Neurobion Forte 5000

4. Pijat

Memijat bagian otot di bawah tengkorak belakang, bahu, hingga ke punggung, bisa membantu meredakan otot yang tegang. Mintalah bantuan teman, tukang pijat andalan, atau pergi ke rumah sakit untuk bertemu fisioterapist agar bisa memijat dengan tepat.

Baca Juga: Pijat Tui Na untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

5. Minum air jahe

Jahe memiliki sifat anti radang yang bisa membantu meredakan nyeri otot. Minumlah air jahe hangat yang bisa membantu merelaksasi diri sekaligus meredam rasa nyeri di leher belakang.

Baca Juga: 11 Brand Minuman Kesehatan Indonesia yang Berkualitas

Lima kiat ini bisa Sobat lakukan saat leher belakang terasa sakit. Tapi tentu saja, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Jangan lupa untuk melakukan peregangan saat sudah terasa duduk terlalu lama. Pastikan juga Anda duduk dengan posisi yang benar untuk menjaga otot dalam posisi baik. Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai leher dan penanganannya serta produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Chat Dokter 24 Jam