Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Redakan Perut Mual dengan 7 Makanan Ini

Mual adalah salah satu hal yang pastinya tidak diinginkan oleh siapapun karena hal ini membuat kita tidak nyaman dan rasa mual ini biasanya disertai dengan rasa pusing ataupun penyakit lainnya. Mual juga dapat menjadi salah satu tanda ada yang tidak beres dengan tubuh kita dan bukan suatu hal yang mengherankan jika hal ini dapat mengganggu keseharian kita sehingga membuat kita tidak beraktivitas dengan optimal dalam sehari. Pastinya tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi bukan?

Namun, sebenarnya apa sih yang memicu timbulnya rasa mual pada sesorang?Penyebab mual dapat karena jenis makanan yang kita konsumsi, contohnya saja kita alergi terhadap beberapa jenis makanan atau saat kita makan secara berlebihan. Bukan hanya itu saja, penyebab mual juga dapat karena beberapa penyakit seperti migrain, vertigo, asam lambung naik, ataupun tukak lambung. Mual dapat menjadi kabar gembira untuk ibu muda karena mual dapat menjadi salah satu tanda kehamilan.

Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi mual yang timbul secara terus menerus? Apakah ada obat yang ampuh untuk mengatasi permasalahan yang satu ini? Kabar baiknya, terdapat beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi mual tanpa mengonsumsi obat yang pastinya aman untuk dilakukan. Kira-kira apa saja ya bahan alami yang ampuh untuk mengatasi mual?

Dari pada semakin penasaran, yuk kita simak cara meredakan perut mual

1. Mengonsumsi teh chamomile

Teh chamomile adalah salah satu teh herbal yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat karena berbagai manfaat yang dapat kita dapatkan dari teh yang satu ini dan salah satunya adalah untuk meredakan rasa mual yang tidak kunjung hilang. Bubuk bunga chamomile sangatlah efektif untuk mengatasi berbagai permalasalahan pencernaan seperti memperlancar pembuangan gas, menenangkan perut, dan pastinya merelaksasi otot pada perut sehingga kita merasa lebih nyaman dengan kondisi perut kita dalam hitungan menit.

2. Mengonsumsi atau menghirup lemon

Lemon adalah bahan alami berikutnya yang efektif untuk mengatasi rasa mual yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Mengolah lemon untuk mendapatkan manfaat yang satu ini pun sangat mudah karena yang perlu kita lakukan adalah dengan merendam satu potongan lemon dengan air hangat lalu kita konsumsi beberapa kali hingga rasa mual hilang. Bukan hanya diolah menjadi minuman saja, kulit lemon juga efektif untuk meredakan rasa mual. Kita pun hanya cukup mengusap-usap kulit lemon pada benda di sekitar atau kulit kita hingga rasa mual hilang.

3. Mengonsumsi jahe

Siapa sih yang tidak kenal dengan jahe? Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita dan salah satunya adalah untuk meredakan mual. Bila ingin mengurangi rasa mual, konsumsilah 4 hingga 6 cangkir rebusan jahe tiap harinya. Hal ini cukup berbeda untuk ibu hamil, di mana sebaiknya mereka sebaiknya hanya mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir rebusan jahe tiap harinya dan dapat kita lakukan sampai rasa mual hilang.

4. Mengonsumsi air

Mengonsumsi lebih banyak air adalah cara berikutnya yang dapat kita lakukan untuk mengatasi mual mengingat ketika kita muntah biasanya cairan dalam tubuh kita akan keluar dan apabila terjadi terus menerus maka dapat menyebabkan kita mengalami dehidrasi. Air yang dimaksud di sini bukan saja air putih, tapi juga dapat berasal dari berbagai makanan seperti sup, kaldu bening, minuman dingin, jeli, dan lain-lain. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumai air secara berlebihan dalam satu waktu karena dapat memicu terjadinya peregangan pada perut dan pastinya tidak meredakan rasa mual.

5. Serai

Serai adalah bahan alami berikutnya yang cukup ampuh untuk meredakan rasa mual terutama bagi ibu hamil dan pastinya sayang untuk dilewatkan. Cara yang perlu kita lakukan pun sangat mudah yaitu dengan menyeduh satu batang serai yang sudah dimemarkan sebelumnya. Kita hanya perlu mengonsumsi seduhan serai ini seperti layaknya mengonsumsi teh dan dapat kita konsumsi secara rutin hingga rasa mual berkurang.

6. Daun pandan

Daun pandan adalah salah satu bumbu dapur yang sudah tidak asing lagi untuk digunakan sebagai bahan tambahan pada suatu hidangan dan pastinya membuat hidangan tersebut menjadi lebih wangi. Campur satu daun pandan dengan satu daun jeruk yang akan kita seduh bersamaan dengan gula jawa ataupun madu. Cita rasa yang lezat dari ramuan yang satu ini pastinya akan membuat ketagihan dan efektif untuk menyingkirkan rasa mual dalam keseharian kita.

7. Peppermint

Peppermint adalah bahan alami terakhir yang dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa mual. Peppermint di sini dapat dalam bentuk aroma terapi ataupun teh, di mana sebuah penelitian menunjukkan bahwa peppermint terbukti efektif untuk menangani kasus mual sebanyak 57 persen dan bahan alami yang satu ini juga aman untuk digunakan oleh ibu hamil ataupun pasca melahirkan. Mengonsumsi teh peppermint juga mampu untuk menghilangkan rasa mual dan pastinya aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Itu tadi adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa mual yang dapat timbul sewaktu-waktu. Pastinya sudah tidak bingung kan untuk menangani permasalahan yang satu ini? Selain dengan memanfaatkan berbagai bahan alami tersebut, kita juga dapat mengubah asupan makanan kita menjadi lebih sehat seperti mengurangi atau berhenti mengonsumsi makanan berlemak di mana kandungan kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulnya rasa mual. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja