Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Pusing Kepala Berkurang Jika Anda Sering Mengonsumsi Sayur Buah Berikut

Seringkali banyak diantara kita yang mengalami sakit kepala dan menganggap sepele, biasa terjadi karena kelelahan dan dengan beristirahat akan hilang dengan sendirinya. Memang betul, ada sakit kepala yang tergolong ringan dan tidak berbahaya sehingga dapat hilang sendiri nya tanpa obat atau penanganan khusus. Namun, perlu Anda ketahui, bahwa sakit kepala itu banyak sekali faktor penyebabnya, ada yang tidak berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus.Namun, ada juga yang termasuk sakit kepala yang berbahaya yang membutuhkan penanganan khusus.

Oleh sebab itulah mulai sekarang alangkah baiknya, kita untuk tidak meremehkan pusing kepala yang dialami. Konsumsilah makanan sehat seperti sayuran serta buah – buahan yang dapat mencegah dan mengobati sakit kepala.

Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sekunder.

  • Sakit kepala primer : sakit kepala primer ini adalah jenis sakit kepala yang biasa timbul akibat dari salah mengonsumsi makanan, aktifitas fisik yang terlalu berat, posisi duduk yang salah, posisi berdiri dan tidur yang salah, merokok, minum – minuman beralkohol.

Baca Juga: 7 Makanan Mengatasi Migren

Contoh sakit kepala primer ini yaitu : migrain, sakit kepala tegang, sakit kepala kluster. Biasanya sakit kepala primer dapat diobati sendiri di rumah, dengan mengonsumsi banyak sayur dan juga buah serta istirahat cukup dan rutin berolahraga serta melakukan pijatan pada bagian kepala yang sakit.

  • Sakit kepala sekunder : sakit kepala sekunder ini biasanya terjadi karena adanya suatu penyakit tertentu. Contoh sakit kepala sekunder : sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi penyakit tertentu seperti, flu, sinusitis, meningitis, infeksi pada telinga, kanker otak, perdarahan, dll. Sakit kepala sekunder ini butuh penanganan khusus dari dokter.

Demikian beberapa penyebab dari timbulnya sakit kepala. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya dibiasakan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan juga buah guna mencegah serta mengobati sakit kepala. Berikut beberapa macam sayur dan juga buah yang dapat mengurangi sakit kepala Anda :

Semangka

Semangka kaya akan kandungan air dan juga magnesiumnya yang sangat baik dalam membantu mengurangi sakit kepala. Diketahui, bahwa penyebab sakit kepala salah satunya adalah karena dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga buah semangka ini yang kaya akan kandungan air nya sangat membantu untuk mengurangi gejala sakit kepala tersebut.

Kismis

 Kandungan dari kismis yang kaya akan serat dan juga kalium, mampu memberikan efek relaksasi pada otot – otot di kepala dan juga otot jantung yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.

Pisang

Kalium yang terkandung dalam buah pisang cukup tinggi, sehingga sangat baik dalam mengurangi sakit kepala yang dialami. Kalium tersebut memiliki fungsi untuk merelaksasikan otot – otot yang tegang pada kepala penyebab sakit kepala. Selain kalium, kandungan magnesium nya juga ampuh dalam mengurangi sakit kepala.

Anggur

Buah anggur kaya akan kandungan vitamin C dan A serta mineral yang efektif mengurangi berbagai penyebab timbulnya sakit kepala. Selain nikmat, anggur memang terkenal akan khasiat nya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan Peningkat Stamina Berhubungan

Brokoli

Kandungan CoQ10 dan juga zat besi serta nutrisi lainnya yang terdapat pada brokoli, terbukti sangat efektif dalam mengurangi sakit kepala yang menyerang.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin berolahraga, aktifitas fisik, istirahat teratur, kelola stres serta menjauhi rokok dan juga minuman beralkohol, sakit kepala hilang, pikiran pun senang!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja