Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Serba Serbi Protokol Kesehatan Pernikahan di Tengah Pandemi dan Tips Agar Tetap Terasa Menyenangkan

Pernikahan adalah salah satu momen sekali seumur hidup yang tentunya sangat spesial dan membahagiakan bagi yang akan menikah maupun bagi keluarga, teman, kerabat, dan tamu yang diundang. Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini untuk menggelar suatu acara pernikahan dibutuhkan banyak pertimbangan dan persyaratan yang wajib dipatuhi. Tujuannya tentu untuk menjaga keselamatan diri dan para undangan beserta pihak-pihak yang terlibat agar tidak tertular dan menularkan virus Covid-19.

protokol kesehatan pernikahan di tengah pandemi

Baca Juga: Persiapan Menikah di Tengah Corona Seperti Apa?

Beberapa wilayah di Indonesia saat ini telah mengizinkan warganya untuk mengadakan resepsi pernikahan, dan tentunya harus mamatuhi prosedur dan protokol kesehatan yang ketat. Prosedur yang dikeluarkan salah satunya dari Kementrian Agama (Kemenag), yaitu panduan untuk yang mau menikah di tengah Covid-19 baik di dalam maupun diluar kantor urusan agama (KUA).

Kemenag telah mengeluarkan Surat Edaran pada 10 Juni 2020 mengenai Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Nikah pada Masa Pandemi Covid-19. Surat Edaran tersebut guna memberikan keleluasaan serta prosedur dalam melangsungkan pernikahan di tengah Covid-19.

Beberapa Penerapan Protokol Kesehatan Saat Resepsi Pernikahan pada Masa Pandemi:

  • Pilihlah lokasi pernikahan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, memilih lokasi outdoor adalah yang terbaik. Tujuannya untuk menganisipasi adanya virus yang lebih cepat menyebar apabila di tempat tertutup dan pengap
  • Menata ulang ruangan untuk memberi ruang agar tamu undangan dapat menjaga jarak dengan baik. Atur jarak 1-2 meter antara tamu satu dengan yang lainnya, seperti pembuatan tanda silang di lantai maupun dibangku sebagai jarak.
  • Membuat pembatasan tamu undangan yang hadir, misalnya dengan menetapkan jumlah maksimal tamu atau dengan menerapkan jam persesi acara acara untuk tamu undangan dan mengingatkan kepada tamu undangan agar tidak membawa anak dibawah usia 5 tahun dan orang tua diatas 60 tahun
  • Pastikan tempat pernikahan sudah disterilisasi sebelum berlangsungnya acara dan kepada keluarga mempelai dianjurkan unuk melapor kepada pihak satpol PP atau kepolisian untuk mendapatkan pengawasan
  • Gunakan media sosial seperti YouTube untuk menyiarkan acara pernikahan secara online untuk tamu yang tidak bisa hadir.
  • Acara wajib dihadiri oleh orang yang benar-benar dalam kondisi sehat dan bugar, wajib adanya pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki venue pernikahan. Jika ada yang demam diatas 37.5 derajat celcius maka tidak diizinkan untuk masuk, dan menggunakan masker face shield dan sarung tangan, termasuk kedua calon pengantin, tamu undangan, penghulu, WO maupun tukang make up
  • Sediakan sabun dan hand sanitizer di banyak titik ruangan agar tamu undangan dapat mudah dan sering membersihkan diri dan hindari menggunakan katering prasmanan, karena peneybaran virus Covid-19 dapat menyebar lewat peralatan makan.
  • Hantaran hanya dilakukan secara virtual, saat ijab qabul hanya 10 orang saja yang diperbolehkan hadir, setiap meja tamu harus beukuran 2 meter serta dilengkapi dengan tisu basah dan hand sanitizer
  • Diperbolehkan adanya kirab pengantin dengan melakukan physical distancingserta menggunakan masker dan face shield
  • Melakukan acara sungkem ijab kabul hanya diperbolekan jika tanpa mencium pipi orang tua. Bertujuan untuk meminimalkan adanya kontak fisik demi mengurangi adanya penyebaran virus, baju yang akan digunakan pengantin pastikan sudah bersih dan steril
  • Keluar masuknya tamu terkoordinir agar tidak menimbulkan kerumunan
  • Mengadakan rapid antigen sebelum resepsi berlangsung, ingatkan selalu protokol kesehatan seperti jaga jarak dan pakai masker.
  • Berikan briefing kepada tamu dan kru foto/video, karena tidak diperkenan kan untuk melayani permintaan foto menggunakan handphone tamu. Apabila ingin mmendapatkan foto, maka tamu dapat menyerahkan nomor handphone atau email kepada kru, sehingga kru dapat mengirimkan foto/video tersebut.
  • Foto bersama diatas panggung dapat dilakukan dengan tetap menjaga jarak dan teidak berdesakan, tidak diperkenankan untuk salam dan peluk kepada pengantin dan keluarga untuk mengucapkan selamat, dan lakukan pemberian sekat atau tanda batasan di area anteran tamu menuju panggung guna mencegah terjadinya anterian yang berdesakan.

Baca Juga: Wanita Menikah Wajib Lakukan Pap Smear?

Semua protokol kesehatan diatas harus diterapkan, karena prosedur Kemenag tersebut berdasarkan dari anjuran pemerintah agar anda dapat aman dan nyaman dalam melangsungkan pernikahan. Walaupun terlihat sangat rumit, namun itu semua demi keselamatan nyawa dan kesehatan orang yang anda sayangi.

Tips Agar Resepsi Pernikahan di Tengah Pandemi Tetap Terasa Menyenangkan

Anda tak perlu cemas karena acara pernikahan anda tidak sebagus dan seramai saat keadaan normal, karena Sahabat dapat menyiasatinya dengan beberapa tips berikut:

  1. Perbanyak foto dan video dan buatlah dokumentasi pernikahan semenarik mungkin
  2. Gunakan bantuan fotografer professional untuk membuat short movie agar pernikahan anda dapat dikenang dengan baik melalui video.
  3. Pembatasan tamu undangan secara langsung dapat meminimalisir pengeluaran budget anda, sehingga anda dapat mengalokasikan dana tersebut untuk membuat konsep pernikahan yang simple, elegan, bagus dan tentunya lebih intimate bersama keluarga.
  4. Menyiarkan pernikahan anda secara virtual, misalnya seperti melalui live media sosial ataupun melalui kanal youtube. Sehingga kerabat yang tidak dapat hadir bisa tetap melihat dan merasakan kebahagian atas pernikahan anda.
  5. Membuat ide yang menarik, seperti mengadakan doorprize berupa voucher untuk tamu undangan yang menyaksikan pernikanan anda secara virtual.
  6. Undanglah orang-orang terdekat saja dikarenakan kuota yang terbatas.

Dengan berbagai upaya penerapan protokol kesehatan dan beberapa tips diatas, tentunya dapat lebih aman untuk meminimalkan penularan apabila anda telah melakukan rapid antigen. Rapid antigen ini telah banyak disediakan di pusat-pusat kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

Produk Terkait: Tes Corona

Namun, apabila Sahabat Sehat merasa takut terpapar virus saat dalam perjalanan ke sana, Prosehat punya solusinya karena Sahabat dapat melakukan tes Corona tersebut cukup dari rumah saja.

Fasilitas Prosehat ini menggunakan teknologi telemedisin yang memungkinkan pasien dapat berkonsultasi secara daring atau online . Prosehat juga memiliki layanan vaksinasi HPV ke rumah sebagai bagian dari vaksinasi pranikah. Jadi, Sahabat Sehat akan merasa yakin, aman, dan nyaman untuk siap nikah.

Baca Juga: Siap Nikah? Lakukan 5 Persiapan Kesehatan Ini!

Layanan vaksinasi ke rumah dari Prosehat ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. salatiga.go.id. 2021. Tips Jaga Protokol Kesehatan saat resepsi di Tengah Pandemi – Dinas Kesehatan Kota Salatiga. [online] Available at: <https://dinkes.salatiga.go.id/tips-jaga-protokol-kesehatan-saat-resepsi-di-tengah-pandemi/> [Accessed 23 February 2021].
  2. Kementerian Agama RI. 2021. Pelaksanaan Akad Nikah Saat Pandemi Bisa di Luar KUA, Ini Syaratnya. [online] Available at: <https://kemenag.go.id/berita/read/513506/pelaksanaan-akad-nikah-saat-pandemi-bisa-di-luar-kua–ini-syaratnya> [Accessed 25 February 2021].
  3. 2021. Protokol Kesehatan saat Pernikahan saat Pandemi Corona – Maucash. [online] Available at: <https://maucash.id/protokol-kesehatan-saat-pernikahan-di-pandemi-corona> [Accessed 23 February 2021].
  4. Saputra, R., 2021. Begini Penerapan Protokol Kesehatan saat Hajatan Keluarga di Tengah Pandemi. [online] Tempo. Available at: <https://video.tempo.co/read/22413/begini-penerapan-protokol-kesehatan-saat-hajatan-keluarga-di-tengah-pandemi> [Accessed 23 February 2021].

 

 

Chat Asisten ProSehat aja