Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Protokol Kesehatan dan Syarat Perjalanan ke Labuan Bajo

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Dengan Mematuhi Syarat Perjalanan ke Labuan Bajo Maka Pemandangan Indah Ini Tetap Bisa Dinikmati di Masa Pandemi

Pastikan mengetahui syarat perjalanan ke Labuan Bajo sebelum berangkat. Selain itu, pastikan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Ya, sebagai daerah yang juga terkena imbas pandemi Covid-19, destinasi wisata alam ini menerapkan beberapa protokol kesehatan sebagai upaya melindungi pengunjung dari risiko penularan Covid.

Tanah surga di Nusa Tenggara Timur ini sempat berhenti beroperasi untuk sementara. Namun kini seperti sejumlah daerah di Indonesia, Labuan Bajo telah memasuki masa transisi. Labuan Bajo telah kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan yang terus terpantau.

Destinasi wisata alam di bagian timur Indonesia ini telah kembali beroperasi sejak 15 Juni 2020 lalu. Meski  kembali dibuka untuk kegiatan pariwisata, pengelola lokasi favorit wisatawan ini juga tetap menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang perlu dipatuhi oleh siapapun yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo. 

Hadirnya kebijakan khusus ini pada masa transisi untuk adaptasi kebiasaan baru yang diiringi dengan ketetapan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan, kebersihan, keamanan, serta kelestarian lingkungan di tempat wisata. Hal ini tentunya menjadi harapan besar bagi pariwisata Labuan Bajo dan destinasi wisata sekitar dalam menyambut kembali para wisatawan. 

Protokol Kesehatan Sebagai Syarat Perjalanan ke Labuan Bajo

Dengan penerapan protokol kesehatan tersebut, maka wisatawan perlu menyiapkan beberapa hal sebelum datang mengunjungi berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo.

Beberapa protokol kesehatan di Labuan Bajo yang wajib dipatuhi para wisatawan seperti :

  • Membawa surat keterangan sehat dan dokumen kesehatan bebas Covid-19
  • Surat keterangan hasil pemeriksaan rapid Covid-19 yang masih berlaku
  • Membawa alat sanitasi pribadi, seperti hand sanitizer atau sabun cair
  • Wajib mengenakan masker dan membawa masker cadangan yang cukup
  • Menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan dimanapun dan sesering mungkin 
  • Mematuhi aturan saat mengunjungi Pulau Komodo
  • Membawa peralatan makan dan minum, serta alat ibadah sendiri
  • Menjaga kebersihan lingkungan dimanapun berada
  • Memiliki asuransi jiwa dan menyepakati surat pernyataan pertanggung jawaban dengan materai 6000 rupiah
  • Aplikasi PeduliLindungi

Persiapan Lain Sebelum Ke Labuan Bajo

Selain memahami apa saja protokol kesehatan dan syarat perjalanan ke Labuan Bajo, pastikan juga untuk menyiapkan beberapa hal penting yang dapat membuat liburan di Labuan Bajo jadi lebih menyenangkan. Beberapa persiapan lain tersebut antara lain:

Siapkan Pakaian Nyaman

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang terletak di kota pesisir, dan memiliki udara yang cukup panas. Maka, Sahabat Sehat tidak disarankan untuk memakai pakaian yang berbahan tebal. Kenakanlah pakaian yang cenderung tipis, tetapi tetap dapat melindungi kulit. Selain itu pakaian berbahan tipis juga akan membuatnya lebih cepat kering saat akan melakukan aktivitas air. 

Siapkan Alas Kaki yang Pas

Meski ingin terlihat tetap bergaya, namun sebaiknya Sahabat Sehat hindari mengenakan high heels. Selain tidak mungkin akan digunakan disana, penggunaan high heels hanya akan menyiksa kaki, terlebih saat hendak berjalan di pasir pantai atau ketika ingin trekking dengan medan yang cukup berat. Maka, bawalah sandal jepit jika Sahabat Sehat akan mengunjungi tempat yang lebih santai, dan gunakan sepatu saat ingin pergi trekking.

Menggunakan Tabir Surya

Mengingat Labuan bajo adalah daerah pesisir dengan udara yang cukup panas, sebaiknya gunakan tabir surya atau sunblock agar melindungi kulit. Meski tidak menjamin akan melindung kulit sepenuhnya, setidaknya penggunaan tabir surya ini dapat mengurangi risiko terjadinya luka bakar pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Obat Pencegah Malaria

Labuan bajo berlokasi di Nusa Tenggara Timur, yang merupakan salah satu wilayah endemis malaria di Indonesia. Malaria merupakan penyakit menular yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Sebagai pencegahan, sebaiknya kunjungi dokter terlebih dahulu untuk memperoleh obat pencegah malaria sebelum berlibur ke labuan bajo.

Gunakan Losion Anti Nyamuk dan Kelambu

Selama berwisata di daerah endemis malaria, Sahabat Sehat dianjurkan membawa losion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk Anopheles penyebab penyakit malaria. Selain itu jika Sahabat Sehat memutuskan untuk menginap di penginapan bernuansa alam atau outdor, pastikan penginapan telah menyediakan kelambu atau membawa kelambu sendiri untuk berjaga-jaga. 

Saat akan mengunjungi setiap area di Kawasan wisata Labuan Bajo ataupun Pulau Komodo, wisatawan akan menemukan berbagai fasilitas wisata yang telah disterilkan oleh pihak pengelola. Karena itu, untuk menciptakan lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman selama berwisata, seluruh wisatawan diharapkan bekerjasama dengan baik dalam mematuhi segala aturan dan protokol kesehatan dengan melakukan pemesanan tiket atau reservasi secara online. 

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai syarat perjalanan ke Labuan Bajo dan berbagai hal lain yang perlu dipersiapkan. Pastikan menjaga kesehatan sebelum berwisata ke Labuan Bajo dan jaga diri agar tetap sehat sepulangnya dari Labuan Bajo. Jika Sahabat Sehat memerlukan produk kesehatan, pemeriksaan Covid-19 maupun imunisasi sebelum berwisata segera manfaatkan layanan Prosehat dan Klinik Kasih yang turut menyediakan layanan pemeriksaan ke rumah.

Informasi lebih lanjut hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Indonesia Travel. Cari Tahu Yuk, Cara Sehat dan Aman Berkunjung ke Labuan Bajo! [Internet]. Indonesia : Indonesia Travel; [cited 2021 Nov 01].
  2. Riani A. Traveling ke Labuan Bajo, 5 Benda Ini Mesti Dibawa Para Cewek [Internet]. Indonesia :  Fimela; [cited 2021 Nov 01].
  3. Bajo Crew Tour. Paket Wisata Labuan Bajo-BAJO CREW TOUR. 2021. 6 Hal yang Wajib Dipersiapkan saat Wisata ke Labuan Bajo [Internet]. Indonesia : Bajo Crew Tour; [cited 2021 Nov 01].

Chat Dokter 24 Jam