Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Persahabatan Diabetes dan Penyakit Jantung

Diabetes atau yang biasa juga disebut dengan Kencing Manis adalah sebuah penyakit dengan berbagai macam komplikasi yang bisa mengenai Makrovaskular atau pembuluh darah besar dan microvaskular atau pembuluh darah kecil. Hal tersebut juga akan bisa berdampak buruk pada organ – organ lain di dalam tubuh. Antara lain :

 

  • Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang dapat mengakibatkan serangan Jantung.
  • Penyakit pembuluh darah otak yang dapat mengakibatkan stroke.
  • Retinopati atau penyakit pada retina mata yang dapat mengakibatkan kebutaan.
  • Nefropati atau penyakit ginjal yang dapat mengakibatkan gagal ginjal dan mengharuskan para penderitanya untuk melakukan cuci darah secara teratur.
  • Neuropati atau penyakit saraf yang dapat menyebabkan rasa kebas atau kesemutan dan luka hingga amputasi.

 

Satu hal yang harus anda ketahui adalah Diabetes dan Penyakit Jantung Koroner adalah teman baik. Ya, mereka dapat bekerjasama dengan baik untuk menghancurkan kesehatan tubuh anda. Bahkan The National Cholesterol Education Program dari Amerika Serikat juga menyatakan dengan tegas bahwa penyakit Diabetes setara dengan Penyakit Jantung Koroner (PJK).

 

Berikut ini ada beberapa fakta tentang Diabetes tipe 2 dan PJK atau Penyakit Jantung Koroner :

 

  1. Orang yang telah terkena Diabetes memiliki dua kali lipat risiko untuk terkena Penyakit Jantung Koroner dan dapat terjadi pada usia muda, serta berisiko meninggal karena serangan jantung dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak terkena Diabetes.

 

  1. Jika penderita Diabetes telah terkena Penyakit Jantung Koroner, maka penyakit pada pembuluh darahnya akan lebih luas dan lebih banyak (multivessel) dibandingkan dengan orang yang tidak terjangkit Diabetes, terlebih lagi bila gula darahnya tidak terkontrol dengan baik.

 

  1. Jika pasien Diabetes dan Penyakit Jantung Koroner terkena serangan jantng, maka dia akan memiliki komplikasi yang lebih berat. Hal tersebut terjadi karena kemampuan pembuluh darah untuk bertahan secara alami (pembentukan pembuluh darah cadangan / kolateral) terganggu pada pasien Diabetes.

 

  1. Neuropati pada Diabetes dapat menyebabkan saraf penderita diabetes mati rasa sehingga pasien diabetes yang juga memiliki Penyakit Jantung Koroner akan jarang merasakan nyeri pada dada. Hal tersebut mengakibatkan Penyakit Jantung Koroner sulit di deteksi secara cepat pada orang yang memiliki diabetes.

 

Jadi, apa yang bisa kita lakukan agar penyakit Diabetes dan Penyakit Jantung Koroner tidak hinggap pada tubuh kita? Kita harus mampu mengatur pola makan kita, berolahraga seara teratur dan menjaga berat badan ideal untuk tubuh kita. Jadi kita harus berusaha tetap bugar dan bergaya hidup sehat mulai dari sekarang. Kita juga harus bisa memberikan contoh – contoh untuk hidup sehat untuk anak – anak dan saudara kita agar dapat terhindar dari penyakit Diabetes dan Penyakit Jantung Koroner yang mematikan.

WhatsApp Asisten Maya saja