Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Perlukah Anak Mengkonsumsi Vitamin Penambah Nafsu Makan?

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Ketika Anak Tidak Mau Makan Maka Orang Tua Bisa Menentukan Perlu Tidaknya Vitamin untuk Penambah Nafsu Makan Anak

Anak yang tidak mau makan memang membuat orang tua khawatir. Namun sebaiknya hindari sembarangan memberi vitamin penambah nafsu makan. Karena sembarangan memberi vitamin penambah nafsu makan dikhawatirkan dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Ketika anak kurang nafsu makan, otang tuanya pasti merasa cemas sekaligus khawatir. Karena asupan nutrisi dan gizi harian akan mempengaruhi pertumbuhan dan masa depannya nanti. Lantas apakah yang kurang nafsu makan perlu untuk segera diberi vitamin penambah nafsu makan? Mari simak dari beberapa poin berikut ini:

Penyebab Si Kecil Kehilangan Nafsu Makan

Nafsu makan anak memang tidak bisa ditebak, terkadang lahap dan pada hari lain bisa saja Si Kecil malas makan. Anak susah makan pada umumnya disebabkan karena Si Kecil tidak menyukai rasa atau tekstur makanan yang disajikan. Hal ini dapat dipicu akibat kebiasaan Si Kecil mengkonsumsi makanan manis atau makanan yang mengandung penyedap rasa. Kebiasaan ini dapat membuat Si Kecil merasa makanan lain, seperti sayuran dan buah terasa lebih hambar. 

Selain itu ada beberapa penyebab lain yang membuat Si Kecil kehilangan nafsu makannya, seperti:

  • Adanya masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan, demam, batuk, pilek, dan ruam.
  • Kebiasaan waktu makan yang tidak teratur
  • Anak terlalu banyak mengkonsumsi cairan, seperti jus di jeda waktu makan 
  • Tidak banyak bergerak sehingga energinya tidak terbakar. 

Salah satu penyebab anak kurang nafsu makan adalah karena sakit. Oleh sebab itu, untuk menjaga daya tahan tubuhnya, bantu imunitas anak dengan memberikannya imunisasi yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan layanan imunisasi anak, silahkan cek: Layanan Imunisasi Anak

Jika tidak mengalami beberapa hal di atas dan anak masih tetap aktif, Sahabat Sehat tidak perlu khawatir sebab penurunan nafsu makan biasanya hanya berlangsung sementara. Namun bila Si Kecil sudah tidak nafsu makan selama lebih dari satu minggu, segera konsultasikan kondisinya ke dokter.

Perlukah Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak?

Pada anak yang terlihat sehat dan tumbuh secara normal, vitamin penambah nafsu makan sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Namun apabila anak tiba-tiba kurang nafsu makan dan orang tua merasa perlu memberi vitamin penambah nafsu makan, maka sebaiknya penuhi dahulu nutrisi si kecil dengan memberikannya makanan-makanan bergizi. Sangat disarankan juga untuk memberikan si kecil makanan-makanan yang dapat merangsang nafsu makannya.

Makanan bergizi yang sebaiknya diberikan adalah makanan dan minuman yang kaya akan vitamin V, vitamin D, zat besi dan kalsium. Beberapa contoh makanan tersebut antara lain:

Susu dan Produk Olahannya
Misalnya yoghurt, keju, mentega, dan margarin. Susu UHT ataupun sarapan sereal yang diberi susu juga bisa menjadi menu makanan bergizi yang merangsang nafsu makan anak. Makanan-makanan dari olahan susu ini penting untuk si kecil karena mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor.

Sayur dan Buah-Buahan
Beberapa jenis buah yang bisa diberikan antara lain alpukat dan pisang. Berikan juga sayur mayur dalam menu makan si kecil. Jika si kecil tidak suka sayur mayur, orang tua dapat mengolah sayur mayur menjadi makanan lain, misalnya sop yang banyak sayurnya, atau mencoba menu olahan bakwan isi sayur yang biasanya disukai si kecil.

Protein Hewani
Protein hewani sangat penting bagi pertumbuhan si kecil. Berikan ikan, daging ayam, daging sapi, hati ayam, hati sapi, atau telur bagi si kecil agar dia mendapatkan protein hewani. Selain mengandung protein, makanan-makanan tersebut juga mengandung zat besi dan zink yang tinggi sehingga dapat meningkatkan nafsu makan si kecil.

Kondisi Anak Perlu Penambah Nafsu Makan

Saat Si Kecil tidak nafsu makan, orang tua cenderung panik dan terburu-buru memberikannya suplemen penambah nafsu makan. Padahal sebagian besar anak tidak membutuhkan suplemen tambahan karena nutrisi yang diperlukan Si Kecil masih dapat diperoleh dari berbagai sumber alami. 

Oleh sebab itu, pemberian suplemen penambah nafsu makan anak biasanya baru akan diberikan apabila telah direkomendasikan oleh dokter. Dokter akan memberikan suplemen penambah nafsu makan untuk anak jika anak mengalami kondisi khusus, seperti:

  • Kelainan genetik atau cacat bawaan lahir yang membuat anak mudah kekurangan gizi
  • Menderita penyakit tertentu, seperti asma, diare, infeksi, kanker, atau penyakit kurang gizi lainnya
  • Anak pemilih makanan (picky eater)
  • Gangguan tumbuh kembang
  • Pola makan khusus, seperti pola makan vegetarian atau vegan
  • Anak terlalu sering mengonsumsi makanan olahan atau cepat saji
  • Anak terlalu banyak minum soda

Jika dokter menyarankan untuk memberikan Si kecil suplemen tambahan, sebaiknya pilihlah suplemen yang dirancang sesuai usia anak. Pastikan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam suplemen tersebut tidak melebihi takaran saji per hari. 

Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Ada beberapa jenis vitamin yang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak dan melengkapi nutrisinya,yakni :

Vitamin A
Nutrisi penting ini perlu dipenuhi dalam mendukung proses tumbuh kembang si Kecil secara menyeluruh. Misalnya dalam memelihara kesehatan mata dan kulit, mendukung pertumbuhan tulang yang kuat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Anak usia 1 – 9 tahun membutuhkan vitamin A sekitar 400 – 500 RE setiap harinya.

Vitamin B Kompleks
Dapat membantu anak lebih aktif dan berenergi, serta meningkatkan nafsu makannya. Selain itu nutrisi ini juga berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya.

Vitamin C
Memiliki sifat antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh anak untuk tetap kuat serta membantu tubuhnya menyerap zat besi dari makanan secara optimal. Zat besi bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah, mencegah anemia, dan merangsang nafsu makan anak.

Vitamin D
Berfungsi dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak, terutama pada pertumbuhan dan perkembangan gigi dan tulang. Anak usia 1 tahun keatas membutuhkan asupan vitamin D skitar 15 mikrogram (mcg) per harinya.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan vitamin untuk anak yang dapat membantu kesehatan dan pertumbuhannya, silahkan cek: Layanan Pesan Vitamin untuk Kesehatan Anak

Selain keempat vitamin tersebut, ada beberapa zat gizi lain yang juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak seperti zinc serta omega 3 dan 6 yang terkandung dalam minyak ikan. 

Tips Mengatasi Anak yang Tidak Nafsu Makan

Memahami penyebab anak tidak nafsu makan akan membantu Sahabat Sehat menentukan cara terbaik dalam mengatasi kondisi tersebut. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk menyiasati Si Kecil yang tidak nafsu makan, yakni:

Cari Tahu Apakah Masih dalam Tahap Wajar

Pahami bahwa penurunan nafsu makan merupakan hal yang wajar dialami oleh anak usia 2 – 5 tahun. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak yang cenderung mulai melambat pada usia tersebut.

Sajikan Makanan dalam Kondisi yang Disukai Anak

Sajikan makanan bergizi dengan tekstur dan rasa yang sesuai dan disukai Si Kecil. Jika anak sulit menghabiskan makanan dengan porsi biasa, sajikan makanan dalam porsi yang lebih kecil namun berikan lebih sering.

Berikan Makanan Baru yang Sehat dan Disukai Anak

Cobalah untuk memperkenalkan makanan baru secara bertahap kepada anak. Bisa dengan mencoba memberikan anak cemilan yang sehat dan kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, atau yogurt. Namun hindari memberikannya dalam jumlah besar atau pada saat menjelang waktu makan.

Ajak Anak Berolahraga

Setelah aktivitas fisik yang menguras energi, nafsu makan akan bertambah. Cobalah ajak anak untuk lebih sering beraktivitas fisik, seperti bermain dan berolahraga bersama. Baca juga: Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Jika beberapa tips ini telah dilakukan dan anak tetap menolak untuk makan hingga berat badannya berkurang dan menggangu tumbuh kembangnya, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Nah Sahabat Sehat itulah mengenai tips mengatasi Si Kecil yang tidak nafsu makan serta multivitamin yang dapat diberikan. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan di rumah atau membutuhkan produk kesehatan seperti pemeriksaan Covid-19 ke rumah, multivitamin, dan imunisasi, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Perlukah suplementasi vitamin dan mineral pada bayi dan anak?
  2. Mayo Clinic. Children’s nutrition: 10 tips for picky eaters
  3. About Kids Health. Appetite slump in toddlers
  4. Healthline. Appetite Stimulant: Types, Methods, in Adults, in Toddlers, and More
  5. Medical News Today. The 5 best vitamins to boost metabolism
  6. Mayo Clinic. Do young kids need a daily vitamin?

Chat Dokter 24 Jam