Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Perkuat Tulang Anak Sejak Dini

Pertumbuhan anak yang sehat sangat diharapkan bagi semua orang tua. Tumbuh dengan sehat berarti pula memiliki tulang yang kuat. Memperkuat tulang anak akan mempermudah dalam berjalan, mengambil barang, dan aktifitas-aktifitas lain. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips memperkuat tulang anak sejak dini.

 

Mengatur kekuatan tulang juga berarti mengatur asupan pada anak. Buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tulang, buatlah jus dengan takaran yang sangat kecil (tidak lebih dari 150ml) dan berikan kepada anak 5 kali dalam sehari. Selain itu anak-anak juga sangat bagus untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, roti, dan jagung. Selain karbohidrat anak-anak juga memperlukan protein yang cukup. Protein bisa di dapatkan dari daging, ikan, kacang-kacangan dan lain-lain.

 

Untuk kesehatan tulang, kalsium dan vitamin D sangat diperlukan. Ketika anak-anak sudah mulai berada di usia 10 tahun ia harus lebih sering mengkonsumsi hal-hal tersebut. Sebab disinilah masa dimana ia akan tumbuh dan berkembang. Keperluan kalsium pada anak-anak bisa didapatkan dari susu dan kacang-kacangan. Konsumsi susu yang baik bagi anak adalah 200 gr atau setara dengan 1 gelas. Untuk keperluan vitamin D dapat ditemukan pada ikan dan telur. Vitamin D juga bisa di dapatkan dari cahaya matahari, namun pastikan anak Anda tidak merasa kepanasan di bawah cahaya matahari.

 

Anak-anak juga harus diajarkan untuk menjadi aktif. Aktif berarti tidak hanya duduk-duduk bermain game atau menonton televisi. Ajaklah anak Anda berolahraga. Lompat tali, tenis, basket, atau juga berenang memiliki kontribusi besar dalam menjaga kesehatan tulang.

 

Hal diatas adalah artikel mengenai Perkuat Tulang Anak Sejak Dini“. Tulang yang kuat pada anak-anak akan membantu dalam pertumbuhannya, tulang yang kuat juga akan berpengaruh di masa depannya. Yuk mari kita perkuat tulang anak sejak dini! Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

 

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

Chat Asisten ProSehat aja