Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Peran dan Efektivitas Resep Online dari Aplikasi Kesehatan

Pada era yang serba digital ini, hampir semua bidang mempunyai aplikasinya sendiri. Di bidang kesehatan pun sekarang tersedia aplikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang tidak dibatasi oleh jarak maupun posisi geografis lagi. Dengan adanya telemedicine, konsultasi dengan dokter menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien karena Sobat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa perlu melangkah keluar dari rumah. Pelayanan kesehatan jarak jauh yang bisa diberikan meliputi pertukaran informasi kemungkinan diagnosis, hingga pengobatan dan pencegahan penyakit atau kasus cedera, riset dan evaluasi, dan edukasi bagi tenaga medis, semuanya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan individu dan komunitas.

Melalui konsultasi online seperti layanan chat dokter yang sudah disediakan ProSehat, dokter akan melakukan anamnesis yaitu tanya jawab untuk mengumpulkan informasi yang dilakukan secara terarah dan tepat guna menentukan suatu diagnosis. Informasi yang akan ditanyakan seputar riwayat keluhan Sobat saat ini, riwayat penyakit sebelumnya, riwayat penyakit dalam keluarga, maupun riwayat kebiasaan atau gaya hidup. Secara teori, anamnesis yang baik dapat memegang peranan hingga 80% dalam penentuan diagnosis suatu penyakit. Sehingga setelah melakukan anamnesis, seorang dokter sudah bisa memberikan kemungkinan diagnosis utama dan beberapa kemungkinan diagnosis banding lainnya. Langkah selanjutnya adalah pemberian obat sesuai dengan gejala yang disampaikan atau saran lainnya untuk pengobatan yang tepat, bisa juga diarahkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit.

Untuk berbagai macam kondisi seperti penyakit kulit, konstipasi, batuk pilek, demam, nyeri telinga, mual, muntah, diare, konsultasi mengenai penyakit dan pengobatan yang sedang dijalani, serta berbagai keluhan lainnya, telemedicine dapat membantu Sobat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk peresepan obat yang lebih cepat dan mudah. Peran dari pemberian resep online akan sesuai pada kondisi berikut:

  • Untuk menghemat waktu dan ongkos transportasi dengan memberikan kenyamanan bagi Sobat karena bahkan tidak perlu meninggalkan tempat tidur saat sedang sakit atau tidak punya waktu untuk melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung karena sibuknya aktivitas di kantor maupun sekolah.
  • Pelayanan ini juga sesuai ketika Sobat hanya memerlukan konsultasi untuk melanjutkan pengobatan yang sudah atau sedang dijalani untuk penyesuaian dosis atau perpanjangan tatalaksana. Selain peresepan obat, dokter juga bisa memberikan saran mengenai pola hidup sehat, yang akan mendukung efektivitas kerja dari obat yang diberikan.
  • Akses yang lebih mudah terhadap pelayanan spesialistik sesuai dengan kasus bila diperlukan.
  • Menjelaskan hasil pemeriksaan penunjang laboratorium secara cepat dan tepat.1

Namun, tatalaksana yang diberikan melalui telemedicine tidak bisa diterapkan pada kasus gawat darurat yang mengancam nyawa seperti serangan jantung, serangan stroke, luka yang memerlukan jahitan, atau kasus trauma yang menyebabkan patah tulang. Semua kasus yang memerlukan tindakan segera untuk tatalaksana gawat darurat perlu dilakukan melalui pertemuan langsung. Karena pada dasarnya tujuan dari pelayanan kesehatan online bukanlah untuk menggantikan kebutuhan Sobat untuk berobat langsung bila memang diperlukan.

Saat ini telemedicine akan terus dikembangkan agar pelayanan yang diberikan akan semakin maksimal. Menurut berbagai penelitian yang menilai keefektifan berobat online yang sudah dijalani, tatalaksana yang diberikan melalui telemedicine dapat meningkatkan hasil klinis yang menjanjikan terutama pada bidang perawatan luka, psikiatri, dan penyakit kronis (diabetes, penyakit radang sendi, hipertensi, dan nyeri kronis) dibandingkan berobat secara langsung. Pemberian obat melalui konsultasi online tergolong aman, efektif, dapat meningkatkan kepuasan pasien, dan serta dapat mengurangi ongkos dari pengobatan.

Selain itu, bagi Sobat yang memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan, Sobat dapat mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat atau bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Ditulis Oleh: dr Erika Gracia

DAFTAR PUSTAKA

  1. How Telemedicine Can Make Getting Your Prescription Easier – GoodRx [Internet]. The GoodRx Prescription Savings Blog. 2019. Available from: https://www.goodrx.com/blog/how-telemedicine-can-make-getting-your-prescription-easier/
  2. Global Observatory for eHealth series. Telemedicine: Opportunities and developments in Member States. Vol. 2. World Health Organization; 2010.
  3. History and Physical Examination information. What to expect [Internet]. Available from: https://patient.info/doctor/history-and-physical-examination
  4. WHO | WHO Guideline: recommendations on digital interventions for health system strengthening [Internet]. WHO. World Health Organization;. Available from: http://www.who.int/reproductivehealth/publications/digital-interventions-health-system-strengthening/en/
  5. Seehusen DA, Azrak A. The Effectiveness of Outpatient Telehealth Consultations. AFP. 2019 Nov 1;100(9):575–7.

Chat Asisten ProSehat aja