Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Pentingnya Imunisasi Campak – Berikut Penjelasannya

Siapa sih yang masih asing dengan penyakit yang satu ini? Siapa juga di antara kita yang pernah mengalami penyakit ini? Campak adalah salah satu jenis penyakit yang membahayakan dan bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu – dan sebagian besar kasus penyakit campak menyerang anak kecil lebih tepatnya anak yang masih berusia di bawah 5 tahun. Sebenarnya bagaimana sih campak dapat menginfeksi seseorang? Campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh suatu virus dan sangat mudah ditularkan oleh seseorang yang sudah terjangkit campak ke orang lain yang masih sehat. Yup, benar sekali, dengan kata lain virus campak ini bisa menular melalui udara dan  melalui percikan cairan seperti bersin ataupun batuk.

Baca Juga: Gejala Campak yang Dapat Ibu Kenali dan Cara Mencegahnya

Namun, siapakah yang berisiko mengalami penyakit campak?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, semua orang bisa mengalami penyakit ini meskipun sebagian besar penderita campak adalah balita. Penyakit campak mudah untuk menyerang seseorang yang daya tahan tubuhnya rendah alias seseorang yang sedang dalam kondisi tidak fit. Tidak menutup kemungkinan pula bagi kita yang sedang mengalami penyakit tertentu juga mengalami campak di waktu yang bersamaan.

Lalu, sebenarnya apa saja gejala dari penyakit campak? Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai gejala campak, apakah kalian tahu penyebab penyakit campak? Penyakit campak disebabkan oleh virus Morbili dan tidak bertahan lama pada keadaan panas, kondisi lingkungan yang asam, dan paparan sinar matahri. Sehingga, virus ini akan mati di udara terbuka dan terkena sinar matahari.

Gejala Campak

Kita hendaknya mengetahui apa saja gejala dari penyakit campak, sehingga kita dapat segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganannya. Berikut adalah beberapa gejala campak yang harus kita ketahui:

1. Gejala awal campak di masa inkubasi

Masa inkubasi adalah waktu saat virus menginfeksi kita hingga timbulnya gejala penyakit.  Masa inkubasi campak terjadi dalam rentang waktu 10 hingga 12 hari, yang gejala awal periode ini ditandai dengan sakit kepala hingga demam ringan yang tidak kunjung sembuh. Demam yang dimaksud di sini pun tidak sembarangan karena suhu tubuh bisa mencapai hingga 400C dan biasanya akan mereda setelah hari ketiga ruam merah muncul.

Baca Juga: Seputar Campak yang Harus Diketahui Orang Tua

2. Ruam merah

Seperti gejala cacar air, ruam merah juga merupakan salah satu gejala dari campak dan biasanya akan timbul dalam kurun waktu 2 hingga 4 hari yang disertai dengan gejala campak lainnya. Ruam merah ini biasanya akan muncul terlebih dahulu pada bagian wajah dan lama kelamaan akan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Ruam ini biasanya akan muncul selama 5 hingga 6 hari.

3. Nyeri sendi

Seperti yang kita bahas sebelumnya, penyakit campak bukan saja hanya bisa dialami oleh anak-anak namun juga kita yang sudah remaja ataupun dewasa. Nyeri sendi biasanya disebabkan oleh virus rubella dan nyeri ini cenderung timbul pada bagian tangan serta lutut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Reaksi Imunisasi

4. Muncul bintik putih keabuan yang biasa disebut dengan bercak koplik

Gejala campak yang satu ini biasanya muncul dalam kurun waktu dua hingga tiga hari setelah kita mengalami demam yang tidak kunjung sembuh. Bintik putih keabuan ini juga cenderung hanya muncul di bagian tubuh tertentu, seperti pada bagian mulut ataupun kerongkongan anak.

5. Mata merah

Yup, mata merah merupakan gejala campak seharusnya yang harus kita waspadai. Ketika seseorang terkena campak maka matanya akan menjadi merah, bengkak, serta sensitif terhadap cahaya; baik cahaya lampu ataupun sinar matahari. Mata yang sensitif terhadap segala jenis cahaya ini akan berujung pada mata yang berair.

Pencegahan Campak

Nah, bagaimana? Pastinya sudah jelas kan mengenai beberapa gejala dari penyakit campak yang harus kita waspadai.  Namun, apakah kita bisa mencegah atau meminimalisir datangnya penyakit campak ini pada kita? Pastinya kita tidak mau kan terserang penyakit yang mematikan ini, kan. Apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya penyakit ini pada diri kita?

Baca Juga: Apa Benar Imunisasi MMR Menyebabkan Autis

Kabar baiknya, kita bisa melakukan suatu hal untuk meminimalisir datangnya campak di kemudian hari. Wah yang benar nih? Memangnya apa yang bisa kita lakukan? Yup, jawabannya tepat sekali; yaitu dengan melakukan vaksinasi campak. Vaksinasi campak ini lebih dikenal dengan imunisasi Mumps-Measles-Rubella alias imunisasi MMR dan imunisasi ini biasanya diberikan untuk meminimalisir  timbulnya penyakit campak, gondong, serta rubella.

Produk Terkait: Layanan Imunisasi Campak ke Rumah

Lalu, siapa yang bisa mendapatkan imunasi MMR ini? Menariknya, imunisasi yang satu ini sudah bisa didapatkan sejak dini bahkan sejak kita menginjak usia 9 bulan. Kabar baiknya lagi, imunisasi ini juga diberikan secara cuma-cuma oleh pemerintah alias diberikan secara gratis setiap bulan Agustus hingga September. Di mana kita bisa mendapatkan imunisasi ini? Tentu saja kita bisa mendapatkannya di pelayanan kesehatan terdekat, seperti di ProSehat, Puskemas, Rumah Sakit, ataupun fasilitas kesehatan lainnya.

Bukan hanya mendapatkan imunisasi MMR, kita juga bisa mendapatkan vaksin khusus campak dari tenaga medis. Vaksin khusus campak ini merupakan program imunsasi wajib dan bisa diberikan sejak dini alias pada mereka yang sudah menginjak usia 9 bulan. Vaksin khusus campak ini diberikan mulai anak berusia 9 bulan dan diberi dosis penguat saat anak berusia 18 bulan, dan yang terakhir adalah ketika anak menginjak usia 6-7 tahun.  Vaksin campak kedua tidak diberikan bila anak sudah mendapat vaksin MMR. Sebanyak 95% anak yang sudah mendapatkan  vaksin terbukti terlindungi dari penyakit campak yang pastinya merupakan kabar bahagia untuk kita.

Baca Juga: Ayo Imunisasi Demi Kesehatan Si Kecil

So, bagaimana? Pastinya sekarang sudah lebih paham mengenai manfaat dari vaksin campak bukan? Selain itu pastinya kita sudah tidak ragu lagi untuk melakukan vaksin campak lagi sejak dini mengingat hal ini sangatlah efektif untuk meminimalisir datangnya penyakit campak di kemudian hari. So, tunggu apalagi? Yuk vaksinasi sekarang di ProSehat yang mempunyai layanan vaksinasi ke rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Chat Asisten ProSehat aja