Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tips Penderita PPOK Menghadapi Covid-19

Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK adalah salah satu penyakit paru-paru kronis yang menyerang 65 juta orang di seluruh dunia dalam tingkat keparahan yang cukup berat. Lebih dari 3 juta orang meninggal setiap tahunnya dan merupakan penyebab kematian kelima terbesar di dunia. Pada 2030, WHO memprediksi penyakit ini akan menjadi penyakit ketiga terbesar penyebab kematian di dunia. Di Indonesia, PPOK mempunyai jumlah kematian sebesar 60%, dan merupakan 4 penyakit tidak menular utama. Prevalensinya sebesar 3,7%. Penyebab utama dari penyakit ini adalah merokok, dan Indonesia termasuk negara dengan perokok tertinggi di dunia.

penderita ppok

Baca Juga: Segala Hal Tentang PPOK

Ketika Covid-19 melanda seluruh dunia sejak awal 2020, tentu mereka yang menderita PPOK menjadi perhatian besar mengingat penderita penyakit ini sangat rawan terkena Covid-19 oleh karena sama-sama menyangkut pernapasan, cadangan udara dalam paru-paru yang buruk dan peningkatan reseptor ACE2 sebagai pintu masuk yang mudah untuk Covid-19 di saluran udara yang kecil. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam European Respiratory Journal, pada awal pandemi Covid-19 merebak di Cina, penderita virus adalah mereka yang punya riwayat menderita PPOK sebesar 13,6%, dan kebanyakan pada orang dewasa berusia di atas 40 tahun.

Mereka yang menderita PPOK tentu saja khawatir karena tidak mau terkena penyakit lain selain yang diderita saat ini. Lalu bagaimana caranya supaya penderita PPOK tidak terpapar virus? Berikut ini adalah tips-tipsnya.

Tips Penderita PPOK Terhindar dari COVID-19

Menjalankan Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan amatlah penting sebagai cara pertama bagi pengidap PPOK terhindar dari Covid-19. Protokol-protokol itu adalah tindakan 3 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain 3 M adalah jangan lupa menyemprot permukaan benda yang disentuh dengan desinfektan dan usahakan tetap berada di dalam rumah agar tidak terkena virus.

Tetap Lakukan Pengobatan

Apabila Sobat adalah salah satu penderita PPOK hendaknya tetap berobat secara teratur dan. tidak boleh berhenti. Beli dan pesan obat secara online untuk menghindari terpapar Covid-19, dan juga manfaatkan layanan kesehatan ke rumah jika situasi untuk berobat langsung tidak memungkinkan. Hal ini perlu supaya penanganan terhadap penyakit benar-benar efektif dan tidak menjadi hal yang sangat parah sehingga tidak bisa ditangani. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan obat-obatan sampai 90 hari ke depan.

Baca Juga: Tips Aman dari Corona Saat Belanja Online

Terapi Nebulisasi di Rumah

Selain meminum obat dengan benar untuk mengendalikan PPOK, terapi nebulisasi tetap bisa dilakukan di rumah karena cara ini adalah yang aman dan efektif selama pandemi. Hal ini karena banyak penderita merasa khawatir dengan obat yang diresepkan atau pengiriman yang belum tentu aman.

Lakukan Pola Makan yang Benar

Melakukan pola makan yang benar adalah hal yang sangat dianjurkan karena hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai modal untuk melawan Covid-19 yang masih terus dikembangkan vaksin pencegahannya. Konsumsilah makanan dan minuman dengan gizi yang sehat dan seimbang, konsumsi vitamin dan suplemen, serta jangan lupa untuk memperbanyak istirahat.

Produk Terkait: Jual Makanan dan Minuman Sehat

Jaga Kesehatan Emosional

Dalam hal ini Sobat jangan sampai stres sebab stres hanya akan memperparah kondisi kesehatan dan meningkatkan kecemasan. Cobalah untuk berpikir tenang dan rileks, jauhkan diri dari media sosial yang memuat berita-berita yang semakin menambah kecemasan, lakukan aktivitas yang menyenangkan, dan jangan lupa konsultasi kepada psikolog jika memerlukan bantuan dalam mengelola stres dan memerangi depresi.

Lakukan Latihan Fisik Secara Teratur

Latihan fisik yang teratur tetap harus dilakukan meskipun harus melihat beberapa hal supaya tidak terjadi sesak napas, dan harus dengan persetujuan dokter. Adapun olahraga yang dianjurkan adalah olahraga ringan seperti latihan pernapasan, yoga, dan naik turun tangga selama minimal 30 menit tiga kali seminggu.

Apa yang Dapat Sobat Lakukan Sebagai Pengidap PPOK Jika Terkonfirmasi Positif Covid-19?

Apabila Sobat merasa terkena atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera lakukan isolasi diri di rumah supaya anggota keluarga yang lain tidak tertular. Ketika hendak menggunakan nebulizer usahakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah, dan gunakan di area yang meminimalkan potensi paparan tetesan aerosol ke anggota lain di dalam rumah seperti teras luar ruangan atau ruangan yang udaranya tidak bersikulasi ulang, dan pastikan tidak ada orang yang masuk selama 1-2 jam supaya tidak terpapar tetesan yang dibawa udara. Kemudian bersihkan dan semprot dengan desinfektan nebulizer yang sudah dipakai tersebut. Apabila PPOK menjadi parah karena terinfeksi Covid-19 yang ditandai dengan gejala-gejala seperti kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan di dada, adanya semburat kebiruan pada bibir dan wajah, segera cari perawatan darurat dengan menghubungi layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga: Yuk, Kenali Bahaya Pneumonia dan Pencegahannya Lebih Lanjut

Supaya tips-tips pencegahan ini berjalan maksimal, jangan lupa juga untuk melakukan pencegahan yang sangat efektif, yaitu vaksinasi pneumokokus. Vaksinasi ini bisa Sobat dapatkan di Prosehat yang mempunyai layanan vaksinasi ke rumah supaya Sobat terhindar dari paparan Covid-19. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Layly Firdausi N. Analisis Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) di Indonesia. Airlangga University; 2020
  2. Leung J, Niikura M, Yang C, Sin D. COVID-19 and COPD. European Respiratory Journal. 2020;56(2):2002108
  3. Maintaining Control of COPD During the COVID-19 Pandemic | American Lung Association [Internet]. Lung.org. 2020 [cited 19 November 2020]. Available from: https://www.lung.org/blog/control-copd-during-covid-19-pandemic
  4. Living with COPD Throughout the COVID-19 Pandemic [Internet]. Relevar Home Care. 2020 [cited 19 November 2020]. Available from: https://relevar.com/living-with-copd-throughout-covid-19-pandemic/

Chat Asisten ProSehat aja