Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Penderita Hipertensi Wajib Tahu ! 10 Macam Buah Penurun Tekanan Darah

Tanggal 17 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit hipertensi. Hari Hipertensi Sedunia kali ini mengambil tema “Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, Live Longer!”, berfokus pada tingkat kesadaran masyarakat akan penyakit hipertensi yang saat ini masih tergolong rendah.

Disamping konsumsi obat penurun tekanan darah, penderita Hipertensi harus menerapkan pola makan yang sehat seperti kaya akan serat, potasium dan magnesium, serta mengurangi asupan natrium dalam makanan. 

Bagi Sahabat Sehat penderita hipertensi, berikut rekomendasi buah-buahan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah :

buah pencegah dehidrasi

1. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, hingga cranberry mengandung vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan jenis antosianin yang dapat menurunkan tekanan darah.

2. Pisang 

Menurut American Heart Association, kandungan potasium dalam buah pisang dapat mengurangi efek buruk natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Sehingga buah pisang disarankan bagi penderita tekanan darah tinggi.

3. Bit 

Dari sebuah penelitian diketahui bahwa penderita hipertensi yang rutin konsumsi satu cangkir jus bit setiap hari selama empat minggu memiliki tekanan darah yang terkontrol dengan baik. Kandungan nitrat anorganik dalam buah bit diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Kiwi 

Kiwi mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Semangka

Buah selanjutnya yang dapat Sahabat Sehat konsumsi adalah semangka. Kandungan asam amino L-citrulline dan L-arginine pada semangka diketahui berperan dalam melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

6. Melon

Buah melon kaya akan kalium, sehingga cocok untuk penderita hipertensi. Selain itu melon juga dapat mencegah risiko dehidrasi, menjaga sistem imun karena mengandung vitamin C, serta melancarkan sistem pencernaan. 

7. Delima 

Buah yang selanjutnya yang baik bagi penderita hipertensi adalah delima. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima berperan sebagai antioksidan dan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.

8. Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk peras, lemon, hingga jeruk nipis kaya akan vitamin C, vitamin A dan mineral lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah. 

9. Tomat 

Sahabat Sehat, buah tomat kaya akan potasium dan likopen yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, serta menjaga kesehatan jantung.

10. Alpukat

Selain untuk kesehatan kulit, buah alpukat juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Alpukat kaya akan vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk tekanan darah.

Nah Sahabat Sehat, itulah 10 macam buah yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain menjaga asupan makanan, bagi Sahabat Sehat yang menderita hipertensi disarankan untuk rutin berolahraga sehingga berat badan tetap ideal, mengelola stress dengan baik, serta rutin kontrol ke dokter.

Apabila Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah atau memerlukan informasi lebih lanjut mengenai Hipertensi, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi :

  1. CNN Indonesia. Hari Hipertensi Sedunia: Ukur Tekanan Darah Secara Akurat [internet]. Indonesia : CNN Indonesia; [cited 17 Mei 2021]. Available from : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210517123348-255-643257/hari-hipertensi-sedunia-ukur-tekanan-darah-secara-akurat
  2. Afifah M. 8 Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi [internet]. Indonesia : Kompas; [cited 17 Mei 2021]. Available from : https://health.kompas.com/read/2021/03/16/060100368/8-buah-untuk-menurunkan-darah-tinggi?page=all
  3. Hafidha S. 10 Buah Penurun Darah Tinggi, Cocok untuk Penderita Hipertensi [internet]. Indonesia : Liputan 6; [cited 17 Mei 2021]. Available from : https://hot.liputan6.com/read/4409338/10-buah-penurun-darah-tinggi-cocok-untuk-penderita-hipertensi 

Chat Asisten ProSehat aja